√ Macam-macam Metodologi Penelitian Beserta Penjelasan Lengkap

Diposting pada

Gurupendidikan.com – Metodologi secara etimologi diartikan sebagai ilmu yang membahas mengenai metode-metode penelitian. Metodologi penelitian ialah strategi atau prinsip dasar yang digunakan dalam suatu penelitian untuk mempermudah mendapatkan data. Adapun jenis dan contoh metodologi penelitian yaitu sebagai berikut :

Penelitian Survey

Metodologi penelitian survey merupakan jenis metode yang menggunakan angket ataupun kuesioner sebagai instrumen penelitian untuk mendapatkan data primernya. Dengan demikian desain kuesioner yang telah dirancang akan ditunjukkan kepada individu yang menjadi responden atau sebagai subjek pengisi angket. Penelitian survey ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif.

Responden yang terlibat dalam penelitian survey ialah sebagai bagian dari sampel penelitian yang mewakili populasi. Perbedaan antara sampel dan populasi yaitu, populasi adalah keseluruhan penduduk sedangkan sampel adalah mereka yang mewakilinya dalam penelitian.

Pada penentuan sampel harus menggunakan teknik yang tepat agar sampel yang diperoleh bersifat representatif. Oleh karena itu, untuk memperoleh sampel tersebut diterapkan teknik sampling yang relevan untuk mendapatkan sampel yang representatif.

Penelitian survey dapat dicontohkan sebagai berikut, misalnya penelitian tentang “Kendala apa saja yang dihadapi oleh guru SMA di kota Bandar Lampung dalam menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum 2013”. Dengan demikian angket yang didesain memuat beberapa pertanyaan yang akan diajukan kepada guru sebagai sampel penelitian.

Penelitian Eksperimental

Penelitian eksperimental merupakan jenis penelitian kuantitatif. Peneliti melaksanakan ekperimen dengan hipotesis dan tujuan yang jelas. Misal ingin melihat seberapa berpengaruhnya metode pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan ceramah terhadap hasil belajar siswa.

Secara umum penelitian eksperimental ini membagi objek penelitian menjadi dua kelompok untuk mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan. Satu kelompok dimanfaatkan sebagai target eksperimen, sedangkan kelompok yang lainnya sebagai kontrol.

Baca Juga :  Macam Ideologi Politik Beserta Definsi Dan Contohnya

Pada penelitian eksperimental kelompok kontrol berperan sebagai pembanding terhadap kelompok target. Dari hasil perbandingan antara kedua kelompok tersebut yang akan menghasilkan data penelitian eksperimen. Contoh penelitian yang dapat menerapkan metodologi eksperimental, misal “Pengaruh ruang terbuka hijau terhadap penurunan tingkat agresivitas warga kota Jakarta”.

Penelitian Longitudinal

Penelitian longitudinal adalah metode penelitian yang didesain untuk mengukur suatu perubahan atau perkembangan fenomena dalam periode waktu jangka panjang. Secara umum biasanya penelitian longitudinal menerapkan survey untuk mendapatkan data dari sampel penelitian.

Meninjau kerena penelitian ini memerlukan waktu yang cukup panjang, maka sampel penelitian harus didatangi lagi minimal sekali untuk melakukan survey. Penelitian longitudinal terdiri atas dua jenis, yaitu studi panel dan studi cohort.

Penelitian Grounded

Penelitian grounded merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini fokus untuk menemukan teori baru yang berasal dari “grounded” pada data yang ada di lapangan. Oleh karena itu, peneliti yang menggunakan jenis penelitian grounded tidak menggunakan konsep atau teori yang sudah ditemukan oleh para ilmuan lainnya untuk rujukan sumber pendukung penelitian.  Contoh penelitian grounded, misalnya peneliti mempelajari tindakan dan interaksi kehidupan sosial yang terjadi sebagai acuan penelitiannya.