√ Pengertian Demokrasi Langsung Dan Tidak Langsung Serta Perbedaannya

Diposting pada

√ Pengertian Demokrasi Langsung Dan Tidak Langsung Serta Perbedaannya

Demokrasi langsung bisa juga berarti demokrasi bersih. Disilah rakyat mempunyai kebebasan secara mutlak memberikan pendapatnya, dan seluruh aspirasi mereka dimuat dengan segera didalam satu pertemuan. jenis demokrasi ini bisa dipraktikan hanya dalam kota kecil dan komunikasi secara umum belum bisa berkembang, secara fisik memungkinkan untuk semua elektrokat untuk bermusyawarah dalam satu tempat, meskipun permasalahan pemerintahan itu bersifat kecil.

Demokrasi langsung berkembang di negara kecil seperti Yunani Kuno dan Roma. Demokrasi ini tidak bisa dijalankan di dalam masyarakat yang kompleks dan negara yang besar. Demokrasi yang murni ini masih dapat diambil contoh pada wilayah Switzerland. Mengubah bentuk demokrasi murni ini masih berlaku di Switzerland dan di beberapa negara yang didalamnya ada bentuk referendum dan inisiatif. Dibeberapa negara begitu sangat memungkinkan untuk rakyat memulai dan mengambil hukum, bahkan untuk mengamandemenkan konstirusional dan menetapkan permasalahan publik politik dengan langsung tanpa campuran tangan representatif.

Pengertian Demokrasi Langsung Dan Tidak Langsung Serta Perbedaannya

Demokrasi Tidak Langsung

Demokrasi tidak langsung ialah sistem pemerintahan yang wujud kedaulatannya di tangan rakyat, diperlukan sejenis lembaga legislatif (Parlemen). Sebab banyakknya jumlah masyarakat di suatu negara, sehingga tidak mungking semua duduk di lembaga itu. Dalam demokrasi tidak langsung tersebut, adanya parlemen sangat dibutuhkan untuk mengawasi jalannya suatu pemerintahan.
Lembaga tersebut yang pada masa jabatanya diwajibkan mencari data permasalahanm dari keluhan-keluhan masyarakat dalam pemerintahan negara.

Di dalam demokrasi tidak langsung, umumnya dalam memilih pemimpinnya diadakan pemilihan umum, Pemilihan itu bisanya bersisem distrik atau proposional. Jadi dalam pemilihan umumnya rakyat tidak langsung memilih calon pemimpinya namun melalui perwakilan terlebih dahulu dilembaga legislatif. Contoh demokrasi tidak langsung ialah Jika ingin memilih prediden RI, rakyat tidak
langsung memilih namun melewati perwakilan, yakni rakyat pertama memilih waklinya di DPR, yang selanjutnya setelah DPR ditambag dengan utusan daerah menjadi MPR, MPR inilah kemudian yang akan memilih Presiden.

Persamaan Demokrasi Langsung dan Tidak Langsung

  1. Dalam pemilihan umum, rakyat memilih sendiri orang yang akan menjadi wakil-wakil mereka yang nantinya akan menyalurkan aspirasi rakyat, memperjuangkan kepentingan rakyat hinggamembuat keputusan politik berdasarkan kedua hal tersebut.
  2. Negara yang memakai sistem demokrasi perwakilan, rutin melakukan/mengadakan pemilihan umum untuk memilih orang-orang yang akan menjadi wakil-wakil rakyat dan ditempatkan ke dalam lembaga-lembaga perwakilan.
  3. Pemilihan umum itu bersifat bebas serta hasilnya berpengaruh untuk kepentingan orang banyak, dan juga kebijakan-kebijakan baru yang akan dibuat setelah wakil-wakil rakyat tersebut terpilih.

Perbedaan Demokrasi Langsung Dan Tidak Langsung

  • Demokrasi langsung dapat disebut juga demokrasi murni, karena setiap keputusan di dalam negara diputuskan langsung oleh rakyat dan untuk rakyat tanpa melalui perwakilan.
  • Keikutsertaan rakyat memiliki peran penting dalam semua bentuk/proses pengambilan keputusan. Ini akan berpengaruh dalam sebuah kebijakan yang diambil dan yang akan dijalankan oleh
    pemerintah.
  • Di dalam demokrasi langsung, setiap orang bebas berkesempatan dan berpartisipasi dalam membuat keputusan-keputusan publik.
  • Setiap kegiatan pemerintahan lebih bersifat transparan terhadap masyarakat karena dijalani langsung oleh rakyat.
  • Dikarenakan cakupan wilayah yang tidak luas dan jumlah warga yang sedikit, mudah untuk mengumpulkan seluruh warga negara dalam setiap pertemuan.
  • Setiap masalah atau perkara yang ada di negara tersebut langsung dibahas dan diselesaikan oleh rakyat dalam sebuah pertemuan tanpa harus melalui lembaga-lembaga perwakilan dan keputusan
    yang diambil juga merupakan keputusan rakyat.
  • Dalam memutuskan perkara, seringkali keputusan yang diambil adalah keputusan yang didukung oleh mayoritas rakyat yang ikut berkumpul.
  • Pejabat-pejabat yang duduk di pemerintahan juga dipilih langsung oleh rakyat.
  • Warga mungkin diperbolehkan untuk menyusun rancangan undang-undang dengan syarat mendapatkan dukungan yang cukup dari mayoritas warga negara melalui proses voting atau
    musyawarah.
  • Amandemen konstitusi dapat diusulkan atau bahkan dilakukan oleh rakyat dengan syarat mendapatkan dukungan yang cukudai mayoritas warga.
  • Sistem pemerintahan demokrasi langsung atau sistem pemerintah yang dipegang lansung oleh rakyat kemungkinan hanya bisa dijalankan di dalam negara yang wilayahnya tidak terlalu luas dan jumlah warganya tidak terlalu banyak. Contohnya seperti polis masa Yunani Kuno.
  • Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dalam sistem pemerintahan demokrasi langsung dilaksanakan oleh rakyat melalui pemilihan umum. (baca juga: Demokrasi Era Reformasi)

Baca Juga :  "Masa Demokrasi Terpimpin" Sejarah Dan ( Latar Belakang - Pelaksanaan )
Baca Juga :  Pengertian Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal Serta Pemerintahan Lainnya

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Demokrasi Langsung Dan Tidak Langsung Serta Perbedaanya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com