Rangkuman Materi Jamur ( Fungi ) Beserta Penjelasannya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Jamur atau fungi merupakan kelompok organisme eukariot, kebanyakan multiseluler namun ada yang uniseluler dengan ciri khas yakni talusnya berupa benang-benang hifa yang membentuk miselium dan memperoleh makanan dengan cara menyerap zat organik secara langsung ( bersifat heterotrof ).

Materi Jamur ( Fungi )
Pada jamur ini tersebar luas di alam, kebanyakan hidup bebas di darat dan di air. bersama dengan bakteri dan protista, jamur saprofit berperan sebagai organisme pembusuk dan pengurai materi organik. Beberapa jenis merupakan parasit yang dapat menyebabkan penyakit serius pada manusia, hewan dan juga tumbuhan. Ada pula yang hidup bersama ( bersimbiosis ) dengan organisme lain.

Banyak jenis jamur yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan secara langsung atau untuk memproses bahan makanan dan digunakan dalam industri dan laboratorium. Untuk saat ini ditemukan tidak kurang dari 100.000 jenis jamur. Ilmu yang mempelajari jamur disebut dengan mikologi.

Rangkuman Jamur Atau Fungi

Berikut ini rangkuman materi jamur atau fungi, untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

  • Fungi
    Merupakan organisme eukariot, kebanyakan multiseluler, beberapa jensi uniseluler, tidak berklorofil, dinding selnya mengandung kitin dan glukan. Jamur bersifat heterotrof yaitu sebagai saprofit, parasit dan hidup bersimbiosis dengan organisme lain.
  • Jamur Multiseluler
    Jamur ini talusnya berupan benang-benag hifa yag membentuk miselium. Hifa ada yang bersekat dan ada yang tidak bersekat dengan satu atau banyak inti. Terdapat hifa makanan dan hifa reproduktif.
  • Jamur Berproduksi Secara Aseksual Dan Seksual
    Untuk reproduksi aseksual dengan pembelahan sel, fragmentasi, membentuk kuncup dan membentuk spora aseksual. Dan untuk reproduksi seksual dengan konjugasi hifa ( + ) dan hifa ( – ) membentuk zigot yang kemudian menghasilkan spora seksual.
  • Berdasarkan Struktur Alat Reproduksi Seksualnya
    Kingdom fungi diklasifikasikan menjadi 6 filum yaitu Chytridiomycota, Zygomycota, Glomeromycota, Ascomycota, Basidiomycota dan Deuteromycota. Deuteromycota merupakan kelompok jamur yang belum diketahui tingkat reproduksi seksualnya.
  • Mikoriza
    Dalam hal ini merupakan simbiosis jamur dengan akar tanaman tingkat tinggi. Terdapat dua jenis mikoriza yaitu endomikoriza dan ektomikoriza. Simbiosis itu bersifat saling menguntungkan karena jamur memperoleh makanan sedangkan tumbuhan dibantu penyerapan air dan unsur hara.
  • Lumut Kerak
    Merupakan simbiosis ganggang dengan jamur, jamur disebut mikobion yakni dari golongan Ascomycota dan Basidiomycota, sedangkan ganggang disebut fikobion yakni dari golongan Cyanobacteria atau Chlorophyta. Simbiosis pada lumut kerak bersifat saling menguntungkan.
  • Manfaat Jamur
    Dalam hal ini manfaat jamur ialah sebagai pengurai atau decomposer, sumber makanan, membantu pengolahan makanan, memproduksi bahan organik dan menghasilkan antibiotik. Untuk kerugian akibat jamur ialah dapat menyebabkan penyakit pada tumbuah, hewan dan manusia; menghasilkan racun; dan merusak berbagai peralatan, pakaian dan bahan pangan.

Demikianlah pembahasan mengenai Rangkuman Materi Jamur ( Fungi ) Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

loading...

No ratings yet.

Please rate this