√ Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli Serta Contohnya Lengkap

0/50 ratings

Pengertian Integrasi Nasional

 

Integrasi nasional merupakan proses mempersatukan perbedaan yang ada pada srbuah negara sehingga tercapainya keserasian dan keselarasan secara nasional.

 

Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli Serta Contohnya

 

Dalam ilmu sosiologi serta dari sudut analisis struktural, integrasi dari berbagai sistem pada dasarnya mempunyai tiga sifat, yakni:

  • Integrasi normative

Integrasi normative yaitu suatu ikatan sosial yang terjadi karena adanya suatu kesepakatan (consensus) terhadap nilai-nilai dan norma-norma dasar (basic values and norms). Dari dimensinya, integrasi ini dapat disebut sebagai integrasi budaya.

  • Integrasi Fungsional

Integrasi fungsional, yaitu suatu ikatan sosial yang didasarkan pada situasi saling ketergantungan fungsional antar unsure satu dengan yang lainnya. Integrasi ini lebih berdimensi ekonomi.

  • Integrasi koersif

Integrasi koersif, yaitu suatu ikatan sosial yang terjadi karena adanya kekuatan yang memaksa. Integrasi ini dapat dimasukkan dalam dimensi politik.


Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pendapat para ahli tentang pengertian integrasi nasional dengan penejelasannya.

  • Dr. Nazaruddin Sjamsuddin

Integrasi nasional adalah proses penyatuan sebuah bangsa yang meliputi seluruh aspek kehidupannay, yakni aspek politik, sosial, ekonomi serta budaya.

  • Howard Wriggins

Integrasi nasional merupakan penyatuan bagian yang terpisah dari masyarakat menjadi kesatuan/keseluruhan yang lebih utuh atau memadukan seluruh masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi satu kesatuan bangsa.

  • Myron Weiner

Integrasi nasional merupakan proses dari bermacam kelompok sosial dan budaya ke dalam satu wilayah, dalam membentuk indentitas nasioanal

  • J. Soedjati Djiwandono

Integrasi nasional merupakan cara bagaimana kelestarian dalam persatuan nasional dalam arti luas bisa didamaikan dengan hak dalam menentukan nasib sendiri.

  • Safroedin Bahar

Integrasi nasional merupakan pengitegrasian yang mempunyai arti membuat atau menyempurnakan dengan jalan menyatukan bermacam unsur bangsa yang awalnya terpisah-pisah.


Contoh Integrasi Nasional Indonesia

Berikut ini merupakan contoh integrasi nasional yang ada di negara kita Indonesia, yang belum tentu ada di negara lain. Berikut ini  contohnya.

  • Pelaksanaan Gotong Royong

Masyarakat indonesia begitu terkenal dengan nilai kemanusiaan yang begitu sangat tinggi. Gotong royong dalam masyarakat meninggalkan banyak perbedaan dalam mencapai tujuan bersama. Dengan adanya gotong royong, masalah-masalah yang ada menjadi lebih ringan dan mudah. berat sama dijinjing ringan sama dipikul.

  • Saling Menghargai

Saling menghargai serta menghormati meruupakan wujud dari integrasi nasional. Pada masyarakat majemuk seperti negara kita, hal ini begitu penting. Sebab saling menghargai dan menghormati antara sesama yang berbeda budaya, suku, adat istiadat, berbeda ras dan juga agama. Sikap ini akan membuat masyarakat pada hidup damai dan rukun.

  • Sikap Saling Berbagi

Indonesia sejak dulu terkenal dengan keramahannya. Sikap yang ramah-tamah ini dibarengi dengan sikap saling berbagai pada sesama. Sejak usia dini, sikap tersebut dikembangkan agar masyarakat indonesia yang memegang teguh Pancasila sebagai pandangan hidup, mau bersikap simpati dan empati pada sesama dengan salaing berbagi. Sikap saling berbagi untuk menghidari sikap yang egois.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  √ Makalah Integrasi Sosial : Pengertian, Bentuk, Tahapan, Contoh Dan Faktor
Baca Juga :  Pengertian Dan Faktor Terjadinya Interaksi Sosial Terlengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang √ Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli Serta Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Co.Id


Loading...
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content