“Seni Abstrak” Pengertian & ( Sejarah – Ciri )

Posted on

“Seni Abstrak” Pengertian & ( Sejarah – Ciri )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai seni abstrak yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, sejarah dan ciri, nah untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Seni Abstrak

Lukisan abstrak itu menunjuk kepada wujud yang tidak realis atau natural yang tidak menampilkan rupanya kita kenali sebagai rupa benda atau objek yang kita lihat dalam kenyataan sehari-hari.

Lukisan abstrak merupakan bentuk imajinasi seni yang di olah oleh seniman dalam mencari esensi bentuk objeknya sehingga bentuk dari wujudnya menjadi unik, yang mana bentuk dari lukisan abstrak itu sendiri tidak kita kenal sekalipun kita jumpai dalam alam nyata.

Sejarah Seni Abstrak

Secara historis, seni lukisan abstrak sangat terkait dengan gambar, peninggalan-peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada dinding-dinding gua untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari kehidupan mereka. Semua kebudayaan di dunia mengenal seni lukis, ini disebabkan kerana lukisan abstarak atau gambar sangat mudah dibuat, sebuah lukisan atau gambar boleh dibuat hanya dengan menggunakan materi yang sederhana seperti arang, kapur atau bahan lainnya. Salah satu teknik terkenal gambar prasejarah yang dilakukan orang-orang gua ialah dengan menempelkan tangan di dinding gua, lalu menyemburnya dengan kunyahan daun-daunan atau batu mineral berwarna.

Yang pada mulanya perkembangan seni lukis, sangat terkait dengan perkembangan peradaban manusia. Sistem bahasa, cara bertahan hidup “memulung, berburu dan memasang perangkap, bercocok-tanam” dan kepercayaan ialah hal-hal yang mempengaruhi perkembangan seni lukisan. Pengaruh ini terlihat dalam jenis objek, pencitraan dan narasi di dalamnya. Pada masa-masa ini, seni lukis memiliki kegunaan khusus, misalnya sebagai media pencatat. Saat-saat senggang pada masa prasejarah salah satunya diisi dengan menggambar dan melukis, cara komunikasi dengan menggunakan gambar pada akhirnya merangsang pembentukan sistem tulisan karena huruf sebenarnya berasal dari simbol-simbol gambar yang kemudian disederhanakan dan dibakukan.

Pada satu titik ada orang-orang tertentu dalam satu kelompok masyarakat prasejarah yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggambar dari pada mencari makanan seperti yang di galeri lukisan atau galeri lukisan abstrak. Mereka mulai mahir membuat gambar dan mulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu, bila sedemikian rupa akan nampak lebih menarik untuk dilihat dari pada biasanya.

Mereka mulai menemukan semacam cita rasa keindahan dalam kegiatannya dan terus melakukan hal itu sehingga mereka menjadi semakin ahli. Mereka ialah seniman-seniman yang pertama di muka bumi dan pada saat itulah kegiatan menggambar “di galeri lukisan atau galeri lukisan abstrak” dan melukis mulai condong menjadi kegiatan seni.

loading...

Ciri-Ciri Seni Abstrak

Salah satu ciri seni abstrak itu ialah yang mana bentuknya tidak pernaj kita kenali, bentuk abstrak tidak berhubungan dengan bentuk apa pun yang pernah kita lihat, namun bila diamati akan terlihat seperti sesuatu. Warna dan bentuk serta bahan tambahan lain dalam melukis abstrak ialah subjek lukisan abstrak untuk terlihat lebih unik. Dalam pembuatannya, lukisan abstrak cukup peka dalam komposisi warna dan lebih banyak menggunakan cat air.

Seni abstrak yang lebih banyak cairan juga umumnya diklasifikasikan dengan seni abstrak ialah abstraksi figuratif dan lukisan yang merupakan hal-hal yang tidak visual, seperti emosi, suara atau pengalaman spiritual. Abstraksi figuratif ialah abstraksi atau penyederhanaan realitas dimana bahagian terperinci dihilangkan dari objek dikenalihannya menyisahkan esensi atau beberapa derajat bentuk dikenali.

Demikianlah pembahasan mengenai “Seni Abstrak” Pengertian & ( Sejarah – Ciri ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: