Pengertian Federasi Dan Konfederasi Serta Perbedaannya

Posted on

Pengertian Federasi Dan Konfederasi

Pengertian Federasi Dan Konfederasi Serta Perbedaannya– Federasi, dari bahasa Belanda, federasi berasal dari bahasa Latin; foeduratio yang berarti “kesepakatan”. Federasi pertama adalah makna “perjanjian” dari Kekaisaran Romawi dengan suku Jerman yang menetap di provinsi Belgia, kira-kira pada abad ke-4 Masehi. Pada saat itu, mereka berjanji untuk tidak melawan satu sama lain, tetapi untuk pekerjaan yang sama.

Dalam pengertian modern, federasi adalah bentuk pemerintahan di mana beberapa negara untuk bekerja sama dan membentuk satu kesatuan yang disebut negara federal. Setiap negara memiliki beberapa otonomi khusus dan pemerintah pusat mengatur beberapa hal yang dianggap nasional.

Dalam sebuah federasi setiap negara biasanya memiliki otonomi yang tinggi dan dapat mengelola cukup bebas. Hal ini berbeda dari negara kesatuan, di mana biasanya hanya ada provinsi saja. Keuntungan dari negara kesatuan, adalah kurangnya keseragaman di antara semua provinsi.

Federasi mungkin multi-etnis, atau melingkup wilayah yang luas dari suatu daerah, meskipun mereka bukan suatu keharusan. Federasi biasanya ditemukan dalam perjanjian awal antara ‘berdaulat’ beberapa negara. Bentuk pemerintahan atau struktur konstitusional ditemukan dalam federasi dikenal sebagai federalisme.

Negara Federasi dan konfederasi
Negara Federasi dan konfederasi

Pengertian Konfederasi

Konfederasi adalah bentuk persatuan antara negara-negara merdeka oleh perjanjian atau hukum sebagai berbagai kebijakan bersama-sama.

Bentuk konfederasi tidak diakui sebagai negara berdaulat terpisah dalam hukum internasional, karena masing-masing negara yang membentuk konfederasi masih memiliki berdiri internasional sebagai negara yang berdaulat. Contoh lain dari konfederasi antara PBB dan ASEAN.

Perbedaan Federasi Dan Konfederasi

  • Federasi (Bondstaat), yakni adanya sebuah negara besar yang berfungsi sebagai negara pusat dengan konstitusi federal di mana ada sejumlah negara, masing-masing memiliki konstitusi sendiri. Konstitusi federal adalah untuk mengatur batas-batas kewenangan pusat (federal), sedangkan sisanya dianggap sebagai milik daerah (negara).
  • Konfederasi (Statenbond), yaitu adanya banyak negara, dengan konstitusi sendiri, tetapi setuju untuk bergabung dengan asosiasi longgar didirikan bersama-sama dengan nama konfederasi. Dalam kedaulatan konfederasi terletak di negara bagian.

Keputusan pemerintah federal untuk mengikat warga negara, tetapi tidak keputusan pemerintah konfederasi. Membentuk konfederasi negara adalah kombinasi antara negara-negara yang memiliki kedaulatan dengan hanya satu perangkat yang dimiliki, yaitu kongres.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Federasi Dan Konfederasi Serta Perbedaannya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀