Pengertian, Dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial Beserta Contohnya Lengkap No ratings yet.

Posted on

Pengertian, Dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial Beserta Contohnya Lengkap – Sebagai makhluk sosial, tentu saja manusia dituntut untuk selalu berhubungan dengan orang lain. Oleh sebab itu hubungan inilah, maka tingkah laku seorang sangat rentan untuk dipengaruhi oleh orang lain. Pengaruh itu dapat berasal dari keluarga, teman, dan masyarakat di lingkungan kita. Oleh sebab itu tingkah laku atau tindakan manusia tersebut disebut dengan tindakan sosial. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang tindakan sosial secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

tindakan-sosial

Pengertian Tindakan Sosial

Tindakan sosial ialah suatu perbuatan atau perilaku manusia untuk mencapai tujuan subjekif dirinya. Misalnya: sejak kecil manusia sudah melakukan suatu tindakan sosial, antara lain yaitu membagi makanan dengan temannya, dan memberi sesuatu kepada pengemis. Tindakan sosial manusia didapat melalui suatu proses belajar dan proses pengalaman dari orang lain. Bila tindakan sosial itu dianggap baik, maka manusia akan melakukan suatu tindakan yang sama. Bila tindakan sosial itu baik dan bermanfaat bagi orang lain, makin lama tindakan sosial tersebut bisa dianggap sebagai suatu kebisaaan yang harus dilakukan oleh seluruh anggota kelompok sosial

Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Tindakan sosial yang dilakukan oleh manusia bisa dibedakan ke dalam beberapa kategori,yakni sebagai berikut :

1. Tindakan sosial yang bersifat rasional

Tindakan sosial yang bersifat rasional yaitu suatu tindakan sosial yang dilakukan dengan pertimbangan dan pilihan secara sadar, meliputi suatu unsur yang sistematis dan teratur untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan.

Contoh tindakan sosial yang bersifat rasional

loading...

Pak Arif sebagai pelatih Basket di SMA 2 Bandar Lampung mengatur taktik permainan untuk memenangkan babak final kejuaraan Basket antar SMA se Provinsi Lampung

Contoh lainnya, untuk membantu pemahaman mengenai pelajaran yang tidak dapatdimengerti di sekolah, Ari bergabung dengan sebuah lembaga bimbingan belajar terkemuka yang ada di kotanya.

2. Tindakan sosial yang bersifat irasional

Tindakan sosial yang bersifat irasional ialah suatu tindakan sosial yang berorientasi pada suatu sistem nilai tertentu. Tindakan yang akan dilakukan yang sifatnya tiba-tiba tanpa memperhitungkan asas dan tujuan tindakan.

Contoh tindakan sosial yang bersifat irrasional

Menolong orang yang kecelakaan. Contoh lainnya yaitu memberi persembahan kepada jin penunggu tempat yang dikeramatkan.

3. Tindakan sosial yang bersifat tradisional

Tindakan sosial yang bersifat tradisional yaitu suatu tindakan sosial yang memakai pertimbangan tradisi yang sudah baku, sehingga tidak memperhitungkan proses sosial dan tujuannya.

Contoh tindakan sosial yang bersifat tradisional

Upacara Seba,yakni kebiasaan tradisional suku Badui saat mengadakan kunjungan ke kepala
kabupaten setempat. Contoh lain yaitu mencium tangan dan mengucapkan salam kepada orang tua saat akan pergi dari rumah.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya disini :

Please rate this