Pengertian, Ciri, Dan Jenis Pasar Oligopali Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Dan Jenis Pasar Oligopali Beserta Contohnya Lengkap – Tahukah anda dengan pasar oligopali ?? Jika belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com karena pada kesempatan kali ini akan membahas lengkap tentang pengertian pasar oligopali, ciri-ciri pasar oligopali, jenis oligopali, beserta contohnya. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pasar-oligopali

Pengertian Pasar Oligopali

Pasar oligopoli merupakan salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna, yang dimana hanya terdapat beberapa produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar. Beberapa contoh industri yang termasuk dalam kategori ini yaitu industri rokok, industri mobil, industri semen, jasa penerbangan dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan usahanya iklan dan promosi berperan sangat penting bagi oligopolis. Iklan dan promosi akan membentuk sebuah persepsi konsumen mengenai sebuah perbedaan satu produk dengan produk lainnya (diferensiasi produk). Hal ini dikarenakan pada dasarnya oligopolis menjual barang yang relatif homogen sehingga bisa saling menggantikan (sifatnya substitusi walau tidak sempurna). Oleh sebab itu, loyalitas konsumen pada satu produk harus dijaga supaya tidak berpindah ke produk lainnya.

Ciri-Ciri Pasar Oligopali

Ciri-ciri dari pasar oligopoli, diantaranya yaitu sebagai berikut :

loading...
  • Adanya beberapa produsen yang menguasai pasar.
  • Produk yang diperjual belikan bisa homogen dan bisa juga berbeda corak.
  • Setiap produsen atau perusahaan cenderung untuk memberlakukan sebuah harga pasar yang umum.
  • Adanya suatu kepemimpinan harga (price leader), oleh perusahaan atau produsen terbesar.

Jenis-Jenis Pasar Oligopali

Secara umum terdapat dua jenis, yakni sebagai berikut :

  • Oligopoli murni (pure oligopoly), yaitu jenis pasar dimana barang yang diperjual belikan sifatnya identik. Contohnya : semen, air mineral, seng
  • Oligopoli terdiferensiasi (differentiated oligopoli), yaitu jenis pasar dengan barang yang homogen namun bisa dibedakan. Contohnya : sabun, sepeda motor, laptop

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Oligopali

Kelebihan Pasar Oligopali

  • Konsumen mempunyai lebih banyak pilihan terhadap barang yang ingin dikonsumsinya
  • Persaingan antar produsen bisa memberikan keuntungan bagi konsumen, terutama karena akan meningkatkan suatu kesadaran produsen untuk memuaskan sebuah kebutuhan konsumen
  • Perusahaan umumnya terus melakukan inovasi sehingga produk semakin berkembang

Kekurangan Pasar Oligopali

  • Perang harga antar produsen sering sekali terjadi
  • Produsen mengeluarkan banyak dana untuk iklan dan promosi supaya produknya bisa dibedakan dengan produk dari produsen lainnya.
  • Pemborosan dalam sumber daya ekonomi

Itulah ulasan tentang Pengertian, Ciri, Dan Jenis Pasar Oligopali Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :


No ratings yet.

Please rate this