Penjelasan Fungsi Batang Otak Dalam Biologi No ratings yet.

Posted on

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini batang otak ialah wilayah otak yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang. Pada batang otak ini terdiri dari otak tengah, medul oblongata dan pons.

Fungsi Batang Otak

Neuron motorik dan sensorik berjalan melalui sebuah batang otak yang sehingga memungkinkan untuk dapat meneruskan sinyal ke antara otak dan sumsum tulang belakang. Pada batang otak ini sebagai koordinat sinyal kontrol motorik yang dikirim dari otak ke tubuh.

Definisi Batang Otak

Batang otak ialah bagian bawah otak, yang berdekatan dan secara struktural berlanjut dengan sumsum tulang belakang. Segmen atas batang otak manusia, pons, mengandung serta saraf yang menghubungkan kedua bagian otak kecil. Pons tersebut ini memiliki fungsi yang penting dalam mengkoordinasikan gerakan yang melibatkan sisi kanandan kiri tubuh. Di bawah pons dan berlanjut dengan sumsum tulang belakang ialah medula yang mentransmisikan naik dan turun serat saraf antara sumsum tulang belakang dan otak.

Medula juga langsung mengontrol banyak kegiatan otot dan kelenjar tidak sadar, termasuk pernapasan, kontaksi jantung yang dilatasi arteri, air liur, muntah dan mungkin tertawa. Untuk inti dari beberapa saraf yang berasal di otak juga terletak di batang otak. Serabut saraf pada batang otak tidak mudah regenerasi, sehingga cedera dapat mengakibatkan kerugian fungsi yang permanen.

Pada batang otak ini juga mengontrol kehidupan yang mendukung fungsi otonom dari sistem saraf perifer.

Fungsi Batang Otak

Pada batang otak ini mengotrol beberapa fungsi penting dari tubuh termasuk:

loading...
  • Pernapasan
  • Tekanan darah
  • Pencernaan
  • Tingkat jantung
  • Kewaspadaan
  • Gairah
  • Fungsi otonom lainnya
  • Menyampaikan informasi antara saraf perifer dan sumsum tulang belakang ke atas bagian otak

Letak Batang Otak

Pada batang otak ini terletak dipersimpangan dari otak dan tulang belakang ini merupakan bagian anterior otak kecil.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Fungsi Batang Otak Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Please rate this