Penjelasan Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas

Posted on

GuruPendidikan.Com – Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama. Adapun yang dimaksud dalam hal ini dengan gagasan utama ilah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan utama yang menyatakan hal-hal umum, yang merangkum seluruh gagasan yang ada dalam suatu paragraf-paragraf yang baik hanya mengandung satu gagasan utama.

Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mengandung gagasan penjelas. Adapun yang dimaksud dalam hali ini dengan gagasan penjelas ialah gagasan yang menjelaskan suatu gagasan utama. Penjelasannya itu dapat dalam bentuk perincian atau uraian-uraian. Contoh-contoh atau ilustras, kutipan-kutipan dan sebagainya. Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai kalimat utama dan kalimat penjelas lihat uraian contoh kalimat utama dan contoh kalimat penjelas dibawah ini.

Contoh Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas

Untuk lebih perhatikan paragraf-paragraf berikut ini

  • Dengan memasuki abad ke-21 sejumlah masalah kependudukan menhadang umat manusia secara “ tum pang tindih ”. sebagai contoh masalah lanjut usia ( lansia ) muncul pada saat pertambahan penduduk masih besar. Kemiskinan menjadi kian kasat mata di tengah rumitnya masalah ketenagakerjaan. Masalah kesahatan pun turut mewarnai lanskap kehidupan pada awal millennium ketiga terutama yang menyangkut kesehatan wanita dan anak-anak.

Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelasnya

Dalam paragraf tersebut menyampaikan gagasan tentang tumpang tindihnya masalah kepnedudukan yang dihadapi manusia. Gagasan itulah yang menjadi dasar pembahasan dalam peragraf tersebut, oleh karena itu gagasan itu disebut gagasan utama. Gagasan utama dinyatakan secara jelas dalam kalimat pertama. Dengan demikian kalimat pertama merupakan kalimat utama paragraf diatas. Adapun kalimat-kalimat dibawahnya merupakan kalimat penjelas.

loading...
  • Salah satu penyebab terjadinya sebuah unjuk rasa ialah adanya ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak menemukan pelampiasan atas ketidakpuasan yang mereka rasakan. Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar itu akhirnya menjadi amuk massa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme massa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin aksi mereka diperhatikan.

Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelasnya

Dalam paragraf menyatakan gagasan tentang penyebab terjadinya unjuk rasa yakni ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Gagasan itulah yang menjadi dasar dari pembahasan paragraf tersebut, gagasan itu ialah kalimat pertama. Dengan demikian kalimat pertama merupakan kalimat utama sedangkan kalimat-kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelasnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


No ratings yet.

Please rate this