Pengertian Data Menurut Para Ahli, Beserta Jenis, Fungsi dan Contoh Data Lengkap

Posted on

gurupendidikan.comSahabat gurupendidikan, dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita mendengar istilah data. Bahkan mungkin sering kita berbicara kepada kawan kita mana datanya, semua harus berdasar data dan fakta dll. Lalu apa sih yang dimaksud dengan data? Berikut uraian lengkap mengenai Pengertian Data Menurut Para Ahli Serta Jenis, Fungsi dan Contoh Data Lengkap

Pengertian Data

Menurut bahasa, data merupakan bentuk jamak dari kata datum (bahasa latin) yang berarti sesuatu yang diberikan. Menurut istilah, pengertian data adalah kumpulan informasi atau keterangn-keterangan yang diperoleh dari pengamatan, informasi itu bisa berupa angka, lambang atau sifat.

Dalam kehidupan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Artinya data yang diperoleh dari berbagai sumbernya masih menjadi sebuah anggapan atau fakta karena memang belum diolah lebih lanjut. Setelah diolah melaui suatu penelitian atau percobaan maka data dapat berupbah menjadi bentuk yang lebih kompleks misal database, informasi atau bahkan solusi pada masalah tertentu.

Data yang telah diolah akan berubah menjadi sebuah nformasi yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Maka dalam hal ini data dapat dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya.Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

Bagi karyawan perusahaan, data bisa berupa jam kerja. Data ini kemudian akan diproses dan diubah menjadi sebuah informasi. Jika jam kerja karyawan dikalikan dengan nilai perjam maka akan mengahsilkan nilai tertentu.Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian dijumlahkan, akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus dibayar oleh perusahaan. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik perusahaan. Informasi merupakan hasil proses dari data yang ada, atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti. Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Slamet Riyadi

Menurut Slamet Riyadi data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atu lambang-lambang.

Kuswadi dan E.Mutiara

Data menurut Kuswadi dan E.Mutiara adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan dapat berupa angka, lambnag atau sifat

Kristanto

Menurut Kristanto, Data merupakan suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastia n tentang suatu keadaan dan kejadian.

Zulkifli A.M

Pengertian data menurut Zulkifli A.M adalah suatu keterangan, bukti atau fakta tentang suatu kenyataan yang masih mentah (original) yang belum diolah.

Nuzulla Agustina

Definisi data menurut Nuzulla Agustina adalah keterangan mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik tabel, gambar, lambang, kata, huruf, yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

Arikunto

Menurut Arikunto, data didefinisikan sebagai semua fakta dan angka-angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun sebuah informasi.

Lia Kuswayatno

Menurut Lia Kuswayatno, data adalah sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Supriyanto dan Ahmad Muhsin

Menurutnya data adalah bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuntitas, fakta, tindakan benda dsb.

Anhar

Anhar mendefinisikan data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap.

Jenis Jenis Data

Data dibagi dalam beberapa jenis yaitu:

Data menurut sumbernya, data menurut sumbernya dibagi lagi dalam dua jenis:


  • Data Primer, yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan oeh orang yang melakukan penelitian atau yang bersangkutan yang memerlukannya. Data primer disebut juga dengan data asli atau data baru.
  • Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan dari sumber-sumber yang telah ada. Data sekunder biasanya diperoleh dari perpustakaan atau laporan atau dokumern yang dilakukan peneliti yang terdahulu. Data sekunder disebut juga data tersedia.

Data menurut sifatnya, data menurut sifatnya terbagi menjadi 2:

  • Data kuantitatif, data kuantitatif merupakan data yang berbentuk bilangan atau dat kualitatif yang diangkakan
    contoh: tinggi, umur, jumlah, skor hasil belajar, temperatur, dll.
  • Data menurut waktu pengumpulannya, data menurut waktu pengumpulannya adalah data yang terkumpul dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan. contoh: data penjualan susu selama 10 bulan terakir yang dikumpulkan setiap bulan.

Data cross section,

Data Cross Section adalah data yang terkumpul pada suatu waktu terentu untuk memberikan gambaran perkembangan keadaan atau kegiatan pada waktu itu.

Contoh:

  • Data sensus penduduk tahun 2016
  • Data hasil UN siswa SMA tahun 2016, dsb.

Fungsi Data

Data memiliki beberapa fungsi diantaranya :

  • Untuk membuat keputusan,
  • Sebagai dasar suatu perencanaan,
  • Sebagai alat pengendali terhadap pelaksanaan atau implementasi suatu aktivitas, dan
  • Sebagai dasar evaluasi terhadap suatu kegiatan.

Metode Pengumpulan Data

Dalam penelitian, teknik pengumpulan data merupakan faktor penting demi keberhasilan penelitian. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara mengumpulkan data, siapa sumbernya, dan apa alat yang digunakan.

Demikian ulasan tentang Pengertian Data Menurut Para Ahli, Beserta Jenis, Fungsi dan Contoh Data Lengkap semoga dapat menambah wawasan.

Baca Juga:

Pengertian Data Menurut Para Ahli, Beserta Jenis, Fungsi dan Contoh Data Lengkap
5 (100%) 7 votes