Penjelasan Dinoflagellata Beserta Ciri, Klasifikasi Dan Contohnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Dinoflagellata atau Pyrrophyta yang terdiri dari sekitar 1.100 jenis, terutama hidup di dalam air laut, walaupun beberapa jenis hidup di air tawar. Dinoflagellata merupakan ganggang uniseluler yang motil, dengan ciri utama terdapat celah dan alur di sebelah luar pembungkus yang melingkupi dinding sel.

Dinoflagellata Beserta Ciri, Klasifikasi Dan Contohnya
Yang masing-masing alur pada Dinoflagellata mengandung satu bulu cambuk. Beberapa jenis Dinoflagellata tidak memiliki dinding sel, namun kebanyakan memiliki dinding sel yang terbagi-bagi menjadi lempeng-lempeng selulosa polygonal yang saling bersambungan sangat rapat.

Ada beberapa jenis cangkangnya mengandung fosfor sehingga memendarkan cahaya di malam hari. Didalam sitoplasma terdapat plastid yang berisi pigmen klorofil dan pigmen cokelat kekuning-kuningan. Ganggang ini berkembang biak dengan pembelahan sel.

Ciri-Ciri Dinoflagellata

Berikut ini beberapa ciri-ciri Dinoflagellata yaitu:

  • Dinoflagellata bertatahkan dengan piring yang terbuat dari bahan seperti selulosa dan silica.
  • Sebagian dinoflagellata mengandung pigmen klorofil –a, klorofil-c dan karotenoid yang memungkinkan mereka untuk menjalani proses fotosintesis untuk menghasilkan energi.
  • Beberapa spesies dinoflagellata mengeluarkan racun ke dalam air, ledakan populasi organisme ini dapat menyebabkan daerah yang mereka tempati di laut untuk menerima warna merah dan umumnya disebut “ Red Tide ( pasang merah ) ”, selama pasang merah ikan kerang dan ikan lainnya dianggap beracun bagi manusia dan tidak boleh dikonsumsi.
  • Dinoflagellata dasarnya memiliki dua alat reproduksi, selama kondisi normal mereka mereproduksi seperti sel apapun dengan pembagian vegetatif. Ini berarti bahwa dinoflagellata baru putus dari dinoflagellatatua dan tumbuha menjadi organisme terpisah. Tetapi dibawah kondisi stress tertentu seperti dingin, kelaparan dan kekurangan cahaya mereka menjalani proses yang berbeda untuk mereproduksi.
  • Dinoflagellata akan bergabung bersama dalam proses yang disebut fusion, mereka akan tinggal bersama-sama melalui masa stress dalam keadaan semi-aktif. Sekali lagi kondisi yang menguntungkan mereka putus menjadi potongan-potongan kecil yang sebut kista dan tumbuh menjadi organisme baru berukuran penuh.

Klasifikasi Dinoflagellata

Karena dinoflagellata dapat dilihat baik sebagai seperti tanaman dan seperti hewan, klasifikasi mereka telah diperdebatkan dikalangan ahli botani zoolagi dan paleotologi. Yang paling banyak diterima skema klasifikasi ialah bahwa semua dinoflagellata ialah anggota kerajaa Protista divisi Dinophyta dan kelas Dinophyceae. Dinoflagellata kemudian diklasifikasikan ke dalam banyak ordo genus dan spesies berdasarjan karakteristik seperti perilaku makan, komposisi plat luar mereka anatomi dan fisiologi keseluruhan.

loading...

Contoh Dinoflagellata

Ada sekitar 4.500 spesies dinoflagellata, cotoh umum termasuk Pfiesteria piscicidia, Gonyaulax catanella dan Noctiluca scintillans.

  • Pfiesteria Piscicidia
    Merupakan spesies dinoflagellata banyak dijumpai di lepas pantai North Carolina. Para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa ia bertanggung jawab atas pembunuhan sejumlah besar ikan dengan mensekresi racun. Spesies ini memiliki strategi makan yang menarik. Hal ini diketahui memggunakan racun untuk membunuh ikan kemudian menunggu untuk mengkonsumsi jaringan yang sloughs dari organisme yang membusuk. Hal ini membuat salah satu spesies heterotrofik dari beberapa dinoflagellata.
  • Gonyaulax Catanella
    Merupakan dinoflagellata yang berputar sangat ketika mereka bergerak dengan menggunakan dua flagella mereka. Mereka juga salah satu yang terkenal spesies bercahaya dari dinoflagellata karena mereka mengeluarkan cahaya biru-hijau di perairan yang mereka huni.
  • Noctiluca Scintillans
    Merupakan spesies dinoflagellata heterotrofik yang memakan plankton yang ditemukan dimuara dan daearah dangkal dari landas kontinen. Spesies ini sering disebut sebagai kilauan laut karena menunjukkan bioluminesensi dan menjadi sangat terang ketika terganggu dalam air.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Dinoflagellata Beserta Ciri, Klasifikasi Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


No ratings yet.

Please rate this