√ Pengertian Pencernaan Kimiawi Pada Lambung Dan Contohnya

Diposting pada

√ Pengertian Pencernaan Kimiawi Pada Lambung Dan Contohnya

 

Pencernaan merupakan suatu proses metabolisme dimana makhluk hidup memproses sebuah zat, untuk mengubah cara mekanik atau kimia suatu zat menjadi nutrisi. Perencanaan terjadi terhadap organisme multi sel-sel, serta tingkat sub-sel, umumnya pada hewan.

Contoh Pencernaan Kimiawi Pada Manusia

Penernaan umumnya dibagi menjadi aktivitas kimia dan mekanik. Dalam kebanyakan vertebrata, pemcernaan merupakan proses dibanyak-tingkat pada sistem pecernaan, sesudah ingesti dari bahan mentah, kebanyakan organisme lain. Proses ingesti umumnya melibatkan beberapa tipre manipulasi mekanik.

Apa pengertian pencernaan kimiawi?

Pencernaan dibagi menjadi lima proses terpisah:

  1. Injesti: Meletakan makanan di mulut
  2. Pencernaan mekanik: Mastikasi, memakai gigi untuk menghancurkan serta merobek makanan, dan selanjutnya menyalurkan ke perut.
  3. Pencernaan kimiawi: Penambahan kimiawi (asam, bile, enzim, dan air) untuk memecah molekul kompleks menjadi struktur sederhana
  4. Penyerapan: Gerakan nutrisi dari sistem pencernaan ke sistem sirkulator dan melalui osmosis, transport aktif, dan difusi
  5. Penyingkiran: Menghilangkan material yang tidak dicerna dari ‘tract’ pencernaan lewat defekasi.

Pencernaan Kimiawi

Lemak, protein dan polisakarida adalah senyawa organik dasar yang ditemukan di makanan, akan mengalami pencernaan kimiawi agar mengiris bentuk polimer senyawa menjadi bentuk monomer, sebelum bisa dipakai untuk bahan baku atau sumber energi untuk sintesis molekul lain.

 

 

Pada tahap pertama pemecahan molekul nutrisi adalah reaksi enximatik ekstraseluler yang dilakukan terhadap saluran pencernaan di luar sel, serta reaksi ensimatik intraseluler yang terjadi pada organel khusus, disebut juga lisosom. Protein akan dicerna menjadi asam amino, polisakarida menjadi glukosa, lemak menjadi asam lemak serta gliserol. Selanjutnya, masing-masing monomer akan diserap ke dalam sitosol untuk megawali proses oksidasi.

 

Di tahap kedua merupakan 10 jenjang reaksi pada proses glikolisis yang terjadi di dalam sitosol, termasuk juga terhadap miokroorganisme anaerob yang tidak mendayagunakan O2 untuk salah satu energi pemotong. Proses glikolisis terlebih dahulu mengkonversi setiap polimer glukosa menjadi senyawa metabolit yang kemudian diiris menajdi bentuk monomer dengfan 6 atom karbon, selanjutnya diiris menjadi dua molekul yang lebih kecil yaitu asam piruvat dengan masing-masing 3 atom karbon.

 

Setiap monomer glukosa yang sudah teriris, dua molekul ATP selanjutnya akan mengalami hidrolisis sebagai pemicu reaksi, tetapi empat molekul ATP akan terbentuk pada akhir reaksi. Dua elektron akan terlepas dari gugus aldehid senyawa intermediat glukosa dengan 3 atom, liseraldehid 3-fosfat, terhadap oksidasi senyawa NAD+ yang dapat menghasilkan dua moekul NADH, menjadi asam 3-fosfogliserat, selanjutnya menjadi asam piruvat. Asam piruvat lalu dihisap dari sitosol ke dalam mitokondria.

 


Cadangan Energi Kimiawi

Seluruh organisme perlu untuk memelihara rasio ATP:ADP yang cukup tinggi demi kelangsungan metabolisme seluler. Tetapi hewan hanya mempunyao kesemaptan periodik agar mendapat asupan nutrisi, serta tumbuhan harus bisa mempertahankan metabolisme lelalui saat malam yang tidak mendapat pencahayaan dari matahari, sehingga tidak ada kemungkunan dilakukan fotosintesis. Untuk alasan tersebut, baik tumbuhan ataupun hewan mengkonversi lemak dan gula menjadi bentuk khusus untuk cadangan energi metabolisme.

 

 

Hewan akan membuat suatu cadangan energi dengan melakukan koncersi asam lemak menjadi triasilgliserol untuk dapat disimpan di dalam adiposit, untuk cadangan jangka panjang, serta mengkonversi glukosa menjadi glikogen untuk disimpan di dalam sitoplasma sebagai cadangan jangka pendek. Saat dibutuhkan lebih banyak ATP, sel akan mengkonversi glikogen glukosa-1 fosfat sebelum bisa diproses dengan lintasan glikolisis.

 

Baca Juga :  Pengertian Metabolisme, Katabolisme Dan Anabolisme Terlengkap
Baca Juga :  Pengertian Proses Respirasi Pada Manusia Dan Tumbuhan Secara Singkat

Demikian Penjelasan Tentang √ Pengertian Pencernaan Kimiawi Pada Lambung Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pemabca GuruPendidikan.Com