√ Pengertian Kata Pengantar Beserta Contohnya + Unsurnya

Diposting pada

√ Pengertian Kata Pengantar Beserta Contohnya + Unsurnya

Gurupendidikan.com – Kata pengantar sering ditemukan dalam halaman depan pada sebuah karya tulis, baik karya ilmiah ataupun non ilmiah. Terdapatnya suatu kata pengantar merupakan suatu hal yang penting, sehingga kedudukan kata pengantar sama pentingnya dengan daftar isi, daftar pustaka, biografi penulis, dan faktor pendukung lainnya.

Hal ini dikarenakan karya ilmiah dianggap lebih baik dan lengkap jika disertai dengan rangkaian ucapan yang disusun dalam bentuk kata pengantar didalamnya.

Kata pengantar adalah salah satu halaman yang terdapat di dalam karya ilmiah dan berisi ucapan-ucapan dari penulis karena telah menyelesaikan karya tersebut. Kata ucapan dapat berupa, rasa syukur, ucapan rasa terimakasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang bersifat membangun karya ilmiah.

Unsur-Unsur Kata Pengantar

Penulisan kata pengantar harus memuat beberapa unsur diantaranya yaitu :

  1. Berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Penjelasan terkait adanya tugas penulisan karya ilmiah
  3. Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya ilmiah
  4. Ucapan terimakasih atas bantuan, bimbingan, dan arahan dari pihak-pihak yang telah membantu dalam proses penulisan. Misal, kepada dosen, guru, organisasi, atau lembaga yang terkait
  5. Tambahkan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis tanpa adanya tanda tangan
  6. Harapan penulis dari karya ilmiah yang telah selesai dalam penulisannya
  7. Penjelasan manfaat untuk pembaca dan ketersediaan menerima kritik serta saran yang dapat membangun karya ilmiah

Contoh Kata Pengantar

 Contoh 1

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) serta tugas penyusun sebagai praktikan. Laporan ini merupakan hasil observasi dan praktik keguruan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Negeri Besar.

Baca Juga :  Pengertian Dan Jenis Sedimentasi Beserta 5 Dampaknya Secara Lengkap

Tak lupa pula, penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Muswardi Rosra, M.Pd., selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah memberikan bimbingan dan dukungan kepada praktikan.
  2. Ibu Dra. Rosnita Winarni selaku Kepala SMP Negeri 2 Negeri Besar.
  3. Ibu Rosnita Winarni selaku Guru Pamong yang telah memberikan bimbingan, dukungan, dan saran selama PPL.
  4. Seluruh Bapak dan Ibu guru beserta staf Tata Usaha SMP Negeri 2 Negeri Besar.
  5. Seluruh siswa-siswi SMP Negeri 2 Negeri Besar atas segala perhatian dan dukungan moral yang telah di
  6. Orang tua tercinta yang selalu memberikan semangat dan dukungan kepada kami.
  7. Teman-teman seperjuangan PPL, Noviyani, Fenny Fitriani, Siti Halimah, Maria Gega, Juju Julaeha, Juzsi Aldeska, Lia Puspitasari, Yessi Eva Nora, Rino Pangesti, dan Maruli Tua Sinaga di SMP Negeri 2 Negeri Besar.

Penulis menyadari bahwa dalam laporan ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan guna memperbaiki laporan ini. Akhirnya, penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Negeri Besar, 08 September 2017

Contoh 2

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan laporan praktikum  ini. Tidak lupa saya mengucapkan rasa terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah mikroteaching Bapak Drs.Eko Suyanto, M.Pd dan semua pihak yang telah turut membantu sehingga laporan ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulis berharap agar laporan ini dapat dipergunakan dan bermanfaat bagi pembaca, terkhusus berguna untuk diri pribadi penulis dalam pembelajaran fisika.

Penulis menyadari baik dalam penyusunan maupun hasil laporan ini sesungguhnya masih sangat jauh dari kategori sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangatlah penulis perlukan agar dalam pembuatan laporan berikutnya dapat lebih baik lagi dari laporan yang saat ini.

Baca Juga :  Pengertian Tanah Beserta Proses Pembentukan, Jenis Dan Strukturnya

Bandar Lampung, 08 Desember 2015