Pengertian, Macam, dan Tujuan Kebijakan Publik Beserta 5 Cirinya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian, Macam, dan Tujuan Kebijakan Publik Beserta 5 Cirinya Secara Lengkap – kita hidup di suatu negara demokrasi yang mana dalam mengambil suatu keputusan harus berfikir demi kepentingan bersama, oleh karena itu pemerintah membuat suatu peraturan atau tindakan disusun untuk kepentingan umum atau masyarakat (publik).

Pengertian, Macam, Dan Tujuan Kebijakan Publik Beserta 5 Cirinya Secara Lengkap

Pengertian Kebijakan Publik

Kebijakan Publik merupakan sebuah proses perbuatan suatu kebijakan oleh pemerintah atau pemegang kekuasaan yang menimbulkan dampak kepada masyarakat luas. Sedangkan apabila diuraikan secara terpisah atau secara etimologi, kata Kebijakan (policy) yaitu berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata polis yang artinya negara, kota. Sedangkan dalam bahasa latin dari kata politia yaitu negara, dan dalam bahasa Inggris policie untuk menunjuk pada sebuah permasalahan yang berhubungan dengan suatu permasalahan Publik dan Administrasi pemerintahan.

Refrensi Materi lainnya Yang Wajib Anda Ketahui :

Ciri-Ciri Kebijakan Publik

Agar dapat mengetahui suatu kebijakan-kebijakan yang sifanya publik, anda bisa mengacu pada sebuah karakteristik atau ciri-ciri kebijakan publik yang ada dibawah berikut ini :

loading...
  • Ciri-ciri kebijakan Publik yakni sebuah arahan dalam suatu tindakan dari seseorang, kelompok maupun pemerintah.
  • Kebijakan Publik ini dilaksanakan oleh seorang aktor
  • Ciri yang ketiga yaitu sesuatu yang dilaksanakan atau tidak dilaksanakan oleh pemerintah
  • Ciri yang ke empat yakni sesuatu bentuk konkret negara dengan rakyatnya sendiri
  • Dan ciri yang terakhir yaitu sebuah rangkaian suatu instruksi/memerintah contohnya Undang Undang

Macam-Macam Kebijakan Publik

1. Kebijakan publik yang dilihat dari pembuatnya.

  • Pusat: Pada kebijakan ini dibuat oleh suatu pemerintah atau lembaga negara yang berada di pusat untuk mengatur semua warga negara dan seluruh wilayah Indonesia.
  • Daerah: Pada Kebijakan ini dibuat oleh pemerintah atau suatu lembaga Daerah untuk mengatur suatu daerahnya masing-masing.

2. Kebijakan publik menurut Sifatnya

  • Bersifat Distributif: Pada Kebijakan yang satu ini yang sifatnya distributif dalam Membagi dan mengalokasikan sebuah sumber-sumber material yang sudah didapatkan lalu dibagikan kepada masyarakat luas. Contohnya: pada Kebijakan pemerintah dalam memberi kartu sehat kepada penduduk kurang mampu.
  • Bersifat Ekstraktif: kebijakan yang satu ini yaitu artinya berupa dalam sebuah penyerapan suatu sumber-simber material dari masyarakat luas. Contohnya :Pada kebiajakan pada bea cukai tembakau.
  • Bersifat regulatif: Pada kebijakan yang satu ini yaitu suatu Kebijakan yang berisikan sejumlah suatu peraturan dan kewajiban yang harus dipatuhi oleh warga negara maupun penyelenggara untuk menciptakan suatu ketertiban,kelancaran. Contohnya :Pada kebijakan dalam menetapkan suatu UMR

Tujuan Kebijakan Publik

  • Untuk menciptakan sebuah ketertiban dalam lingkungan masyarakat
  • Untuk melindungi suatu hak-hak pada masyarakat
  • Untuk menciptkan sebuah ketenteraman dan kedamaian dalam lingkungan masyarakat.
  • Untuk mewujudkan sebuah kesejahteraan pada masyarakat.

Didalam sebuah negara yang sejahtera akan dilandas dalam membuat sebuah kebijakan-kebijakan akan di musyawarahkan kepada orang-orang yang terlibat dalam negara tidak terkecuali rakyatnya.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Macam, dan Tujuan Kebijakan Publik Beserta 5 Cirinya Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


No ratings yet.

Please rate this