“Sosial Asosiatif” Pengertian & ( Macam – Contoh – Bentuk )

Posted on

“Sosial Asosiatif” Pengertian & ( Macam – Contoh – Bentuk )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai sosial asosiatif yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, macam, contoh dan bentuk, agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Proses Sosial Asosiatif

Menurut para sosiolog terdapat dua jenis proses sosial yang terjadi sebagai akibat dari interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, biasanya akan menghasilkan dua jenis proses sosial, pertama proses sosial yang sifatnya asosiatif, kedua proses sosial yang sifatnya disosiatif.

Proses sosial asosiatif ialah hubungan positif yang terjadi dalam masyarakat, proses ini bersifat membangun serta mempererat atau memperkuat hubungan jalinan solodaritas dalam kelompok masyarakat untuk menjadi satu kesatuan yang lebih erat.

Macam-Macam Bentuk Proses Sosial Asosiatif

Proses sosial asosiatif terdiri dari beberapa bentuk, diantaranya ialah:

Kerja Sama (Cooperation)

Kerja sama yaitu suatu bentuk usaha bersama antara beberapa orang atau antar beberapa lembaga tertentu untuk mencapai suatu tujuan bersama. Adanya kepentingan dan tujuan yang sama akan menjadi dasar lahirnya kerja sama antara seseorang dan yang lainnya atau antara suatu kelompok dan kelompok lainnya. Kerja sama juga dapat didorong oleh adanya serangkaian kewajiban yang ditugaskan untuk dilaksanakan secara bersama.

Akomodasi (Accomodation)

Akomodasi yaitu suatu proses atau upaya yang dilakukan untuk meredakan konflik atau ketegangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Asimilasi (Accimilation)

Asimilasi yaitu suatu upaya untuk meningkatkan kesatuan tindakan, sikap dan proses-proses mental dengan memerhatikan kepentingan dan tujuan bersama. Asimilasi biasanya ditandai dengan adanya upaya untuk mengurangi perbedaan yang terjadi antara kelompok yang bertikai.

loading...

Adaptasi (Adaptation)

Adaptasi yaitu proses penyesuaian diri yang dilakukan oleh individu atau suatu kelompok yang sebelumnya mengalami konflik atau pertentangan dalam rangka mengurangi ketegangan akibat konflik yang terjadi.

"Sosial Asosiatif" Pengertian & ( Macam - Contoh - Bentuk )

Demikianlah pembahasan mengenai “Sosial Asosiatif” Pengertian & ( Macam – Contoh – Bentuk ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: