√ Ilmu Komunikasi: Teori, Pengertian, Macam Dan Jenisnya

Diposting pada

Ilmu Komunikasi Teori, Pengertian, Elemen Dan Jenisnya

Teori komunikasi

Teori komunikasi ialah suatu pandangan juga strategi yang membentuk alat dan rangka kerja pada suatu perkara yang hendak dilaksanakan dalam proses komunikasi teori akan mengarahkan bentuk dan kaidah dalam komunikasi yang akan dibuat. Lewat penulisan ini penjelasan tentang teori-teori komunikasi yang akan dibuat. Ada dua aspek utama yang dilihat secara langsung pada bidang ini sebagai suatu bidang pengkajian baru.

Aspek pertama adalah perkembangan dari beberapa kejadian atau sudut seperti perindustrian, teknologi komunikasi dan politik dunia. Dalam bidang teknologi komunikasi seperti radio, telefon, televisi, satelit, rangkaian komputer sudah menghasilkan ide untuk melihat apakah kesan perkembangan teknologi komunikasi terhadap individu, serta masyarakat disebuah negara. Perkembangan
politik dunia, memperlihatkan kesan politik kepada publik sehingga memperlihatkan propaganda dan pendapat umum.

Apa yang dimaksud dengan ilmu komunikasi?

Pengertian Ilmu Komunikasi

Pada dasarnya ilmu komunikasi memiliki ciri yang sama dengan ilmu secara umum. Yang memberdakan ialah objek kajiannya, dimana perhatian yang telah fokuskan pada kejadian-kejadian komunikasi antar manusia. Tentang hal itu Berger & Chafee (1987) mengatakan bahwa Ilmu komunikasi merupakan pengamatan terhadap produksi, proses dan juga pengaruh terhadap sistem tanda
dan lambang lewet pengembangan teori-teori yang bisa diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelasakan fenomena yang berkaitan terhadap produksi, pengaruh dan proses dari sistem tanda dan lambang.

Macam-Macam Komunikasi

Elemen dasar komunikasi menjadikan objek studi tentang teori komunikasi:

  1. Sumber: Shannon mengatakan unsur ini sebagai “sumber informasi”, yang “menghasilkan urutan pesan yang akan dikomunikasikan ke terminal penerima.”
  2. Pengirim: Shannon menyebut unsur ini sebagai “pemancar/penyebar”, yang “beroperasi pada pesan dalam beberapa cara untuk menghasilkan sinyal yang cocok untuk meneruskannya
    melalui saluran tersebut.” Oleh Aristoteles, unsur ini disebut “speaker” (orator).
  3. Channel: Bagi Shannon, saluran tersebut ialah “hanya media yang digunakan untuk mengirimkan sinyal dari pemancar ke penerima.”
  4. Penerima: Untuk Shannon, penerima ialah “melakukan operasi kebalikan dari yang dilakukan oleh pemancar, dengan merekonstruksi pesan dari sinyal.”
  5. Tujuan: Untuk Shannon, tujuan ialah “orang (atau suatu hal) kepada siapa pesan ini ditujukan”.
  6. Pesan: dari bahasa Latin mittere, “untuk mengirim”. Pesannya berupa sebuah konsep, informasi, komunikasi, atau pernyataan yang dikirim dalam bentuk, ditulis, direkam, atau bentuk
    visual verbal kepada penerima.
  7. Tanggapan
  8. Elemen entropik, positif dan negatif

Jenis-jenis komunikasi

Komunikasi lisan

Komunikasi lisan secara langusng ialah komunikasi yang dilakukan dengan dua orang atau lebih yang saling bertatap muka dengan langsung serta tidak ada jarak ataupu alat yang membatasi. Lisan ini terjadi saat dua orang atau lebih saling berdialog/berbicara, saat wawancara, berpidato, rapat.

Komunikasi lisan tidak langsung merupakan komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat contohnya, handphone, telepon, VoIP, dan lainnya sebab adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicaranya.

Komunikasi tulisan

Komunikasi tulisan merupakan komunikasi yang dilakukan dengan perantara tulisan tanpa ada pembicaraan secara langsung dengan memakai bahasa yang singkat, padat, dan jelas dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan bisa juga berupa surat-menyurat, surat elektronik, sms, dan lainnya.

 

Baca Juga :  Komunikasi Verbal Dan Nonverbal (Contoh, Ciri, Faktor Juga Fungsinya)
Baca Juga :  1001 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli “ Lengkap ”

Demikian Penjelasan √ √ Ilmu Komunikasi: Teori, Pengertian, Macam Dan Jenisnya Tentang Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com