√ Pengertian Kambium Beserta Fungsi, Macam Dan Cirinya

Diposting pada

√ Pengertian Kambium Beserta Fungsi, Macam Dan Cirinya

 

Kambium merupakan suatu lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif bertanggung jawab serta membelah tumbuhan. Kambium ditemukan pada akar dan batang. Dengan berdasarkan jaringan tetap yang dibentukannya, dikenal dalam dua kelompok kambium, yakni kambium gambus serta kambium pembuluhan. Kambium cuma ditemukan pada tumbuhan gymnospermae serta dikotil.

Apa manfaat kambium?

 

Kambium gabus merupakan kelmpok dari korteks. Aktivitasnya yang dapat menghasilkan jaringan gabus (phellem atau cork, dan felem) ke arah luar. Jaringan gabus memiliki fungsi untuk mengendalikan keluar dan masuknya air, mencegah dari hama, serta fungsi mekanik lainnya. Ke arah dalam, kambium gabus pada spesies tumbuhan yang menghasilkan lapisan kulit yang memiliki gabus disebut dengan feloderm (phelloderm).

Kambium vaskular atau pembuluh merupakan bagian yang bisa disebut orang kambium saja. Kambium umumnya membatasi bagian pepangan (kulit kayu) dari kolom kayu pada batang pohon. Ke dalam, kambium akan membentuk pembuluh kayu (xilem) serta ke luar kambium dengan membentuk tapis (phloem, floem).


Fungsi Kambium

Batang terdiri dari sel-sel seperti sel epidemis, sel kambium, serta sel korteks. Pada pemabhasan tersebut mengupas tentang kambium. Kambium merupakan lapisan jaringan meristemik pada tumbuhan sel-selnya yang aktif bertanggung jawab serta membelah sekunder tumbuhan. Kambium ditemukan pada akar dan batang, Kambium merupakan susunan tumbuhan yang memiliki sifat keras.

  1. Membentuk xylem dan floem.
  2. Mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tumbuhan.
  3. Mengangkut air dari akar ke daun untuk proses fotosintesis.

Ciri-Ciri Kambium

Kambium hanya ada pada tumbuhan dikotil serta gymnospermae. Yang aktivitasnya bisa menghasilkan jaringan gabus (cork atau phellem, felem) ke arah luar. Jaringan ini berfungsi untuk mengendalikan masuk dan keluarnya air, untuk mencegah serangan dari hama, serta fungsi mekanik lainnya.


Macam-Macam Kambium

  1. Kambium primer merupakan suatu jenis kambium yang ada antara floem dan xylem tumbuhan dikotil serta Gymnospermae.
  2. Kambium sekunder/kambium gabus adalah suatu jenis kambium yang ada di permukaan batang maupun akar yang pecah karena proses pertumbuhan sekunder.

 

Baca Juga :  Pengertian Jaringan Pada Hewan Dan Tumbuhan (Termasuk Manusia) Dalam Biologi
Baca Juga :  Pengertian Biologi Lengkap Menurut Para Ahli

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kambium Beserta Fungsi, Macam Dan Cirinya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com