√ Senam : Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap

Posted on

gurupendidikan.com – Sahabat gurupendidikan, pasti kita sudah tidak asing dengan istilah senam. Di sekolah, Senam Kesegaran Jasmani (salah satu jenis senam) pernah menjadi olahraga wajib yang dilakukan setiap jumat pagi. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas Pengertian senam, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya secara lengkap, tentu dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

Pengertian Senam

Senam (gymnastics) merupakan salah satu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Pengertian lain dari senam adalah suatu cabang olahraga latihan tubuh yang dibentuk dan dipilih secara sengaja, sadar dan terencana, serta disusun secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani, menjadikan keterampilan berkembang dan menanamkan nilai mental spiritual.

Pengertin Senam Menurut Para Ahli

  1. Mahendra (2000:14)
    Menurut Mahendra, pengertian senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motorability).
  2. Madijono (2010:1)
    Menurut Madijono senam adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik untuk memperoleh manfaat dalam tubuh.
  3. Sutrisno dan Khadafi (2010:60)
    Pengertian senam menurut Sutrisno dan Khadafi adalah setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.
  4. Margono (2009:19)
    Menurut Margono, pengertian senam adalah latihan gerakan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.
  5. Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)
    Menurut Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9), senam adalah suatu bentuk latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.
  6. Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)
    Mnurut H. Werner, senam adalah latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk mingkatkan daya tahan kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri.
  7. Muhajir (2006:71)
    Menurut Muhajir, pengertian senam adalah kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

Sejarah Senam

Senam atau Gymnastics (Inggris) dan gymnastiek (Belanda) merupakan istilah yang diserap dari bahasa Yunani “Gymnos” yang berarti telanjang (Wardani,2012). Di Yunani sendiri istilah gymanstics merupakan turunan kata dari gymnazein yang berarti berlatih atau melatih diri. Kegiatan berlatih atau melatih diri sangat diperlukan oleh pemuda Yunani kuno (sekitar tahun 1000SM – 476M) untuk menjadi warga negara yang baik sesuai cita-cita negara dan juga menjadikan penduduknya sebagai manusia harmonis.

Saat itu gymnos atau gymnastics memiliki pengertian yang luas yang tidak terbatas seperti saat ini. Kegiatan olahraga seperti gulat, atletik, dan bertinju merupakan bagian dari gymnastics kala itu. Namun seiring perkembangan zaman, pengertian gymnasic mulai menyempit dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Manfaat Senam

Senam merupakan aktivitas olahraga yang memiliki berbagai manfaat seperti:


  • Menghambat proses penuaan atau degeneratif
  • Orang yang melakukan senam secara teratur, akan mendapatkan kebugaran jasmani yang baik yang terdiri dari unsur kekuatan otot, kelenturan persendian, kelincahan gerak, keluwesan, cardiovascular fitness dan neuromuscular fitness.
  • Menurut Sutrisno dan Khafadi (2010:145), dengan melakukan senam seseorang akan memperoleh bentuk tubuh yang ideal, indah, bugar dan sehat.
  • Menurut Agus Mahendra, senam juga memiliki manfaat yang meliputi manfaat fisik, mental serta sosial
  • Manfaat senam lainnya yaitu terjadi keseimbangan antara osteoblast dan osteoclast
  • Orang yang melakukan senam, peredaran darah akan lancar dan meningkatkan jumlah volume darah.
  • Selain itu, melalui senam akan memberikan sumbangan yang sangat besar dari program senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini biasa terjadi karena kegiatan senam menyediakan banyak pengalaman dimana akan mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantu membentuk konsep yang positif.Jenis-jenis Senam

Jenis jenis Senam

Menurut Federation Internatinal de Gymnastique (FIG), senam dibagi menjadi 6 kelompok yaitu:

  1. Senam Artistik
    Senam artistik merupakan senam yang sering ada dalam perlombaan. Senam ini gerakannya disusun dari masing-masing alat dan telah ditetapkan sesuai dengan pertandingan yang berlaku. Contoh dari senam artistik adalah senam lantai, kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain-lain.
  2. Senam Ritmik Sportif
    Senam Ritmik Sportif merupakan senam yang didalamnya mengandung unsur irama musik yang dipadupadankan dengan alat senam ritmik seperti bola, pita, simpai, dll, sehingga menghasilkan pola gerak tubuh dan alat yang artistik
  3. Senam Akrobatik
    Senam akrobatik merupakan senam yang mengandalkan akrobatik dan tumbling. Sehingga geraknnya banyak mengandung salto dan pesenamnya harus mendarat di atas tangan dan di atas bahu pasangannya.
  4. Senam Trampolin
    Senam trampolin merupakan jenis senam yang dilakukan di atas trampolin yang awalnya dilakukan untuk membantu seseorang melakukan gerakan putaran akrobatik di udara yang indah. Karena latihannya yang menarik sehingga dijadikan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.
  5. Senam Umum
    Senam umum adalah semua jenis senam selain dari kelima senam diatas. Contoh senam umum adalah aerobik, senam pagi, senam kesegaran jasmani dll

Menurut Restianti (2010:10-24), terdapat beberapa jenis senam, antara lain:

  • Senam lantai: Seperti gerakan berguling, gerakan kayang, sikap lilin, gerakan guling lenting, gerakan berguling ke depan, dan gerakan berdiri tangan atau hands stand
  • Kuda-kuda lompat: seperti kuda-kuda pelana, gelang-gelang, palang sejajar, palang bertingkat, palang tunggal, balok keseimbangan.

Demikian artikel tentang Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap semoga dpat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Baca Juga

√ Senam : Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap
5 (100%) 7 votes