√ E-Commerce, Pengertian, Manfaat, dan Keuntungannya

Diposting pada

Gurupendidikan.com – Electronic commorce atau E-commerce ialah sebuah sistem yang di dalamnya memuat aktivitas penjualan, pembelian, serta penyebaran barang dan jasa yang mendayagunakan sistem elektronik seperti misalnya televisi, internet, ataupun jaringan komputer lainnya. E-commerce pada era digital ini menjelma menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan untuk menghasilkan provit yang cukup besar.

Jenis-Jenis E-commerce

E-commerce terdiri atas berbagai macam pilihan, diantaranya ialah :

  1. E-commerce business to buseness (B2B)

E-commerce business to buseness (B2B) adalah jenis bisnus yang dikerjakan oleh perorangan atau kolektif yang saling memiliki kepentingan dalam berbisnis. Kedua partner bisnis tersebut saling mengenal serta mengetahui prosesi bisnis yang mereka jalankan.

Pada umumnya E-commerce business to buseness (B2B) dikerjakan secara berkelanjutan karena kedua pihak saling memperoleh keuntungan serta kepercayaan antara satu dengan yang lainnya. Contoh dari bisnis E-commerce business to buseness (B2B) ialah pada saat dua perusahaan mengadakan transaksi jual beli online, begitu pula halnya pembayaran yang tersedia menggunakan kartu kredit.

2. E-Commerce Business to Consumer (B2C)

Jenis E-Commerce Business to Consumer (B2C) ialah bisnis yang dikerjakan antara pelaku bisnis dengan konsumen. Misalnya saja produsen melakukan aktivitas jual beli produk kepada konsumen melalui pemasaran online. Produsen akan melakukan bisnis dengan cara memasarkan produk-produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk berbisnis ulang. Dengan kata lain, produsen hanya memasarkan produk dalam bentuk barang ataupun jasa, sementara konsumen hanya berperan sebagai pengguna atau pembeli saja

Baca Juga :  Pengertian Pasar dan 100 Jenis Pasar

3. E-commerce Consumer to Consumer (C2C)

Jenis e-commerce consumer to consumer adalah bisinis yang dijalankan antara konsumen dengan konsumen. Sebagai contoh, konsumen akan menjual kembali barang yang diperoleh dari produsen ke konsumen lainnya.

4. E-Commerce Consumer to Business (C2B)

Jenis E-Commerce Consumer to Business (C2B) ialah aktivitas bisnis yang terjadi diantara produsen dan konsumen. Bisnis ini dikerjakan oleh konsumen terhadap produsen yang menyediakan produk (barang atau jasa). Misalnya saja, konsumen akan memberitahukan detai produk (barang atau jasa) yang diminati melalui pemasaran online terhadap produsen. Selanjutnya, produsen yang tahu akan permintaan tersebut kemudian akan melakukan penawaran produk yang diminati terhadap konsumen.

Manfaat E-Commerce diantaranya ialah :

  • Memberi kemudahan dalam berkomunikasi antara konsumen dan produsen
  • Memberi kemudahan dalam usaha pemasaran serta promosi barang ataupun jasa
  • Melakukan perluasan terhadap jangkauan calon konsumen dengan segmentasi pasar yang lebih luas
  • Memberi kemudahan dalam prosesi pembelian dan penjualan
  • Memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran karena dapat dilakukan secara online
  • Memberikan kemudahan dalam penyebaran informasi

Demikianlah pembahasan singkat berkenaan dengan e-commerce. Bisnis ini merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis yang cukup menjanjikan. Sehingga tak perlu ada keraguan untuk mencobanya. Semoga bermanfaat!