Pengertian Interaksi Sosial Dan Budaya Terlengkap Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial Dan Budaya Terlengkap Menurut Para Ahli Dan Contohnya

 

Manusia tidak pernah terlepas dari aktivitas sosial maupun aktivitas kebudayaan karna manusia tidak dapat hidup secara individu. Apa itu Interaksi sosial?  dan apa itu Apa itu budaya?
dibawah ini adalah pengertian dari interaksi sosial dan budaya secara lengkap beserta contohnya.

Interaksi Sosial
Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Menurut #Macionis

Menurut para ahli bernama Macionis bahwa Interaksi Sosial merupakan tindakan serta reaksi (Membalas aksi) yang di lakukan seseorang dalam melakukan komunikasi terhadap orang lain.

Menurut #Broom dan Selznic

Kemudian ahli yang bernama  Broom dan Selznic juga menyatakan bahwa Interaksi Sosial memiliki arti suatu proses tindakan yang didasarkan oleh kesadaran adanya orang lain, atau dengan kata lain yakni proses dalam menyesuaikan tindakan (Respon) sesuai dengan tindakan orang lain.

Menurut #Kimball Young dan Raymond W. Mack

Beliau menjelaskan bahwasanya Interaksi Sosial ialah hubungan social yang terjalin secara dinamis yang masih terkait hubungan antar Individu atau dengan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok lain.

Menurut #Soerjono Soekanto

Beliau berpendapat Interaksi Sosial ialah dimana proses tentang cara komunikasi di lihat dari segi jika Individu dengan kelompok social saling bertemu kemudain melakukan penentuan system serta hubungan sosial.

Menurut #Gilin

Gilin mengungkapkan bahwa Interaksi Sosial adalah berbagai hubungan social yang secara dinamis terkait dengan hubungan antar Individu atau Kelompok terhadap kelompok lainnya.

Menurut #Homans

Homans menjelaskan mengenai Interaksi Sosial merupakan suatu keadaan dimana kegiatan yang di lakukan oleh seseorang terhadap Individu lainnya yang di berikan ganjaran atau sebuah hukuman dengan menggunakan suatu tindakan terhadap pasangannya.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut #Astrid. S. Susanti

Ia juga mengungkapkan bahwa Interaksi Sosial adalah suatu hubungan manusia dengan manusia lainnya sehingga menciptakan hubungan yang tetap dan kemudian pada akhirnya terbentuk struktur sosial. Dari hasil interaksi tersebut tergantung berdasarkan Nilai dan arti serta interpretasi yang di dapatkan dari pihak lain yang masih terlibat dari Interaksi tersebut.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut #Bonner

Interaksi Sosial yakni suatu hubungan terhadap 2 Individu atau lebih yang saliang berpengaruh, mengubah atau memperbaiki sikap Individu lainnya atau sebaliknya.


Pengertian Interaksi sosial Menurut Dr. Gerungan

Interaksi adalah hubungan antara dua atau lebih individu dimana siafat individu yang satu dapat mempengaruhi, memperbaiki atau merubah sifat individu lain atau sebaliknya.

Tiga jenis hubungan individu lingkungan (Woodworth)

 

Individu bertentangan dengan lingkungan.

Jika individu merasa dirinya bertentangan dengan lingkungannya.
Contoh: individu berasal dair perkotaan dengan tidak adanya norma dan nilai kemasyarakatan yang bersifat kekeluargaan dan bertentangan dengan masyarakat pedesaan.

 

Individu memanfaatkan lingkungan.

Jika Individu merasa bisa memberikan manfaat bagi lingkungannya dan bagi perkembangan dirinya.

Contoh : Seorang dokter yang memiliki tugas di suatu twmpat dimana tempat masyarakatnya sangant dinamis dan terorganisasi dengan sangat baik juga memiliki PSM baik, sehingga dokter tersebut bisa menjalankan program KIA sesuai dengan situasi setempat.

 

Individu berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan.

Bila dirinya merasakan mafaat bagi lingkungan dan dirinya sendiri.

Contoh: dokter yang ikut berpartisipasi dalam aktivitas atau kegiatan organisasi masyarakat yang ada di tempat kerjannya.


Ciri-Ciri Interaksi Sosial

1. Jumlah pelakunya lebih dari satu orang
2. Terjadinya komunikasi diantara pelaku melalui kontak sosial
3. Mempunyai maksud atau tujuan yang jelas
4. Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu

Syarat-Syarat Interaksi Sosial

Kontak sosial

Suatu hubungan diantara satu pihak dengan pihak lain, juga merupakan awal terjadinya hubungan sosial dan masing-masing pihak saling bereaksi antara satu dengan yang lainnya  walaupun tidak harus bersentuhan dalam benruk fisik.

Komunikasi
Bergaul atau berhubungan dengan orang lain secara lisan ataupun tulisan secara bergantian.


Pengetian Budaya

Kata budaya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta “budhayyah” yang berarti akal atau budi, atau segala hal yang memiliki hubungan dengan budi atau akal. Menurut EB Taylor kebudayaan adalah sekumpulan yang mencangkup kesenian, pengetahuan, budaya, adat, moral, keniasaan serta kemampuan yang diperoleh oleh manusia sebagai kelompok masyarakat.

Ilmu Antropologi kebudayaan adalah dari semua  sistem gagsan, tindakan, maupun hasil karya manusia dalam hidup bermasyarakat. Menurut Selo Sumarjan dan Soelaiman Sumarjan kebudayaan adalah semua karya, rasa, cipta dari hasil manusia.

 

Unsur-unsur Budaya

Melville JH

  • Alat teknologi
  • Keluarga
  • Sistem ekonomi
  • Dominasi politik

 

Wujud Budaya

  • Sifatnya abstrak (IDEAS)
    Tidak bisa disentuh yang ada didalam pikiran warga masyarakat dimana warga itu tinggal.

 

  • Tindakan terpola (ACTIVITIES)
    Tindakan terpola dari manusianya sendiri, aktivitas manusia setiap saat,setiap waktu saling berinteraksi, memiliki hubungan, memiliki pola pergaulan yang sesuai peraturan adat kelakuan.

 

  • Benda hasil karya (ARTIFACT)
    Tidak memerlukan penjelasan yang terlalu banyak sebab semua hasil dari kegiatan (fisik), karya, perbuatan manusia dalam sifat dan masyarakatnya (dapat diraba dan dilihat)

Fungsi Budaya

Keperluan dari masyarakat sebagian besar di dominasi oleh kebudayaan yang bertitik pada masyarakat itu sendiri. Pengaruh dari Individu oleh kebudayaan : Individu tidak bisa hidup sendiri namun bergaul dengan orang lain dan memerlukan orang lain, dan membuat saling mempengaruhi.

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Interaksi Sosial Dan Budaya Terlengkap Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

/* */