Pengertian, Ciri Dan Fungsi Administrasi Beserta 4 Tujuannya Terlengkap

Posted on

Pengertian, Ciri Dan Fungsi Administrasi Beserta 4 Tujuannya Terlengkap – Administrasi sering kita lihat dan jumpai pada kantor ataupun perusahaan. karna setiap kantor ataupun perusahaan harus mempunyai di bagian administrasi. Untuk lebih jelasnya lagi marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

administrasi

Pengertian Administrasi

Administrasi adalah yang berfungsi yang memegang suatu peranan yang sangat penting terhadap tercapainya suatu kelancaran usaha kegiatan, ataupun kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi. oleh karena itu bisa dikatakan administrasi juga merupakan urat nadi suatu perusahaan dan administrasi juga bisa memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk sebuah perencanaan secara rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta sebuah laporan yang meliputi tugas administrasi.

Ciri-Ciri Administrasi

  • Adanya suatu kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau bisa lebih
  • Adanya kerja sama antar pegawai
  • Terdapat suatu proses atau usaha
  • Adanya sebuah bimbingan, dalam kepemimpinan dan dalam pengawasan
  • Dalam perusahaan atau instansi terdapat suatu tujuan.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya :

 

Fungsi Administrasi

1. Planning (Perencanaan)

Planning ialah suatu penyusun perencanaan yang memerlukan suatu kegiatan adminitrasi, seperti dalam pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan perencanaan.

2. Organizing (pengorganisasian)

loading...

Orgabizing ialah suatu kegiatan menyusun dan membentuk suatu hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga akan terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai suatu tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.

3. Staffing

Staffing ialah salah satu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada sebuah organiasik mulai dari merekrut sebuah tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi suatu daya guna yang maksimal kepada organisasi.

4. Directing (pengarahan atau bimbingan)

Directing ialah salah satu fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilakukan dengan baik dan benar-benar tertuju dari yang sudah ditentukan semula.

5. Coordinating

Coordinating ialah sebagian dari fungsi manajemen untuk melaksanakan sejumlah kegiatan agar berjalan baik dengan menghindari terjadinya suatu kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan yang dilakukan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan suatu pekerjaan bawahan yang sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

6. Reporting

Reporting ialah manajemen yang berada pada suatu penyampaian perkembangan atau hasil dari suatu kegaitan dengan pemberian sebuah keterangaan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan ataupun tulisan yang sehingga dalam menerima suatu laporan bisa mendapatkan gambaran tentang pelakasanaan tugas orang yang memberi laporan.

7. Budgeting

Budgeting ialah suatu kegaitan yang mengelola dan perencanaan yang berkelanjutan yang mengenai keuangan atau anggaran.

Tujuan Administrasi

  • Agar seorang usaha bisa memonitoring suatu kegiatan administrasi perusahaannya
  • Agar pengelola usaha bisa mengevaluasi suatu kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan
  • Agar seorang pengelola usaha bisa menyusun suatu program pengembangan usaha dan suatu kegiatan pengorganisasian
  • Agar seorang pengelola usaha bisa mengamankan suatu kegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.

Didalam sebuah perusahaan administrasi mempunyai fungsi sangat penting didalam sebuah perusahaan.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Ciri Dan Fungsi Administrasi Beserta 4 Tujuannya TerlengkapSemoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.