Pengertian Atom Dan Teori Atom Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Atom

Pengertian Atom Dan Teori Atom Menurut Para Ahli Terlengkap – “Atom” tersebut berasal dari kata yunani yaitu “atomos” yang mempunyai arti “tidak dapat dipotong”. Sesuai dengan pengertian tersebut,Atom-atom adalah suatu partikel penyusun semua benda yang berukuran dengan sangat kecil.

Pengertian Atom Dan Teori Atom
Pengertian Atom

Didalam atom tersebut juga terdapat sub-atom, yakni partikel penyusun atom yang ukurannya lebih kecil lagi. Sulit untuk kita untuk dapat membayangkan seberapa kecil atom ini, satu titik yang terdapat di akhir kalimat ini saja mempunyai panjang sekitar 20 juta atom. Pada tiap-tiap atom mempunyai inti, yang terdiri atas 

  1. proton
  2. neutron
  3. elektron

yang bergerak dengan cepat di sekitar inti. Elektron-elektron tersebut terdapat pada suatu tingkatan energi yang berbeda-beda, yang disebut dengan kulit, tiap kulit mempunyai jumlah batas untuk suatu elektron, Jika elektron di kulit pertama sudah dapat memenuhi batas, maka elektron tersebu akan memenuhi kulit yang kedua serta seterusnya.

elektron,neutron dan juga proton adalah suatu bagian terkecil dari atom, tetapi para ilmuan modern tersebut berpendapat bahwa proton dan juga neutron tersusun dari partikel-partikel yang lebih kecil lagi yang disebut dengan kuark.

Teori-Teori Atom

Istilah “atom” tersebut pertama kali digunakan oleh kimiawan yang berasal dari inggris bernama “John Dalton” (1766-1844) pada saat ia mengajukan suatu teori atomnya pada tahun 1807.

loading...

Dalton tersebut menyatakan bahwa ialah semua unsur kimia itu tersusun dari partikel-partikel yang sangat kecil sekali, yang disebut dengan atom, yang tidak dapat atau nosa pecah saat zat-zat kimianya itu direaksikan. terdapat satu lagi pendapatnya yakni semua reaksi kimia adalah suatu  akibat saling bergabungnya atau juga terpisahnya suatu atom-atom. Teori atom dalton tersebut menjadi dasar untuk ilmu pengetahuan modern.

Diabad ke 20, para ilmuan tersebut mulai membuat suatu model model atom.

Seperti yang dibuat oleh :

  • Ernest Rutherford (1871-1937) Ernest menggambarkan suatu elektron-elektron yang bermuatan negatif yang mengelilingi atau menyelimuti inti yang bermuatan positif.

  • Neils Bohr (1885-1962) Neils tersebut menggambarkan model dengan elektron-elektron yang mengikuti orbit-orbit tertentu.

  • Jame Chadwick (1891-1962) Chadwick tersebut menunjukkan sebuah inti terdiri dari suatu partikel-partikel yang disebut dengan neutron dan proton.

Massa Atom

Atom di dalam unsur yang berbeda mempunyai massa yang bervariasi. Massa itu tergantung pada jumlah suatu proton dan juga neutron di dalam intinya. Sebuah atom hidrogen tersebut mempunyai satu proton dan juga tidak mempunyai  neutron, sehingga hanya mempunyai massa atom satu. Semakin besarmassa atom tersebut, maka akan semakin kecil atom itu.

Nomor Atom

Atom-atom tersebut dari zat yang berbeda mempunyai jumlah proton yang juga tidak sama didalam intinya. Jumlah proton didalam suatu inti ini disebut dengan  Nomor Atom. Jika jumlah proton didalam inti atom itu berubah, maka atom itu akan berubah menjadi suatu atom dengan sifat yang berbeda dari sebelumnya.

Gaya Atom

Elektron yang bermuatan negatif tersebut akan dijaga tetap berada di dalam orbit sekeliling inti yang bermuatan positif dengan suatu gaya elektromagnetik. Gaya tarik inti, yang mejaga suatu proton dan juga neutron tetap didalam inti atom adalah suatu gaya yang paling kuat dialam semesta ini. Gaya tersebut 100(seratus) kali lebih kuat dibandingkan dengan gaya elektromagnetik.

Muatan Listrik

Kebanyakan dari atom-atom yang terdapat mempunyai muatan listrik yang netral, yang berarti jumlah pada proton yang bermuatan positif dan juga jumlah elektron yang bermuatan negatif tersebut sama banyak. Muatan-muatan yang mempunyai gaya tarik menarik ini saling meniadakan.

Bentuk Atom

Atom tersebut mempunyai bentuk yang bervariasi, yang disebut dengan Isotop. Masing-masing pada bentuk  tersebut mempunyai jumlah proton serta juga elektron yang sama namun jumlah neutron yang berbeda. Jadi semua isotop dari suatu atom mempunyai nomor atom yang sama tetapi nomor massa yang berbeda.
Isotop-isotop tersebut mempunyai sifat-sifat fisik yang sama, tetapi memiliki sifat kimia yang berbeda. Sebagian besar dari atom dalam sebuah unsur tersebut merupakan 1jenis unsur.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Atom Dan Teori Atom Menurut Para Ahli Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂


No ratings yet.

Please rate this