Pengertian Dan Kebebasan Liberalisme Menurut Paham Para Ahli

Posted on

Pengertian Libertalisme

Pengertian Dan Kebebasan Liberalisme Menurut Paham Para Ahli – Pengertian Liberalisme ialah faham yang menghendaki adanya suatu kebebasan kemerdekaan individu dalam segala bidang, baik itu dalam bidang politik, ekonomi ataupun juga agama. Liberalisme ialah suatu ideologi dan juga suatu pandangan falsafat dan juga tradisi politik yang mendasar kepada kebebasan dan juga suatu kesamaan hak.

Pengertian Liberalisme
Pengertian Liberalisme

Pada dasarnya liberalisme tersebut mencita-citakan suatu masyarakat untuk dapat bebas dengan kebebasan berfikir (berpendapat) pada setiap individu dengan cara menolak adanya suatu pembatasan bagi pemerintah dan juga agama, hal ini ialah paham dari pengertian “liberalisme”. Paham liberalisme tersebut berasal dari kata spanyol yakni “liberales”, liberales tersebut adalah nama suatu partai politik yang pada abad ke-20 mulai  berkembang , yang mana pada waktu tersebut mempunyai suatu tujuan yakni demi memperjuangkan suatu pemerintah yang berdasarkan kepada konstitusi.

Menurut Paham tersebutlah titik pusat didalam hidup ini ialah individu. Disebabkan karena ada individu, maka masyarakat tersebut dapat tersusun, dan juga disebabkan karena ada individu juga suatu negara dapat terbentuk. Oleh Sebab itulah masyarakat ataupun negara tersebut harus selalu menghormati dan juga harus melindungi kebebasan kemerdekaan individu. Setiap Individu tersebut harus mempunyai kebebasan dan juga kemerdekaan didalam bidang politik, ekonomi dan juga agama.

Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi Demokrasi Menurut Para Ahli

Kebebasan- Kebebasan Dalam Paham Liberalisme

  • Didalam Bidang Politik
    Dengan terbentuknya suatu negara tersebut ialah kehendak dari tiap individu-individu . oleh karena itu yang berhak untuk mengatur atau menentukan semuanya ialah individu itu sendiri. Dalam arti lain kekuasaan tertinggi (kedaulatan) ialah  dalam suatu negara tersebut berada pada tangan rakyat (demokrasi). Agar supaya kebebasan ataupun kemerdekaan individu tersebut tetap dapat di hormati dan juga dijamin, maka harus disusun dan juga dibentuk Undang-Undang, Hukum, Parlemen dan lain sebagainya.

    loading...

    Demokrasi yang dikehendaki dalam golongan liberal tersebut kemudian dikenal ialah sebagai Demokrasi Liberal. Dalam demokrasi liberal tersebut golongan yang kuat akan selalu dapat memperoleh kemenangan, sedangkan pada golongan yang lemah akan selalu mendapat kalah. Meskipun hal demikian tersebut demokrasi itu dapat terbentuk hingga sekarang dan juga dapat berjalan dengan baik di dalam negara-negara Eropa Barat dan juga pada Amerika Serikat(AS).

  • Didalam Bidang Ekonomi
    Liberalisme tersebut menghendaki suatu adanya sistim ekonomi besar. Pada Tiap individu, harus mempunyai suatu kebebasan kemerdekaan didalam berusaha,dengan memilih mata pencarian yang diminati, dan lain sebagainya. Pemerintah tersebut jangan mencampuri masalah perekonomian, dikarenakan masalah tersebut ialah masalah dalam tiap individu. Semboyan Kaum Liberal tersebut yang terkenal berbunyi ialah :

     “Laisser faire, laisser passer, ie monde va de lui meme” yang berarti Produksi bebas, perdagangan bebas, dunia ini akan dapat berjalan sendiri.

    Dalam ekonomi liberal tersebut akan terjadi suatu persaingan hebat diantara individu yang satu dengan individu yang lainnya . Pengusaha yang dengan modal besar akan dapat mudah menelan pengusaha-pengusaha yang lebih kecil. Akibatnya ialah timbulnya perusahaan-perusahaan besar yang dapat menguasai perekonomian negara dan juga bahkan politik negara.

  • Didalam Bidang Agama
    Liberalisme tersebut menganggap suatu masalah agama ialah sebagai masalah tiap individu(pribadi). Tiap-tiap individu tersebut harus mempunyai suatu kebebasan kemerdekaan beragama. Oleh karena itulah Liberalisme menolak untuk ikut campur tangan negara (Pemerintah) didalam bidang agama tersebut.

    Kebebasan kemerdekaan beragama tersebut menurut pendapat liberalisme dapat diartikan ialah sebagai berikut :
    1.Bebas merdeka memilih agama yang disukai 
    2.Bebas merdeka menjalankan ibadah menurut agama yang dianutnya. 
    3.Bebas merdeka untuk tidak memilih menganut masalah satu agama. 

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Dan Kebebasan Liberalisme Menurut Paham Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂


No ratings yet.

Please rate this