Penjelasan Bentuk-Bentuk Air Permukaan

Posted on

GuruPendidikan.Com – Ada beberapa bentuk air permukaan yang ada di bumi ini diantaranya ialah sungai, danau, rawa dan laut. Air permukaan merupakan air yang terkumpul di atas tanah atau di mata air, sungai danau, lahan basah atau laut. Air permukaan berhubungan dengan air bawah tanah atau air atmosfer.

Siklus Air Permukaan

Air permukaan secara alami terisi melalui presipitasi dan secara alami berkurang melalui penguapan dan rembesan ke bawah permukaan sehingga menjadi air bawah tanah. Meskipun ada sumber lainnya untuk air bawah tanah yakni air jebak dan air magma, presipitasi merupakan faktor utama dan air bawah tanah yang berasal dari proses ini disebut air meteor. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

  • Perairan Darat
    Perairan darat ialah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai dan lain sebagainya.
  • Perairan Laut
    Perairan laut ialah permukaan yang berada di lautan luas. Contohnya seperti air laut yang berada di laut.

Pengertian Sungai

Sungai ialah air tawar yang memiliki aliran dimana sumbernya ada di daratan yang bermuara ke laut, danau maupun sungai yang lebih besar.

Air hujan, mata air maupun cairan gletser akan mengalir melalui sebuah saluran menuju tempat yang lebih rendah. Mula-mula saluran yang dilalui ini relative sempit dan pendek. Tetapi secara proses alamiah aliran ini mengikis daerah-daerah yang di laluinya. Akibatnya saluran ini semakin lama semakin lebar serta panjang dan terbentuklah sungai.

loading...

Pengertian Danau

Danau ialah cekungan-cekungan yang ada di permukaan bumi, baik itu akibat proses tektonik, vulkanik atau proses lain yang membuat adanya cekungan lama kelamaan akan terisi oleh air sungai yang mengalir dan bermuara di cekungan tersebut.

Danau sangat penting keberadaannya bagi kehidupan khususnya manusia antara lain sebagai cadangan air untuk kepentingan perairan ( irigasi ), air minum sebagai sumber pembangkit tenaga listrik, sebagai sarana olahraga dab rekreasi sebagai pengatur air untuk mencegah banjir dan sebagai tempat untuk kegiatan perikanan ( tambak udang dan ikan ) serta manfaat lainnya.

Danau ialah suatu badan air yang dikelilingi oleh tanah. Ada jutaan danau di dunia. Mereka ditemukan di setiap benua dan di setiap jenis lingkungan dalam pegunungan dan gurun dan di dataran. Danau sangat bervariasi dalam ukuran, beberapa ukuran hanya beberapa meter persegi dan cukup kecil untuk dimuat di halaman belakang anda. Danau kecil tersebut sering disebut sebagai kolam. Danau lainnya ialah begitu besar bahwa mereka disebut laut. Laut kaspias di Eropa dan Asia ialah danau terbesar di dunia dengan memiliki luas dari 370.000 kilometer persegi ( 143.000 mil persegi ).

Danau juga bervariasi kedalamannya, danau terdalam di dunia ialah danau Baikal di Rusia dasarnya hampir 2 kilometer ( lebih dari 1 mil ) dibawah permukaan. Danau lain begitu dangkal dan seseorang dapat dengan mudah untuk menyeberang di antara mereka.

Danau ada di banyak berbagai ketinggian. Salah satu yang bertinggi ialah Danau Titicaca di pegunungan Andes antara Boliyia dan peru. Ini adalah sekitar 3810 meter ( 12.500 kaki ) diatas permukaan laut. Danau terendah ialah Laut Mati antara Israel dan Yordania. Ini lebih dari 395 meter ( 1.300 kaki ) dibawah permukaan laut Air di danau berasal dari hujan, salju, es mencair, sungai dan air tanah rembesan. Kebanyak danau berisi air tawar.

Pengertian Rawa

Rawa ialah daerah yang selalu tergenang air dan memiliki kadar air yang relative tinggi. Air di rawa terlihat kotor karena tempat itu mengandung bahan organik yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang mati. Akibatnya air yang menggenang menyebabkan tanah menjadi asam.

Sebuah rawa merupakan daerah lahan secara permanen jenuh atau diisi dengan air. Banyak rawa bahkan tertutup oleh air ada dua jenis utama dari rawa yaitu

  • Rawa air tawar
  • Dan Rawa-rawa air asin.

Rawa yang didominasi oleh pohon-pohon, mereka sering disebut untuk jenis pohon yang tumbuh di dalamnya seperti rawa cemara atau rawa kayu. Rawa air tawar biasanya ditemukan didaratan sedangkan rawa air asin biasanya ditemukan di sepanjang daerah pesisir. Rawa merupakan daerah transisi mereka tidak benar-benar tanah atau benar-benar air.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Bentuk-Bentuk Air Permukaan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


No ratings yet.

Please rate this