Pengertian, Ciri, Dan Jenis Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Bryophyta) Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Dan Jenis Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Bryophyta) Beserta Contohnya Lengkap – Selamat beraktivitas untuk semuanya. Pada pembahasan sebelumnya sudah membahas tentang tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) secara lengkap dan pada kesempatan kali ini disini akan membahas tentang Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Bryophyta) secara lengkap oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

tumbuhan-tidak-berpembuluh

Pengertian Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Bryophyta)

Tumbuhan tidak berpembuluh adalah suatu tumbuhan yang tidak mempunyai pembuluh sehingga tidak mempunyai jaringan yang fungsinya mengangkut zat makanan, air, dan mineral. Pengangkutan tidak dilakukan oleh pembuluh, hanya melalui antarsel. Umumnya pada tumbuhan ini dikenal dengan nama lumut,

Lumut mepunyai dua macam fase pergiliran keturunan, yakni pada fase sporofit dan fase gametofit. Pada fase sporofit dihasilkan sebuah spora haploid (aseksual), sedangkan pada fase gametofit dihasilkan sebuah gamet jantan dan gamet betina (seksual).

Lumut mempunyai alat reproduksi berupa arkegonium (jamak: arkegonia) tempat sel telur dibentuk, dan anteridium (jamak: anteridia) tempat sperma dibentuk. Struktur arkegonia dan anteridia menjaga sel gamet tidak mengalami suatu kekeringan. Pada beberapa lumut, arkegonia dan anteridia berada di dalam tumbuhan yang sama (monoecious). Pada beberapa spesies lainnya, arkegonia dan anteridia berada pada individu yang berbeda (dioecious).

loading...

Pada semua lumut, sperma harus berenang untuk mencapai sel telur melalui sebuah lapisan air. Sel sperma bisa mencapai lokasi sel telur karena adanya penarik kimia. Lumut yang hidup di habitat kering harus menunggu jatuhnya hujan untuk menyalurkan gamet jantan hingga terjadi proses reproduksi.

Ciri-Ciri Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Bryophyta)

  • Mempunyai akar, batang, dan daun tetapi bukan akar, batang, dan daun sejati.
  • Akar yang disebut dengan rizhoid belum mempunyai berkas pembuluh
  • Memiliki rizoid yang fungsinya untuk menempelkan tubuh
  • Hidupnya di tempat yang lembab
  • Cara Berkembang biaknya dengan kawin atau tak kawin yang disebut dengan pergiliran keturunan
  • Menghasilkan sebuah sperma berflagel

Jenis-Jenis Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Bryophyta)

1. Lumut Hati ( Hepatophyta)

Divisi Hepatophyta atau lumut hati banyak ditemukan menempel di bebatuan, tanah, atau dinding tua yang lembap. Tubuh lumut hati mempunyai struktur mirip akar, batang, dan daun. Siklus hidup lumut hati mirip dengan lumut daun.

Perkembangbiakan pada lumut hati dilakukan dengan secara seksual dan aseksual. Secara seksual dengan membentuk sebuah anteridium dan arkegonium. Secara aseksual, lumut hati melakukan sebuah reproduksi dengan sel yang strukturnya menyerupai mangkuk berisi kumpulan tunas di permukaan gametofit. Struktur ini disebut dengan gemma cup. Contohnya : pada Marchantia polymorpha dan Porella.

2. Anthocerophyta (Lumut Daun)

Anthocerophyta mempunyai struktur tubuh mirip dengan tanduk sehingga dinamakan lumut tanduk. Anthocerophyta hanya mempunyai satu kloroplas di dalam tiap selnya. Oleh sebab itu, Anthocerophyta dianggap sebagai lumut primitif. Siklus hidupnya mrip dengan divisi Bryophyta dan Hepatophyta. Fase gametofitnya lebih dominan dari sporofitnya. Contohnya : pada Anthocerophyta adalah Anthoceros sp.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Ciri, Dan Jenis Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Bryophyta) Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

 


No ratings yet.

Please rate this