√ Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Fungsi Dan Tujuannya

Diposting pada

√ Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Fungsi Dan Tujuannya

 

Ilustrasi merupakan sebuah hasil visualisasi dari tulisan dengan teknik, lukisan, fotografi, drawing, atau teknik seni rupa lainya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud dari pada bentuk.

 

Tulisan ilustrasi merupakan penjelasan atau penghias suatu cerita, puisi, tulisan, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan, tulisan tersebut lebih mudah dicerna.


 

Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli

 

  • Menurut Rohidi

Gambar ilustrsi berkaitan dengan seni rupa merupakan pengamaran melalui suatu elemen rupa agar lebih menerangkan, memerindah atau menjelaskan sebuah teks, agar pembacanya bisa ikut merasakan secara langsung melalui mata sendiri, sifat-sifat gerak, dan kesan dari cerita yang disajikan.

  • Menurut Soedarso

Ilustrasi merupakan seni lukis atau seni gambar yang diberikan untuk kepentingan lain, yang memberikan penjelasan suatu pengertian, contohnya cerita pendek di majalah.

  • Menurut Martha Thoma

Ilustrasi dalam hubungannya dengan lukisan berkembang sepanjang alur pada sejarah dalam banyak hal. Secara tradisioal keduanya mengembil inspirasi dari karya kesastaraan; hanya saja lukisan dibuat untuk menghiasi langit-langit atau dinding, sedangkan ilustrasi dibuat untuk menghiasi naskah, untuk membantu menjelaskan suatu peristiwa atau cerita.

  • Menurut Fariz (2009:14)

Ilustrasi merupakan suatu ekspektasi dari ketidakmungkinan dan tak berbeda jauh dengan angan-angan, bersifat virtual atau maya. Ilustrasi bekerja dalam berbagai diverikasi.


 

Sejarah Ilustrasi

 

Konsep ilustrasi bisa ditinjau kembali ke masa silam memalui konsep tulisan hierioglif dan lukisan dinding prasejarah.

Masa keemasan ilustrasi Amerika Serikat sejak tahun 1880, sesudah perang dunia I, Hal tesebut terjadi seiring dengan populernya surat kabar, majalah, serta buku berilustrasi dengan adanya eksperimen teknik oleh seorang seniman. Pada saat sekarang inilah banyak ilustrator yang menjadi terkenal dan kaya. Tema yang banyak muncul ialah aspirasi bangsa Amerika saat itu.

Di Eropa, seniman pda masa kejayaannya dipengaruhi oleh kelompok Pre-Raphaelite serta gerakan yang berorientasi pada desain seperti Arts and Crafts Movement, Art Nouveau, serta Les Nabis, sebagai contohnya Walter Crane Aubrey Beardsley, Edmund Dulac, Kay Nielsen dan Arthur Reckham.

Pada masa sekarang ini, ilustrasi semakin berkembang dengan pemakaian banayk software sebagai pembantu contohnya Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw dan CAD. Tetapi ilustrasi tradisional yang dibuat dengan tangan masih mempunyai nilai yang tinggi

Di Indonesia, sejarah tradisi ilustrasi dapat merujuk kepada lukisan gua yang terdapat di Kabupaten Maros, provinsi Sulawesi Selatan dan di pulau Papua. Jejak ilustrasi yang berumur hampir 5000 tahun itu menggambarkan tumpukan jari tangan berwarna merah terakota. Selain lukisan gua, wayang beber dalam hiburan tradisional Jawa dan Bali dilihat sebagai ilustrasi yang merepresentasikan alur cerita kisah Mahabarata, tradisi yang kira-kira muncul bersamaan dengan berdirinya kerajaan Sriwijaya yang menganut agama Hindu di Pulau Sumatera bagian Selatan.

Di Indonesia sendiri sejarah tradisi ilustrasi bisa mengarah kepada lukisan gua yang ada di Kabupaten Maros, provinsi Sulawesi Selatan serta di pulau Papua. Bekas dari ilustrasi yang berumur sekitar 5000 tahun itu menggambarkan tumpukan jari tangan berwarna merah terakota.


 

Tujuan Ilustrasi

 

Bukan hanya fungsi ilustrasi, ilustrasi juga mempunyai tujuan yang penting hingga saat ini. Menurut Putra dan Lakoro, ilustrasi mempunyai tujuan untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi ataupun informasi lainnya. Adapun tujuan ilustrasi ialah:

Untuk memperjelas pesan atau informasi yang disampaikan
Untuk memberi variasi bahan ajar sehingga lebih menarik, memotivasi, komunikatif, dan juga dapat memudahkan pembaca memahami pesan.
Untuk memudahkan pembaca untuk mengingat konsep dan juga gagasan yang disampaikan melalui ilustrasi (Arifin dan Kusrianto, 2009:70).


Fungsi Ilustrasi

 

Fungsi khusus ilustrasi antara lain:

  1. Memberikan bayangan setiap karakter di dalam cerita
  2. Memberikan bayangan bentuk alat-alat yang digunakan di dalam tulisan ilmiah
  3. Memberikan bayangan langkah kerja
  4. Mengkomunikasikan cerita.
  5. Menghubungkan tulisan dengan kreativitas dan individualitas manusia.
  6. Memberikan humor-humor tertentu untuk mengurangi rasa bosan.
  7. Dapat menerangkan konsep yang disampaikan

 

Baca Juga :  21 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli Terlengkap
Baca Juga :  7 Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Fungsi Dan Tujuannya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com