Pengertian, Ciri Dan Jenis Danau Beserta Contohnya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri Dan Jenis Danau Beserta Contohnya Secara Lengkap – Apakah anda suka berwisata di danau ?? Danau merupakan salah satu tempat wisata yang seri dijadikan wisata untuk keluarga, karna tempat nya yang asri dan menyejukan menjadi pilihan berwisata untuk keluarga. Tapi apakah kamu tahu definisi dari danau ?? Oleh karena itu disini akan mengulas tentang pengertian danau, ciri-ciri danau, dan jenis danau secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

danau

Pengertian Danau

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, danau artinya genangan air yg amat luas, dikelilingi daratan, pengertian lain dari danau ialah telaga dan tasik. Danau merupakan genangan air yang tertampung oleh cekungan bumi dengan volume yang besar.

Air danau bisa bersumber dari aliran sungai, hujan, atau mata air yang memancar dari dalam tanah. Selain itu, danau juga bisa dibentuk oleh manusia dengan cara membendung aliran air atau sungai. Danau bendungan ini biasanya disebut dengan bendungan atau waduk.

Jenis-Jenis Danau

Berdasarkan proses terjadinya danau dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut :

loading...

1. Danau Alam
Danau alam terbentuk secara alami berasal dari tenaga alam tanpa adanya campur tangan manusia. Danau alam bisa dibedakan menjadi beberapa macam yaitu antara lain:

  • Danau Tektonik adalah sebuah danau yang terjadi karena suatu gerakan tektonik yang menimbulkan bentuk slenk/graben (lembah patahan) atau patahan yang diapit oleh horst (puncak patahan) dan mendapat air dalam jumlah yang cukup (air hujan, sungai, mata air). Contohnya: Pada Danau Maninjau, Danau Tempe, Danau Poso, dan Danau Tondano dan lain sebagainya.
  • Danau Vulkanik ialah sebuah danau bekas letusan gunung berapi yang mengakibatkan cekungan.Jika dasar cekungan tertutup material vulkan,maka air hujan yang tertampung dipuncak gunung menjadi danau. Contohnya: Pada Danau Maar, Danau kaldera, Danau batur, dan Danau Kalimutu dan lain sebagainya.
  • Danau Vulkan-adalah danau yang terjadi karena suatu gerakan tektonik dan letusan gunung api. Contohnya: Pada Danau Toba.
  • Danau Gletser adalah sebuah danau yang daerah-daerah dahulunya dilalui gletser menjadi kering dan diisi air. Danau-danau ini hanya terdapat di Amerika Utara, perbatasan kanada dan Amerika Serikat. Contohnya: Pada Danau Superior, Danau Michigan. dan sebagainya.
  • Danau Dolina adalah sebuah danau yang terdapat di daerah horst dan umumnya berupa danau kecil yang sifatnya temporer. Contohnya: pada danau disekitar gunung kidul.
  • Danau Tapal Kuda adalah sebuah danau yang terbentuk karena adanya sedimen pada sungai meander saat aliran sungai menurun.

2. Danau Buatan
Danau buatan atau lebih dikenal dengan waduk, dibuat untuk tujuan tertentu yang artinya pembuatan waduk sudah direncanakan dan disesuaikan penggunaannya seperti irigasi, penanggulangan banjir, pembangkit listrik, perikanan, transportasi dan lain sebagainya. Contohnya: pada Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata dan lain sebagainya.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Ciri Dan Jenis Danau Beserta Contohnya Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

106 Nama Danau Di Indonesia Dan Letaknya
Pengertian Dan Jenis-Jenis Sungai Beserta 9 Fungsinya Terlengkap
Sejarah Awal Mula Terbentuknya Laut Di Bumi Menurut Peneliti Kelautan
Pengertian Arus Laut dan Jenis Arus Laut Terlengkap
Pengertian Dan Jenis Sedimentasi Beserta 5 Dampaknya Secara Lengkap
Pengertian Tanah Beserta Proses Pembentukan, Jenis Dan Strukturnya


No ratings yet.

Please rate this