√ Pengertian Mikrobiologi Dalam Biologi Dan Faktor Beserta Mekanismenya

Diposting pada

√ Pengertian Mikrobiologi Dalam Biologi Dan Faktor Beserta Mekanismenya

 

Mikrobiologi awal mulanya dimilai sejak mikroskop ditemukan serta menjadi bidang yang begitu penting dalam biologi sesudah Louis Pasteur bisa menjelaskan proses fermentasi anggur (wine) serta membuat vaksin rabies Perkembangan biologi yang begitu pesar pada abd ke-19 yang utamanya dialami di bidang ini serta memberikan landasan untuk terbukanya bidang penting lainnya: biokimia.

Apa yang dimaksud dengan mikrobiologi pangan?


Pengertian Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. Objek kajiannya biasanya ialah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihar dengan memakai mikroskop, khususnya pada bakteri, alga mikroskopik, fungi, Archaea, dan protozoa. Virus juga sering dimasukan walau sebenarnya tidak sepenuhnya bisa dianggap sebagai makhluk hidup.

Penerapan mikrobiologi dimasa kini masuk diberbagai bidang serta tidak bisa dipisahkan dari cabang lainnya sebab diperlukan juga dalam bidang farmasi, pertanian, kedokteran, ilmuj gizi, teknik kimia, hingga astropologi serta aekeologi.


Mikrobiologi Modern

Masuk pada abad ke-20, mulai berkembang dua cabang mikrobiologi yang masih berhubungan: mikro biologi dasar (basic) serta mikrobiologi teraplikasi (applied). Mikrobiologi dasar mengarah pada penemuan baru di bidang ini. Sedangkan mikrobiologi teraplikasi lebih mengarah pada aspek pemecahan masalah (problem solving) yang berhubungan dengan bidang ini. Sejak ditemikannya konsep tentang DNA maka bidang mikrobiologi juga memasuki era molekuler. Keberhasilan dari sekuensing DNA berhasil mengungkap filogenetik (evolusi) di antara berbagai jenis bakteri.


Perkembangan Singkat Mikrobiologi

  • Era Robert Hooke dan Antonie van Leeuwenhoek

Robert Hooke (1635-1703) merupakan matematikawan, sejarawan alam, serta ahli mikroskopi dari Inggris. Dalam bukunya yang terkenal, Micrographia (1665), Hooke mengilustrasikan struktur badan buah dari suatu jenis kapang ini merupakan deskripsi pertama tentang mikroorganisme yang dipublikasikan.

  • Era Robert Koch

Dari abad ke-16, sudah dilihat bahwa ada sebuah agen penyebab penyakit yang bisa menularkan penyakit. Sesudah penemuannya, dipercaya bahwa mikroorganisme merupakan agen yang dimaksudkan, tetapi belum pernah ada bukti. Robert Koch (1842-1910), seorang dokter yang berasl dari Jerman ialah orang pertama yang awal menemukan konsep hubungan antara penyakit menular serta mikroorganisme dengan menyertakan bukti eksperimental. Konsep yang ditemukan oleh Koch dikenal juga sebagai “Postulat Koch dan sekarang menjadi standar emas penentuan penyakit yang menular.

  • Era Pasteur

Bertahun-tahun sesudahnya, banyak observasi lain yang juga menegaskan hasil penemuan van Leeuwenhoek, tetapi peningkatan terhadap pemahaman sifat serta keuntungan mikroorganisme berjalan begitu lambat hingga 150 tahun berikutnya. Baru di abad ke-19, yaitu sesudah produksi mikroskop meningkar begitu pesat barulah keingintahuan manusia tehadap mikroorganisme mulai berkembang lagi.


Mekanisme kerja dari zat anti mikroorganisme

  1. Perusakan DNA
  2. Denaturasi protein
  3. Gangguan pada gugus sulfhidril
  4. Antagonisme kimiawi perusakan pada dinding sel bakteri

Faktor yang memengaruhi resistensi mikroorganisme terhadap zat antimikroorganisme

  1. Unsur-unsur fisik

  2. Panas
  3. Penyinaran oleh sinar UV
  4. pendinginan pada suhu yang standar
  • Unsur-unsur kimia

  1. Alkohol
  2. Ion logam berat
  3. Detergen
  4. Oksidator

 

Baca Juga :  Jenis, Habitat, Pengertian Bakteri Beserta Bakteri Penyebab Penyakit
Baca Juga :  Jenis, Pengertian Mikroorganisme Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Demikian Penjelasan Tentang √ Pengertian Mikrobiologi Dalam Biologi Dan Faktor Beserta Mekanismenya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com