Satuan, Nilai, Pengertian Gravitasi Terlengkap

Posted on

Pengertian Gravitasi

Satuan, Nilai, Pengertian Gravitasi Terlengkap– Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel memiliki massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda langit yang mengorbit matahari setiap. Fisika modern menjelaskan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum Newton tentang gravitasi universal pendekatan sederhana cukup akurat dalam kebanyakan kasus.

Sebagai contoh, Bumi memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda di bumi. Gaya gravitasi juga obyek menarik di ruang angkasa, seperti bulan, meteor, dan benda langit lainnya, termasuk satelit buatan manusia.

Beberapa teori tidak dapat dibuktikan gravitasi lagi Gravitron timbul karena partikel di setiap atom.

Percepatan Gravitasi

Percepatan gravitasi dari suatu obyek di permukaan laut dikatakan setara dengan 1 g, yang didefinisikan memiliki nilai 9,80665 m / s2. Percepatan di tempat lain dari nilai ini harus dikoreksi sesuai dengan ketinggian dan juga pengaruh dari obyek massa yang besar di sekitarnya. Umumnya digunakan nilai 9,81 m / s2 untuk mudahnya.

  • Rumus umum

Nilai percepatan gravitasi diperoleh dari rumus umum dari gaya gravitasi antara dua benda (objek dan bumi), yaitu:

loading...

Rumus umum

di mana

  1. G adalah konstanta gravitasi
  2. M adalah massa bumi
  3. m adalah massa obyek
  4. r adalah jarak antara titik pusat massa bumi dengan titik pusat massa obyek
  • Pengukuran nilai g

Nilai G dapat diukur dengan berbagai metode. Bentuk paling sederhana seperti dengan menggunakan pegas atau konstanta pendulum terkenal konstanta. Dapat ditentukan dengan mengukur percepatan gravitasi di suatu tempat, yang umumnya berbeda dari tempat lain.

Di bidang fisika dari bumi juga dikenal sebagai metode gravitasi adalah metode mengukur percepatan perbedaan gravitasi di suatu tempat untuk memperkirakan isi dari tanah di bawah titik pengukuran. Dengan cara ini dapat diharapkan (bersama-sama dengan penggunaan metode fisik bumi lainnya) struktur dan unsur-unsur pembentuk lapisan tanah yang terdiri dari unsur-unsur yang memiliki kepadatan yang berbeda.

Tetapan Gravitasi

Konstanta gravitasi dilambangkan dengan huruf G, adalah konstanta empiris yang digunakan dalam menghitung gaya gravitasi antara dua benda. Konstan ini umumnya muncul dalam hukum Newton tentang gravitasi universal dan teori relativitas Einstein.

Ini konstan sering disebut masyarakat atau Newton konstan konstan gravitasi dan dilambangkan dengan G besar. G besar tidak sama dengan g kecil adalah medan gravitasi lokal, terutama di permukaan bumi.

 

Tetapan grafitasi G merupakan kunci hukum gravitasi universal Newton
Tetapan grafitasi G merupakan kunci hukum gravitasi universal Newton
  • Hukum dan tetapan

Menurut hukum gravitasi universal, gaya tarik (F) antara dua benda sebanding dengan massa tubuh (m1 dan m2), dan yang terbaik berbanding terbalik dengan kuadrat jarak r, (terbalik persegi hukum) antara dua:

Hukum Newton tentang gaya tarik menarik gravitasi1

G, adalah tetapan gravitasi.

Hukum Gravitasi Universal Newton

Hukum tarik-menarik di tarikan gravitasi fisika Newton berarti berbohong dekat satu sama lain. Di bidang fisika dari benda dengan massa m1 selalu memiliki daya tarik dengan objek lain (dengan m2 massa). Sebagai contoh, sebuah partikel dengan partikel lain akan selalu menarik satu sama lain. Contoh yang dikemukakan oleh Sir Isaac Newton di bidang mekanika klasik bahwa apa pun akan ditarik oleh atmosfer bumi, yang kemudian dikenal sebagai fenomena benda jatuh. Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/

Tarik gravitasi dinyatakan oleh Isaac Newton via Menulis dalam jurnal Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica pada 5 Juli 1687 dalam bentuk rumus berikut:

Hukum Newton tentang gaya tarik menarik gravitasi1

di mana:

  1. F adalah besarnya gaya gravitasi antara dua massa tersebut,
  2. G adalah konstante gravitasi,
  3. m1 adalah massa dari benda pertama
  4. m2 adalah massa dari benda kedua, dan
  5. r adalah jarak antara dua massa tersebut.

Teori ini kemudian dikembangkan lebih lanjut bahwa setiap benda langit saling menarik, dan ini mungkin menjelaskan mengapa bumi harus berputar mengelilingi matahari untuk mengimbangi bumi gravitasi tarik-sunset. Dengan menggunakan tarikan gravitasi dari fenomena ini juga, meteor dekat dengan Bumi dalam perjalanannya ke luar angkasa akan tertarik jatuh ke bumi.

Demikian Penjelasan Tentang Satuan, Nilai, Pengertian Gravitasi Terlengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀


No ratings yet.

Please rate this