√ 15 Karakteristik Benua Asia – Ciri, Iklim & Gambar LENGKAP

Diposting pada

Benua Asia – Karakteristik, Iklim, Perekonomian, Selatan, Timur, Flora dan Fauna : Benua adalah daratan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi; (kontinen). Pada awalnya bumi terbentuk seluruh benua merupakan satu daratan yang amat luas, belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi; daratan tersebut disebut Pangea, pada masa mesozoic terbagi atas dua bagian besar yaitu gondwana di belahan Bumi selatan dan laurasia di belahan Bumi utara. Pada masa kini bumi terbagi atas beberapa benua : Afrika, Amerika Antarktika, Asia, Eropa, dan Australia. Berikut adalah karakteristik masing-masing.


Karakteristik-Benua-Asia

Karakteristik Benua Asia

Wilayah Benua Asia meliputi daratan luas bagian dari Eurasia tanpa Eropa. Asia merupakan benua terbesar, terkait dengan luas wilayah maupun jumlah penduduknya. Wilayah Asia terbagi menjadi lima,yakni Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Setiap wilayah mempunyai karakteristik fisik yang berbeda.

 


1. Letak dan Luas Benua Asia

Asia adalah benua terluas. Luasnya mencapai 33% dari seluruh daratan di muka bumi, yakni 44.444.100 km2. Benua Asia berada di bagian timur bumi, dan hampir semua wilayahnya berada di belahan bumi bagian utara (kecuali sebagian wilayah Indonesia).

Secara astronomis, Asia terletak antara 77o45’ LU sampai dengan 1o15’ LS dan 26o04’BT sampa dengan 169o40’ BB.


Berikut ini batas-batas geografis Asia.

  • Sebelah utara : Samudra Arktik dan Selat Bering.
  • Sebelah selatan : Samudra Hindia.
  • Sebelah barat : Pegunungan Ural (batas dengan Eropa), Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Laut Tengah, dan Laut Merah.
  • Sebelah timur : Samudra Pasifik.

Letak-dan-Luas-Benua-Asia


2. Bentang alam Benua Asia

Topografi wilayah Asia sangat beragam, meliputi jajaran pegunungan tinggi bercampur dengan dataran rendah, dataran tinggi, lembah, serta dataran aluvial. Di bagian tengah Asia terdapat suatu deretan pegunungan tertinggi di dunia (±4.000 m), yaitu meliputi Pegunungan Himalaya, Karakoram, dan Kun Lun, yang melingkupi dataran tinggi Tibet.


Oleh sebab itu, Tibet dijuluki “atap dunia”. Di Pegunungan Himalaya yakni di perbatasan Nepal dan Tibet bisa dijumpai Mount Everest (±8.848 m), adalah titik tertinggi di Asia sekaligus di muka bumi. Semakin ke timur dan tenggara relief Asia semakin melandai, di mana kemudian bisa dijumpai gurun luas, yakni Gurun Gobi. Gurun tersebut membentang di wilayah China dan Mongolia.


Ke arah barat bisa dijumpai plato-plato. Di tepi barat Asia ini membujur Pegunungan Ural dari utara hingga selatan, menjadi batas alam wilayah benua Asia dan Eropa. Beberapa pegunungan lain yaitu Hindu Kush, Tian Shan, Pamirs, Altai, Zagros, Da Hinggan, Sulaiman, Arakan Yoma, dan Kaukasus.


Dataran rendah di Asia berada di sekitar aliran sungai-sungai besar. Sungai-sungai penting di Asia antara lain Sungai Yangtze, Tigris dan Eufrat, Ganga, Huang Ho, Irawadi, dan Mekong. Di muaramuara sungai banyak terbentuk delta sungai yang umumnya subur. Misalnya Delta Sungai Ganga. Cekungan yang terkenal yaitu Laut Kaspia, Danau Aral, Danau Baikal dan Danau Balkash. Titik terendahnya ada di Laut Mati (±395 m di bawah permukaan laut), di kawasan Israel-Yordania. Coba buka atlasmu dan carilah tempat-tempat tersebut dalam peta!

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Dan Fungsi Garis Bujur Beserta Perhitungan Pembagian Waktu Di Indonesia Secara Lengkap


3. Iklim Benua Asia

Iklim-Benua-Asia
Gambar: Zona Iklim Benua Asia

Luasnya wilayah Asia, memunculkan karakter iklim yang cukup bervariasi. Variasi iklim juga dipengaruhi faktor lain, seperti topografi yang beragam serta posisi daratan terhadap laut. Dilihat dari ciri-ciri iklimnya, wilayah Asia bisa dikelompokkan menjadi Asia bermusim, kering, dingin, dan Asia tinggi. yaitu sebagai berikut :


a. Asia bermusim (iklim tropis, subtropis, dan musim)

Asia bermusim terdiri dari kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Iklim di wilayah ini dipengaruhi oleh luasnya lautan, deretan pegunungan, dan sistem angin musim. Wilayah ini mempunyai curah hujan cukup tinggi.

Temperatur tahunan di ekuator mencapai ±20oC, sedangkan curah hujan ±2.030 mm per tahun. Di daerah lintang utara, temperatur tahunan pada musim panas mencapai ±27oC dan pada musim dingin ±10oC. Curah hujan mencapai ±1.270 mm per tahun.


b. Asia kering (iklim gurun dan kontinental)

Asia kering, terdiri dari sebagian Asia Timur bagian barat, Asia Tengah (termasuk Rusia bagian Asia), dan Asia Barat. Curah hujan di wilayah ini bervariasi dari ±25 mm per tahun (di wilayah Gurun Gobi) sampai ±250 mm per tahun (di wilayah Asia Tengah).


c. Asia dingin (iklim arktik dan subarktik)

Ciri-ciri iklim arktik dan subarktik yaitu musim dingin berlangsung panjang, sedangkan musim panas sangat singkat. Akibatnya di wilayah tersebut banyak dijumpai vegetasi tundra. Asia dingin dengan ciri iklim tersebut meliputi sebagian besar wilayah Rusia di Asia bagian utara. Iklim di wilayah ini dipengaruhi oleh adanya udara kutub.


d. Asia tinggi (iklim pegunungan)

Asia tinggi, meliputi wilayah Asia yang berada di suatu dataran tinggi (Tibet dan sebagian Mongolia). Iklim di wilayah ini yaitu iklim pegunungan.


4. Keadaan Sosial budaya Benua Asia

Keadaan-Sosial-budaya-Benua-Asia

Jumlah penduduk Asia pada pertengahan 2007 mencapai 4 milyar jiwa lebih. Asia adalah benua dengan penduduk terpadat, lebih dari 60% populasi dunia berada di Asia. Negara dengan populasi tertinggi adalah Cina. Asia memiliki banyak ragam etnis dan sebagian besar tergolong ras Mongoloid (Cina, Jepang, Mongol, Tibet, dan lain-lain). Etnis terbanyak adalah Cina dan Jepang. Etnis lain adalah Melayu (Asia Tenggara), Dravida (Asia Selatan), dan kulit putih (Asia Barat). Lebih dari 60% penduduk dunia tinggal di wilayah Asia.

Gambar : Ragam bangsa yang tinggal di Benua Asia: a) Pria Yordania berbangsa Arab, b) Anak Turki, c) Wanita Jepang dari ras Sino-Mongoloid, d) Wanita Nomadic, e) Wanita Indonesia, dan f) Pria Nepal di Himalaya.


Agama utama di Asia

ialah Hindu, Islam, dan Buddha. Hindu terutama dianut oleh masyarakat India. Islam merupakan agama utama masyarakat Asia Tenggara dan Barat. Buddha banyak dianut oleh masyarakat Myanmar, Thailand, Sri Lanka, Laos, Kamboja, dan Cina. Beberapa agama lain yaitu Shinto (Jepang), Katolik Roma (Filipina), dan Protestan.


Bahasa yang dipergunakan di Asia

antara lain bahasa China, Hindi, Arab, Rusia, Melayu, dan beberapa bahasa lain. Beberapa bahasa di Asia dipengaruhi bahasa asing akibat pendudukan bangsa asing, seperti Inggris, Spanyol, dan Portugal.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Garis Khatulistiwa Beserta Iklimnya


5. Perekonomian Benua Asia

Sebagian besar negara di wilayah Asia masih tergolong negara berkembang. Perekonomian Asia didominasi oleh suatu kegiatan pertanian, kecuali Israel. Hasil pertanian/perkebunan utama di Asia, antara lain padi, kelapa sawit, karet, kopi,teh, rempahrempah, sayuran, dan buah-buahan.


Pertambangan di wilayah Asia sangat potensial. Hasil tambang utama, antara lain minyak dan gas bumi, timah, dan batu bara. Pertambangan minyak bumi terutama dihasilkan di wilayah Timur tengah, Indonesia, dan Brunei Darusallam. Walau belum merata, industri di Asia sudah berkembang pesat. Beberapa negara perintis industri yang berhasil yaitu Cina, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura, yang dijuluki negara industri baru.


6. Penduduk

Di Asia terdapat Negara dengan penduduk terpadat didunia,yaitu Republik Rakyat Cina (RRC) 1302.000.000 Jiwa dan di india 1.033.000.000 Jiwa.

7. Negara Terbesar dan Terkecil

Negara Terbesar adalah Asiatik Rusia (1.3119.582 km2 dan Negara dengan wilayah terkecil adalah Maldives di Samudra Hindia (300 km2).

8. Puncak Pegunungan Tertinggi

  1. Mount Everest, di Nepal/Cina, Tinggi 8.848 m
  2. Godwin Austen,di India,tinggi 8.611 m
  3. Kanchenjunga,di India /Nepal tinggi 8.586 m
  4. Lhotse,di Cina/Nepal,tinggi 8.516 m
  5. Makalu,di Cina/Nepal,tinggi 8.563 m
  6. Cho Oyu,di Cina/Nepal,tinggi 8.201 m

9. Sungai Terpanjang

  1. Yangtze di Cina Panjang 5.520 Km
  2. Ob-Irtysh di Kazakhstan/Russia Panjang 5.200 Km
  3. Mekhong di Cina/Laos/Vietnam Panjang  5.186 Km
  4. Hwang Ho di Cina Panjang 4.672 km
  5. Heilong Hiang-Amor di Cina/Russia Panjang 4.509 Km
  6. Yenisey-Angaea-Selenga di Russia Panjang 4.124 Km
  7. Indus di Pakistan Pnjang 3.186 Km

10. Danau Terluas

  1. Laut Kaspia Luas 371.000 Km2
  2. Laut Aral Luas 33.640 Km2
  3. Danau Baikal di Russia Luas 30.500 Km2
  4. Danau Tonle Sab di Kamboja Luas 2.850 Km

11. Gurun Pasir Terluas

Gurun-Pasir-Terluas

  1. Gurun Arabia Luas 2.300.000 km2
  2. Gurun Gobi di Cina/Mongolia luas 1.166.000 km2
  3. Gurun Kyzylkum di Uzbekistan luas 300.000 km2

12. Puncak Tertinggi dan Titik Terendah Daratan

Puncak tertnggi daratan Asia adalah daratan Mount Everest (8.848m/dpl),Sedangkan titik terendah daratan adalah dasar laut mati di Israel/Jordan (400m/dpl).


13. Tempat Terbasah dan Terkering

Tempat terbasah dengan curah hujan tertinggi di Mawsynram India (Rata-rata 11.872 mm/tahun). Tempat Terkering dengan curah hujan terendah di kota Aden Yaman (Rata-Rata 46 mm/tahun).


14. Temperatur Ekstream

Temperatur tinggi penah terjadi di kota Tirat Zevi Israrel suhu mencapai 53,90C pada 21 Juni 1942. Temperatur terendah pernah terjadi di Oymyajon Russia -67,70C pada 6 Februari 1933


15. Flora dan Fauna

  • Flora

Persebaran Flora di Benua Asia sangat dipengaruhi iklim di kawasannya. Hutan Hujan tropis terdapat di daerah tropis, Seperti di Asia Tenggara dan Asia Selatan.


  • Fauna

Fauna yang diternakkan, seperti sapi, kerbau, kuda, domba, dan unta. Di daerah kutub terdapat fauna liar, seperti rusa, beruang kutub, singa laut, dan rubah.


Ciri Ciri Benua Asia

Berikut ini beberapa ciri ciri Benua Asia.

  1. Benua Asia adalah benua terluas dan terbanyak penduduknya.
  2. Di Benua Asia terdapat negara-negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, seperti RRC, India, dan Indonesia.
  3. Di Benua Asia terdapat negara-negara penghasil minyak bumi terbesar, terutama negara-negara di kawasan Jazirah Arab.
  4. Benua Asia merupakan tempat muncul dan berkembangnya agama-agama besar di dunia, seperti agama Islam di Arab Saudi, agama Kristen dan Katolik di Yerusalem, agama Hindu dan Buddha di India, serta agama Kong Hu Cu di RRC.
  5. Di Benua Asia banyak terdapat bangunan bernilai sejarah, bahkan dapat digolongkan sebagai tujuh keajaiban dunia, yaitu Tembok Besar di RRC, Kakbah di Mekah (Arab Saudi), Taj Mahal di India, dan Candi Borobudur di Indonesia.

Daftar Negara-negara di Benua Asia

Secara Geografis, Benua Asia dapat dibagi menjadi beberapa wilayah seperti Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Utara, Asia Barat dan Asia Tengah.


Negara-negara Asia Timur

Terdapat 5 Negara berdaulat yang diakui oleh PBB di Asia Timur yaitu China, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan dan Mongolia. Hongkong* dan Makau* yang terdapat dalam daftar dibawah ini merupakan wilayah administratif khusus atau disingkat dengan SAR dari Republik Rakyat Tiongkok (China).  Sedangkan status Taiwan** masih dipertentangkan oleh China karena China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Benua Dan Samudra Terlengkap


Berikut ini adalah Negara-negara dan Wilayah Administratif Khusus yang terletak di Asia Timur.

NegaraIbukotaLuas WilayahJumlah Penduduk
ChinaBeijing9.596.960 km21.367.485.388 jiwa
 Hong Kong*Hongkong1.108 km27.141.106 jiwa
 Makau*Macau28,2 km2592.731 jiwa
 JepangTokyo377.915 km2126.919.659 jiwa
Taiwan**Taipei35.980 km223.415.126 jiwa
 MongoliaUlan Bator1.564.116 km22.992.908 jiwa
 Korea SelatanSeoul99.720 km249.115.196 jiwa
 Korea UtaraPyongyang120.538 km224.983.205 jiwa

Negara-negara di Asia Tenggara

Berikut ini adalah 11 Negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara, 10 Negara diantaranya adalah Negara yang bergabung dalam organisasi regional ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, Laos, Mynmar, Filipina dan Brunei Darussalam.

NegaraIbukotaLuas WilayahJumlah Penduduk
 Brunei DarussalamBandar Seri Begawan5.765 km2429.646 jiwa
 KambojaPhnom Penh181.035 km²15.708.756 jiwa
 IndonesiaJakarta1.904.569 km²255.993.674 jiwa
 LaosVientiane236.800 km²6.911.544 jiwa
 MalaysiaKuala Lumpur329.847 km²30.513.848 jiwa
 MyanmarNaypyidaw676.578 km²56.320.206 jiwa
 FilipinaManila300.000 km²100.998.376 jiwa
 SingapuraSingapura697 km²5.674.472 jiwa
 ThailandBangkok513.120 km²67.976.405 jiwa
 Timor LesteDili14.874 km²1.231.116 jiwa
 VietnamHanoi331.210 km²94.348.835 jiwa

Negara-negara Asia Selatan

Berikut ini adalah Negara-negara yang terletak di Benua Asia bagian Selatan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Klasifikasi, dan Dampak Perubahan Iklim Beserta 4 Sifatnya Secara Lengkap

NegaraIbukotaLuas WilayahJumlah Penduduk
 AfghanistanKabul652.230 km²32.564.342 jiwa
 BangladeshDhaka148.460 km²168.957.745 jiwa
 BhutanThimphu38.394 km²741.919 jiwa
 IndiaNew Delhi3.287.263 km²1.251.695.584 jiwa
 MaladewaMalé298 km²393.253 jiwa
 NepalKathmandu147.181 km²31.551.305 jiwa
 PakistanIslamabad796.095 km²199.085.847 jiwa
 Sri LankaKolombo65.610 km²22.053.488 jiwa

Negara-negara Asia Utara

Rusia merupakan Negara yang terletak di Benua Asia meskipun sebagian daerahnya juga berada di Benua Eropa.

NegaraIbukotaLuas WilayahJumlah Penduduk
RusiaMoscow17.098.242 km²142.423.773 jiwa

Negara-negara Asia Barat

Asia Barat sering juga disebut dengan Timur Tengah. Berikut ini adalah daftar negara-negaranya.

NegaraIbukotaLuas WilayahJumlah Penduduk
 Arab SaudiRiyadh2.149.690 km²27.752.316 jiwa
 ArmeniaYerevan29.743 km²3,056.382 jiwa
 AzerbaijanBaku86.600 km²9,780.780 jiwa
 BahrainManama760 km²1,346.613 jiwa
 GeorgiaTbilisi69.700 km²4,931.226 jiwa
 IranTehran4.931.226 km²81.824.270 jiwa
 IrakBaghdad438.317 km²37.056.169 jiwa
 IsraelJerusalem20.770 km²8.049.314 jiwa
 KuwaitKuwait City17.818 km²2.788.534 jiwa
 LebanonBeirut10.400 km²6.184.701 jiwa
 OmanMuscat309.500 km²3.286.936 jiwa
 QatarDoha11.586 km²2.194.817 jiwa
 SiprusNicosia9.251 km²1.189.197 jiwa
 SuriahDamaskus185.180 km²17.064.854 jiwa
 TurkiAnkara783.562 km²79.414.269 jiwa
 Uni Emirat ArabAbu Dhabi83.600 km²5.779.760 jiwa
 YamanSanaá527.968 km²26.737.317 jiwa
 YordaniaAmman89.342 km²8.117.564 jiwa

Negara-negara di Asia Tengah

Asia Tengah merupakan Kawasan yang terkurung daratan di Benua Asia. Lima Negara yang termasuk dalam wilayah Asia Tengah adalah Negara-negara bekas Uni Soviet. Dibawah ini adalah daftar 5 Negara yang terletak di Asia Tengah.

NegaraIbukotaLuas WilayahJumlah Penduduk
 KazakhstanAstana2.724.900 km²18.157.122 jiwa
 KirgizstanBishkek199.951 km²5.664.939 jiwa
 TajikistanDushanbe144.100 km²8.191.958 jiwa
 TurkmenistanAshgabat488.100 km²5.231.422 jiwa
 UzbekistanTashkent447.400 km²29.199.942 jiwa

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Fungsi, Komponen, Dan Jenis Peta Beserta Contohnya Secara Lengkap