“Studi Kepustakaan” Pengertian & ( Tujuan – Peranan – Sumber – Strategi )

Posted on

“Studi Kepustakaan” Pengertian & ( Tujuan – Peranan – Sumber – Strategi )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai studi kepustakan yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, peranan, sumber dan strategi, untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

"Studi Kepustakaan" Pengertian & ( Tujuan - Peranan - Sumber - Strategi )

Pengertian Studi Kepustakaan

Yang dimaksud dengan studi kepustakan ialah segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Informasi itu dapat diperoleh dari buku-buku ilmiah, laporan penelitian, karangan-karangan ilmiah, tesis dan disertasi, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, buku tahunan, ensiklopedia dan sumber-sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik lain.

Studi kepustkaan merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari suatu penelitian. Teori-teori yang mendasari masalah dan bidang yang akan diteliti dapat ditemukan dengan melakukan studi kepustakan. Selain itu seorang penelitian dapat memperoleh informasi tentang penelitian-penelitian sejenis atau yang ada kaitannya dengan penelitiannya. Dan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan melakukan studi kepustakan peneliti dapat memanfaatkan semua informasi dan pemikiran-pemikiran yang relevan dengan penelitiannya.

Tujuan Studi Kepustakan

Penelti akan melakukan studi kepustakaan baik sebelum maupun selama dia melakukan penelitian. Studi kepustakan memuat sitematis tentang kajian literatur dan hasil penelitian sebelumnya yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan dan diusahakan menunjukkan kondisi mutakhir dari bidang ilmu tersebut “the state of the art”, studi kepustakaan yang dilakukan sebelum malakukan penelitian yang bertujuan untuk.

loading...
  • Menemukan suatu masalah untuk diteliti, dalam arti bukti-bukti atau pernyataan bahwa masalah yang akan diteliti belum terjawab atau belum terpecahkan secara memuaskan atau belum pernah diteliti orang mengenai tujuan, data dan metode, analisa dan hasil untuk waktu dan tempat yang sama.
  • Mencari informasi yang relevan dengan masalah yang akan diteliti.
  • Mengkaji beberapa teori dasar yang relevan dengan masalah yang akan diteliti, menggali teori-teori yang relevan dengan permasalahan penelitian dan melakukan komparasi-komparasi dan menemukan konsep-konsep yang relevan dengan pokok masalah yang dibahas dalam penelitian.

Peranan Studi Kepustakaan

Sebelum penelitian sangat penting sebab dengan melakukan kegiatan ini hubungan antara masalah, penelitian-penelitian yang relevan dan teori akan menjadi lebih jelas. Selain itu penelitian akan lebih ditunjang, baik oleh teori-teori yang sudah ada maupun oleh bukti nyata, yaitu hasil-hasil penelitian, kesimpulan dan saran.

Sumber Studi Kepustakaan

Ada beberapa macam sumber informasi yang dapat digunakan peneliti sebagai bahan studi kepustakaan diantaranya sebagai berikut:

  • Jurnal Penelitian
    Dalam jurnal ini beberapa hasil penelitian terpilih diterbitkan sehingga dapat digunakan sebagai acuan begi perkembangan ilmu pengetahuan yang baru.
  • Buku
    Buku merupakan sumber informasi yang sangat penting karena sebagian bidang ilmu yang erat kaitannya dengan penelitian diwujudkan dalam bentuk buku yang ditulis oleh seorang penulis yang berkompeten di bidang ilmunya.
  • Surat Kabar Dan Majalah
    Media cetak ini merupakan sumber pustaka yang cukup baik dan mudah diperoleh di mana-mana.
  • Internet
    Kemajuan teknologi membawa dampak yang sangat signifikan di bidang informasi, para peneliti dapat langsung mengakses intrernet dan mendapatkan informasi yang diinginkan dari berbagai negara dengan sangat cepat.

Strategi Studi Kepustakaan

Peneliti sebaiknya sudah menentukan lebih dahulu sumber informasi apa yang akan diperiksa. Urutan kegiatan secara efektif dapat dimulai dengan mecari informasi referensi yang bersifat umum sebelum menuju ke pancarian yang lebih khusus, untuk melakukan pencarian informasi diperlukan langkah-langkah berkut ini:

  • Mendaftar semua variable yang perlu diteliti.
  • Mencari setiap variable pada “subject encylopedia”.
  • Memilih deskripsi bahan-bahan yang diperlukan dari sumber-sumber yang tersedia.

Demikianlah pembahasan mengenai “Studi Kepustakaan” Pengertian & ( Tujuan – Peranan – Sumber – Strategi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:


No ratings yet.

Please rate this