Narasi
Narasi

Pengertian Dan Pola Narasi Terlengkap No ratings yet.

Posted on

Pengertian Narasi

Pengertian Dan Pola Narasi Terlengkap –  Narasi secara sederhana diartikan ialah sebagai paragraf yang berisi tentang cerita ataupun kejadian. Dalam suatu Narasi terdapat pola-pola dalam pengembangan suatu paragraf narasi.

Narasi
Narasi

Paragraf Narasi ialah paragraf yang menjelaskan atau menguraikan suatu peristiwa ataupun kejadian berdasarkan dengan urutan waktu. Dalam paragraf Narasi tersebut terdapat karakteristik dari narasi ialah sebagai berikut :

  1. ada tokohnya
  2. ada latarnya ( ruang dan juga waktu),
  3. ada urutan kejadiannya.

Untuk dapat mengetahui lebih jelas mengenai Narasi tersebut ada baiknya anda melihat contohnya seperti yang ada dibawah ini.

Contoh :

Pada saat itu, aku sedang bersiap-siap untuk ke sekolah. Tiba-tiba “Berita Pagi” ditelevisi menayangkan sebuah berita terjadinya suatu kebakaran hebat. Peristiwa tersebut terjadi diperumahan dekat sekolahku. Sekitar pukul satu dinihari (01.00).

Aku sangat terkejut dengan adanya berita tersebut mengingat di daerah tersebut banyak terdapat rumah teman-temanku. Dalam hatiku, aku berharap semoga tidak ada satu pun temanku yang menjadi korban kebakaran tersebut. Setelah menyaksikan berita tersebut , aku pun bergegas yuntuk menuju ke sekolah. Dan  ternyata, harapanku itu kandas. Ada 4(empat) orang temanku yang rumahnya musnah dimangsa si jago merah tersebut.

Analisis pada Unsur-unsur dalam paragraf narasi seperti contoh diatas

loading...

1. Tokoh : Aku

2. Latar

  • Waktu : Pukul satu dini hari
  • Tempat : di perumahan dekat lingkungan sekolah si aku

3. Urutan kejadian :

  1. Aku sedang bersiap-siap untuk ke sekolah
  2. ditelevisi menayangkan sebuah berita terjadinya suatu kebakaran hebat
  3. Peristiwa tersebut terjadi diperumahan dekat sekolahku
  4. 4(empat) orang temanku yang rumahnya musnah

Pola Narasi

pola-pola pengembangan narasi tersebut dibagi dalam urutan waktu dan juga urutan tempat ialah sebagai berikut :

  1. urutan waktu disebut dengan pola kronologis.
  2. urutan tempat disebut dengan pola spasial.

Kedua pola tersebut ialah cara-cara dalam mengembangkan suatu narasi, Untuk dapat mengetahui penjelasan megenai kedua pola-pola dalam pengembangan narasi silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Pola-Pola Pengembangan Narasi

  • Urutan Waktu disebut dengan Pola kronologi. Dalam pola tersebut , kejadian-kejadian yang diceritakan itu disampaikan dengan urutan waktu, contoh misalnya ialah “dari pagi hingga pagi lagi”, “dari zaman dulu sampai zaman sekarang”, “dari permulaan hingga selesai”, dan lain sebagainya.

  • Urutan ruang disebut dengan pola spesial. Dalam pola tersebut , kejadian-kejadian dalam paragraf itu disusun dengan mengikuti bagian-bagian dari suatu tempat contoh misalnya, “dari barat ke timur”, “dari pinggir ke tengah”, “dari dalam ke bagian luar”, dan lain sebagainya.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Dan Pola Narasi Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

Please rate this