Pengertian, Fungsi, Dan Jenis-Jenis Pranata Sosial Beserta Cirinya Lengkap

Posted on

Pengertian, Fungsi, Dan Jenis-Jenis Pranata Sosial Beserta Cirinya Lengkap – Selamat datang di gurupendidikan.com pada kesempatan sebelumnya sudah membahas tentang pranata ekonomi, pranata keluargapranata ekonomi , pranata pendidikan dan pranata politik. Pada kesempatan kali ini disini akan membahas tentang pengertian pranata sosial, Ciri pranata sosial, fungsi pranata sosial, dan jenis pranata sosial secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pranata-sosial

Pengertian Pranata Sosial

Pranata sosial bisa diartikan sebagai sebuah sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada kegiatan-kegiatan untuk memenuhi kompleks-kompleks khusus dalam kehidupan masyarakat. Pranata sosial adalah suatu kebutuhan sosial. Di dalam pranata sosial terdapat seperangkat aturan yang berpedoman pada kebudayaan. Oleh karena itu pranata sosial sifatnya abstrakk karena merupakan seperangkat aturan.

Wujud dari pranata sosial yaitu lembaga (institute). Walaupun demikian, pranata dan lembaga mempunyai makna yang berbeda. Pranata adalah sistem norma atau aturan-aturan yang mengenai suatu kegiatan masyarakat yang khusus, sedangkan lembaga atau institute yaitu badan atau organisasi yang melaksanakan aktivitas itu.

Fungsi pranata sosial

Didalam asyarakat memerlukan pranata sosial, karena pranata sosial mempunyai fungsi yaitu sebagai berikut :

loading...
  • Berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakat.
  • Berfungsi untuk memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan suatu sistem pengendalian sosial (social control). Artinya sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya.
  • Berfungsi untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapai suatu masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan-kebutuhan.

Ciri-ciri pranata sosial

Ciri-ciri pranata sosial antara lain :

  • Mempunyai suatu tingkat kekekalan tertentu
  • Mempunyai satu atau beberapa tujuan
  • Mempunyai suatu tradisi tertulis ataupun tidak tertulis
  • Mempunyai sebuah lambang-lambang sebagai ciri khasnya
  • Mempunyai alat-alat perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan
  • Merupakan sebuah sistem pola-pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui aktivits kemasyarakatan

Jenis-Jenis Pranata Sosial

Dalam kehidupan masyarakat, terdapat lima jenis pranata sosial, yaitu sebagai berikut :

  • Pranata keluarga, yaitu suatu sistem nilai atau aturan-aturan yang mengatur aktivitas-aktivitas anggota keluarga di lingkungannya. Pranata keluarga ialah suatu bagian dari pranata sosial yang wilayah berlakunya meliputi sebuah lingkungan keluarga dan kerabat.
  • Pranata Agama yaitu sebuah pranata yang memiliki andil penting dalam menuntun serta mengatur jalan hidup manusia. Agama yaitu sebuah kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa, sisitem budaya, serta pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan dari kehidupan dengan berbagai ajaran, larangan, anjuran dan kewajiban yang mengikat bagi umatnya.
  • Pranata pendidikan, Kata pendidikan berasal dari bahasa Latin, Educare yang berarti keluar. Pendidikan yaitu suatu proses membimbing manusia dari kegelapan menuju kecerdasan pengetahuan dari tidak tahu menjadi tahu. Pendidikan adalah suatu proses yang terjadi karena proses interaksi berbagai faktor yang menghasilkan penyadaran diri dan penyadaran lingkungan sehingga menampilkan rasa percaya akan lingkungan.
  • Pranata ekonomi yaitu suatu sistem norma atau kaidah yang mengatur tingkah laku individu dalam masyarakat guna memenuhi kebutuhan barang dan jasa.
  • Pranata politik yaitu suatu peraturan-peraturan untuk memelihara tata tertib, untuk mendamaikan pertentangan-pertentangan, dan untuk memilih pemimpin yang berwibawa. Pranata politik merupakan perangkat norma dan status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan dan wewenang. Dengan demikian pranata politik akan meliputi eksekutif, legislatif, yudikatif, militer dan partai politik.

Itulah ulasan tentang  Pengertian, Fungsi, Dan Jenis-Jenis Pranata Sosial Beserta Cirinya Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :


No ratings yet.

Please rate this