Pengertian, Dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya Lengkap – Haii para pengunjung setia bertemu lagi di gurupendidikan.com. Pada kesempatan sebelumnya sudah membahas tentang pasar monopolipasar monopolistik, dan pasar oligopali. Dan untuk kesempatan kali ini disini akan membahas tentang pengertian pasar persaingan sempurna, ciri-ciri pasar persaingan sempurna, contoh pasar persaingan sempurna, dan kelebihan dankekurangan pasar persaingan sempurna. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pasar-persaingan-sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna ialah suatu pasar dimana terdapat kekuatan dari permintaan bisa penawaran yang bisa secara bebas bergerak. Pasar persaingan sempurna adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak memiliki suatu kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar karena sudah ada sebuah ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna mempunyai ciri-ciri khusus, di antaranya yaitu sebagai berikut.

loading...
  • Terdapat banyak pembeli dan penjual, artinya masing-masing pihak, baik pembeli ataupun penjual tidak bisa mempengaruhi harga pasar.
  • Banyaknya barang yang diperdagangkan yang sifatnya homogen, artinya konsumen beranggapan bahwa barang-barang yang diperjua lbelikan mempunyai kualitas yang sama.
  • Informasi pasar lengkap, yang artinya antara pembeli dan penjual saling mengetahui tentang mutu, harga, tempat, dan waktu barang-barang yang diperdagangkan.
  • Harga ditentukan oleh sebuah mekanisme permintaan dan penawaran, yang artinya pembeli bebas mengambil suatu keputusan untuk membeli atau tidak terhadap barang, begitu juga penjual juga mempunyai kebebasan untuk menjual barang dan jasa.
  • Bebas dari campur tangan pemerintah, yang artinya pemerintah tidak turut campur tangan dalam menentukan harga di pasar.
  • Timbulnya suatu kekuatan tersendiri di dalam pasar, yang artinya tidak ada kekuatan luar, baik pemerintah maupun pihak lain yang bisa mempengaruhi sebuah keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli.

Contoh pasar persaingan sempurna diantaranya yaitu pasar hasil-hasil pertanian, pasar sayur, pasar kurma, pasar buah dan lain-lain.

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna juga mempunyai kelebihannya, yaitu sebagai berikut :

  • Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak suatu kegiatan saling menyaingi antar pembeli.
  • Penjual tidak mungkin mengadakan suatu persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalahialah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
  • Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami suatu penurunan harga.
  • Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya suatu homogenitas barang.
  • Sebuah informasi tentang pasar sudah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
  • Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun.

Kekurangan pasar persaingan sempurna

Selain memiliki beberapa kelebihannya, pasar persaingan sempurna memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut:

  • Tidak mendorong inovasi. Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi bisa dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain.
  • Membatasi pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan ialah seratus persen sama, sehingga membuat konsumen memiliki pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
  • Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :


No ratings yet.

Please rate this