Biografi : Pengertian, Macam, Jenis, Struktur Dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

contoh teks biografi

Pengertian Biografi

Biografi ialah cerita atau informasi tentang kehidupan seseorang. Biografi lebih kompleks dari sekadar daftar tangal lahir atau tanggal mati dan data tentang pekerjaan seseorang, biografi itu juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami peristiwa-peristiwa ini.

Dalam biografi, kehidupan karakter sepenuhnya dijelaskan dari masa kanak-kanak sampai usia tua, bahkan sampai mati. Semua layanan, karya, dan semua yang dihasilkan atau dilakukan oleh karakter juga dijelaskan. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh Anda sendiri.

Macam-Macam Biografi

Biiografi dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu

  • Biografi Menurut Sisi Penulisnya

Dibagi menjadi dua, yaitu autobiografi dan biografi yang ditulis oleh orang lain. Autobiografi adalah biografi yang ditulis oleh orang atau orang yang bersangkutan. Sedangkan biografi adalah biografi yang ditulis oleh orang lain dengan izin dari tokoh yang akan diceritakan.

  • Biografi Menurut Isinya

Menurut isinya, biografi dibagi menjadi dua yaitu:

Biografi perjalan hidup: Diskusikan perjalanan hidup karakter yang dibuat lengkap atau singkat.
Biografi perjalanan karier. Diskusikan perjalanan karier karakter dari awal hingga mencapai kesuksesan.

Jenis Teks Biografi

Melanjutkan terjadap jenisnya, teks yang termasuk dalam kategori biografi dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal. Contohnya yang salah hanya berdasarkan penulis yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu biografi dan autobiografi. Biografi adalah teks yang ditulis oleh orang lain sedangkan otobiografi adalah teks yang ditulis oleh karakter itu sendiri. Sebagian besar contoh teks biografi yang sering ditemukan, kedua contoh teks biografi pendek dan yang sudah lengkap, adalah tipe pertama.

Dalam belajar bahasa Indonesia, membahas berbagai jenis teks memang sangat beragam. Salah satunya yaitu jenis teks yang secara khusus menceritakan kisah hidup seorang tokoh yang dianggap mampu menginspirasi pembacanya.

Teks, yang dikenal sebagai biografi, adalah jenis teks yang secara khusus dibuat untuk menceritakan karakter, perjalanan hidup dan pencapaian. Di Indonesia, contoh teks biografi singkat yang sering dijumpai adalah biografi pahlawan yang jatuh untuk memperjuangkan kemerdekaan nasional.

Struktur Teks Biografi

Berikut struktur teks biografi yang terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi.

Orientasi adalah bagian di mana menjelaskan pengenalan karakter, berisi deskripsi awal dari karakter yang diceritakan dalam biografi.

  • Peristiwa dan Masalah

Bagian dari suatu peristiwa atau peristiwa adalah bagian yang berisi peristiwa atau peristiwa yang pernah dialami, termasuk yang mengandung masalah yang dihadapi dalam mencapai tujuan dan cita-cita mereka. Hal-hal menarik, menakjubkan, mengesankan, dan menyentuh yang pernah dialami karakter juga dijelaskan di bagian ini.

  • Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup. Bagian tersebut berisi pandangan penulis tentang karakter yang diriwayatkan. Reorientasi adalah opsional, yang berarti ada atau tidak ada di bagian ini.

Cara Membuat Biografi

Berikut ini adalah struktur dalam membuat biografi

  • Latar belakang keluarga

Di sini bercerita tentang keluarganya dalam bentuk kedua orang tua, tempat dan tanggal lahir, apa anak itu, dan memberitahu saudaranya.

  • Latar belakang pendidikan

Berisi pendidikan yang telah dicapai hingga sekarang beserta tahun dan nama sekolah. Dan itu dimulai dengan paragraf baru

  • Latar Belakang Prestasi

Berisi semua prestasi yang telah diperoleh sejak kecil hingga sekarang.

  • Latar Belakang Pekerjaan

Jika Anda sudah bekerja maka daftarkan itu tetapi jika Anda masih seorang siswa, poin-poin ini dapat dihapus. Tetapi jika itu berhasil, maka jelaskan pekerjaan itu.

  • Latar Belakang Pekerjaan

Ini khusus untuk mereka yang telah bekerja dan lagi untuk siswa, poin-poin ini dapat dihilangkan.

Contoh Biografi

Berikut ini ialah contoh singkat biografi Ir. Soekarno pada masa kecinya

Biografi Dr.(HC) Ir. Soekarno : Masa Kecil Soekarno

Presiden Indonesia pertama mempunyai nama diwaktu kecil Kusno dan dilahirkan dengan nama Koesno Sosrodihardjo. Rakyat Indonesia memberi nama panggilan yang sangat akrab bagi kami, yaitu Bung Karno. Dikatakan bahwa di Indonesia hanya tiga orang yang memiliki panggilan, selain Bung Karno, Bung Hatta dan Bung Tomo.

Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 di kota Surabaya, Jawa Timur. Beberapa literatur mengatakan Soekarno lahir di Blitar. Dan meninggal pada 21 Juni 1970 di Jakarta tetapi dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Di masa pemerintahan Soeharto, Soekarno di berikan gelar Pahlawan Proklamator. Kemudian pada masa SBY di berikan gelar pahlawan nasional padanya di tahun 2012 tepat pada hari pahlawan nasional. Soekarno tercatat dalam sejarah bangsa ini menjabat sebagai presiden pertama republik Indonesia yaitu dari tahun 1945 hingga 1966.

Biografi Soekarno akan sedikit membahas kehidupan keluarganya. Soekarno memiliki isteri tiga orang. Serta di karunia delapan orang putra dan putri. isteri pertama yaitu Ibu Fatmawati. Dari beliau, Soekarno memiliki lima orang anak yaitu : Guntur Soekarno Putra, Megawati Soekarno Putri, Rachmawati Soekarno Putri, Sukmawati Soekarno Putri, dan terakhir Guruh Soekarno Putra.

Selama era Soeharto, Soekarno diberi gelar Pahlawan Proklamator. Lalu saat SBY diberi gelar pahlawan nasional kepadanya pada tahun 2012 pada hari pahlawan nasional. Soekarno tercatat dalam sejarah bangsa ini sebagai presiden pertama Republik Indonesia, dari 1945 hingga 1966.

Biografi Soekarno akan membahas sedikit tentang kehidupan keluarganya. Soekarno memiliki seorang istri dari tiga anak. Dan dalam hadiah untuk delapan putra dan putri. istri pertama, mrs. Fatmawati. Dari dia, Soekarno mempunyai lima anak, yaitu: Guntur Soekarno Putra, Megawati Soekarno Putri, Rachmawati Soekarno Putri, Sukmawati Soekarno Putri, dan akhirnya Guruh Soekarno Putra.

Dan istri keduanya bernama Ibu Hartini. Dari dia Soekarno diberkati dengan dua putra yaitu Taufan dan Wahyu. Kemudian istri ketiga Soekarno bernama ibu Ratna Sari Dewi. Istri ketiga ini keturunan Jepang. Dari dia Soekarno diberi seorang anak bernama Kartika. Soekarno lahir dari seorang lelaki tua bernama Tuan Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Dari sumber yang penulis dapat, Nyoman Rai adalah keturunan bangsawan dan Hindu Bali. Sementara Raden Soekemi sendiri adalah Muslim.

Baca Juga:

Demikian Penjelasan TentangĀ Biografi: Pengertian, Macam, Jenis, Struktur Dan Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Seluruh Pembaca Setia GuruPendidikan.Co.Id