√ Pengertian Difusi Serta Faktor Dan Contohnya Lengkap

Diposting pada
√ Pengertian Difusi Serta Faktor Dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote

√ Pengertian Difusi Serta Faktor Dan Contohnya Lengkap

 

√ Pengertian Difusi Serta Faktor Dan Contohnya Lengkap

 

Pengertian Difusi

Difusi merupakan suatu kejadian berpindah/mengalirnya suatu zat pada pelarut dari bagian berkosentrasi tinggi pada bagian yang berkonsentrasi rendah. Perbedaan konsentrasi yang ada di dua  larutan disebut gradien konsentrasi. Difusi akan terus ada hingga semua partikel tersebar luas dengan merata atau mencapai suatu keadaan dimana kesetimbangan perpindahan molekul tetap terjadi meski tidak ada perbedaan konsentrasi.


Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Defusi

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan defusi, yakni:

Ukuran partikel

Semakain kecil suatu partikel, semakin cepat pula partikel tersebut akan bergerak. samapai kecepatan difusi semakin tinggi.

Ketebalan membran

Semakin tebal suatu membran, maka semakin lambat pula kecepatan difusi.

Luas suatu area

Semakin besar luas area, maka semakin cepat pula kecepatan difusinya.

Loading...

Jarak

Semakin besar jarak antara dua konsentrasi, maka semakin lambat pula kecepatan difusinya.

Suhu

Semakin tinggi suhu, maka partikel memperoleh energi sebagai penggerak dengan lebih cepat, semakin cepat juga kecepatan defusinya.


Difusi Dan Biologi

Dalam melakukan pengambilan zat nutrisi yang penting dan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan, sel melakukan bermacam jenis aktivitas, serta salah satunya ialah difusi. Ada dua jenis difusi yang dilakukan, yakni difusi khusus dan difusi umum.

Difusi umumnya terjadi saat sel ingin mengambil molekul atau nutrisi yang tidak berpolar / berkutub atau hydrophobic. Molekul bisa langsung berdifusi ke dalam membran plasma yang terbuat dari  phospholipids. Difusi yang seperti ini tidak membutuhkan energi atau Adenosine Tri-Phosphate.

Difusi khusus terjadi saat sel ingin mengambil molekul atau nutrisi yang berpolar tau hydrophilic dan ion, Defusi yang seperti ini lebih membutuhkan protein khusus yang memberikan jalur terhadap  partikel tersebut ataupun membantu perpindahan partikel. Hal tersebut dilakukan sebab partikel-partikel itu tidak bisa melewati membran plasma dengan mudah. Protein ayng ikut campur dalam didusi khusus tersbut biasanya berfungsi sebagai partikel spesifik.


Difusi Kebudayaan

Masuknya suatu kebudayaan Hindu–Buddha serta Islam ke Indonesia. Masyarakat Indonesia bisa menerima kebudayaan itu tanpa paksaan, bahkan bersedia meniru serta menyesuaikan dirinya dengan kebudayaan tersebut.


Contoh Difusi

  1. Sederhana merupakan pemberian gula pada cairan teh tawar. Lambat laut cairan akan menjadi manis. sebagai contoh lainnya ialah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara. Difusi yang sangat sering terjadi ialah difusi molekular. Difusi tersebut terjadi bila terbentuk perpindahan dari sebuah lapisan (layer) molekul yang diam dari fluida atau solid.
  2. Pada saat kita mengocok garam ke dalam air, ion dan garam laut bergerak sampai terdistribusi merata.
  3. Sesudah menyalakan sebuah rokok, asap akan menyebar ke semua ruangan.
  4. Sesduah meletakan setetes pewarna makanan pada kotak gelatin, warna akan menyebar ke warna yang lebih terang kesemua blok.
  5. Gelembung karbon dioksida akan berdifusi dari soda terbuka, lalu menjadikannya rata.
  6. Bila Anda memperoleh batang seledri yang sudah layu di dalam air, air tersebut akan berdifusi ke dalam tanaman, yang akan membuat batang seledri tersebut menjadi kuat kembali.

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Larutan Dan Kelarutan Dalam Kimia Beserta Contohnya
Baca Juga :  101 Pengertian Kimia Menurut Para Ahli Dunia Secara Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang √ Pengertian Difusi Serta Faktor Dan Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Co.Id