Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag ) Beserta Penjelasannya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Virus merupakan parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis, virus ini bersifat parasit obligat hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak mempunyai perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri.

Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag )

Virus ini tidak hanya menyerang manusia tetapi virus juga dapat menyerang bakteri, malah dapat memakan bakteri, virus memakan bakteri ini disebut dengan Bakteriofag. Untuk Bakteriofag atau seringkali disingkat fag ditemukan oleh dua orang ahli mikrobiologi bernama Fredick Twort ( 1913 ) dan Felix dโ€™Herelle ( 1917 ) sebagai partikel yang menyebabkan sel bakteri lisis ( pecah ). Nama Virus ini berasal dari kata bacteria dalam bahasa Inggris dan kata Phagien berasal dari bahasa Yunani yang artinya makan.

Struktur Bakteriofag

Untuk struktur bakteriofag terdiri sebagai berikut :

  • Kepala
  • Ekor
  • Dan Kaki Serabut

Kepala terdiri dari asam nukleat yang diselubungi kapsid berbentuk polyhedral, bagian ekor menancap ke kepala kaki serabut merupakan ekor yang berfungsi untuk menancapkan diri ke bagian tubuh bakteri. Para peneliti dalam mengembangkan pengetahuan mengenai virus melalui berbagai penelitian terhadap bakteriofag. Hal ini disebabkan karena bakteriofag mudah untuk dikembangkan pada sel bakteri hidup di laboratorium. Fag yang sering diselidiki ialah fag yang bersifat parasit pada bakteri E. cole yang disebut Fag T.

loading...

Fag T terdiri atas kepala berbentuk heksagonal dengan diameter 50-65 milimikron dan panjang sampai 200 milimikron, panjang ekornya 100 milimikron. Kepala ialah bagian utama yang pusatnya terdiri atas DNA yang diselubungi kapsid, ekor berupa tubuh bersumbat dilengkapi serabut.

Ada beberapa fag yang sudah dikenal yaitu :

  • T2, T3, T4, T5, T6, dan T7
    Secara morfologi bentuk luar keenam fag tersebut tidak banyak berbeda, akan tetapi secara serologi ( ilmu yang mempelajari serum ).

Mereka menunjukkan perbedaan yang nyata ialah :

  • Fag T2, T4, T6 disebut T genap
  • Termasuk satu golongan serologi T3 dan T7 termasuk golongan serologi yang lain
  • Sedangkan T3 dan T5 berlainan satu sama lain dan juga berbeda dengan golongan serologi T yang lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag ) Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚


No ratings yet.

Please rate this