Sistem Pendukung Keputusan Beserta Komponen, Manfaat Dan Tujuannya Lengkap

Posted on

Sistem Pendukung Keputusan

Sistem Pendukung Keputusan Beserta Komponen, Manfaat Dan Tujuannya Lengkap– Sistem pendukung keputusan merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (knowledge management)) yang digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Hal ini juga dapat dianggap sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk pengambilan keputusan-isu spesifik semi-terstruktur.

Sistem Pendukung Keputusan Menurut Ahli

Menurut Moore and Chang, SPK dapat digambarkan sebagai sistem yang dapat mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan, orientasi perencanaan masa depan berorientasi keputusan, dan digunakan pada waktu yang tidak biasa.

  • Tahapan SPK:
  1. Definisi masalah
  2. Pengumpulan data atau elemen informasi yang relevan
  3. Pengolahan data menjadi informasi baik dalam bentuk laporan grafik maupun tulisan
  4. Menentukan alternatif-alternatif solusi (bisa dalam persentase)
  • Tujuan dari SPK:
  1. Membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur
  2. Mendukung manajer dalam mengambil keputusan suatu masalah
  3. Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi pengambilan keputusan

Dalam pengolahan, DSS bisa menggunakan bantuan sistem lain seperti Artificial Intelligence, Expert Systems, Fuzzy Logic, dll

Sistem Pendukung Keputusan
Sistem Pendukung Keputusan

Manfaat Sistem Pendukung Keputusan

SPK dapat memberikan berbagai manfaat dan keuntungan. Manfaat yang dapat diambil dari SPK adalah :

loading...
  1. SPK memperluas kemampuan pengambil keputusan dalam memproses data / informasi bagi pemakainya.
  2. SPK membantu pengambil keputusan untuk memecahkan masalah, terutama dalam berbagai isu yang sangat kompleks dan tidak terstruktur.
  3. SPK dapat menghasilkan solusi yang lebih cepat dan hasil yang lebih dapat diandalkan.
  4. Walaupun suatu SPK mungkin tidak dapat memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, tapi dia bisa menjadi stimulan bagi para pengambil keputusan dalam memahami masalah, karena mampu menghadirkan berbagai solusi alternatif.

Komponen Sistem Pendukung Keputusan

Secara umum, Sistem Pendukung Keputusan yang dikembangkan oleh tiga komponen utama, yaitu manajemen database, Basis Model dan Sistem Software / User Interface. Komponen SPK dapat digambarkan sebagai berikut.

  • Database Management

Adalah subsistem dari data yang terorganisir dalam database. Data adalah suatu sistem pendukung keputusan dapat berasal dari luar dan dalam lingkungan.

  • Model Base

Adalah model yang mewakili masalah dalam format kuantitatif (model matematika sebagai contoh) sebagai dasar simulasi atau pengambilan keputusan, termasuk tujuan permaslahan (tujuan), komponen terkait, keterbatasan yang ada (kendala), dan hal-hal terkait lainnya .

  • User Interfase / Pengelolaan Dialog

Kadang-kadang disebut sebagai subsistem dialog, penggabungan antara dua komponen sebelumnya, yaitu Manajemen Database dan Model Basis tergabung dalam tiga komponen (user interface), setelah sebelumnya menjabat dalam bentuk model komputer untuk memahami. Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan dan http://www.kajianpustaka.com/

Demikian Penjelasan TentangĀ Sistem Pendukung Keputusan Beserta Komponen, Manfaat Dan Tujuannya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€


No ratings yet.

Please rate this