Pengertian Adminitrasi Pendidikan Menurut Para Ahli Beserta Fungsi Dan Tujuannya

Posted on

Pengertian Adminitrasi Pendidikan

Pengertian Adminitrasi Pendidikan Menurut Para Ahli Beserta Fungsi Dan Tujuannya– Adminitrasi pendidikan merupakan cara bekerja dengan orang –orang dalam melakukan usaha untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif , dengan mendatangkan hasil yang baik dan tepat , yang sesuai dengan sebuah tujuan pendidikan yang telah ditentukan.

Pengertian Adminitrasi Pendidikan Menurut Para Ahli

  • Drs.M.Ngalim Purwanto

Administrasi Pendidikan ialah segenap proses pengarahan dan penintegrasian segala sesuatu baik personal ,spiritual dan material yang bdersangkut paut dengan tercapainya tujuan pendidikan.

  • Depdiknas RI Administrasi

Pendidikan adalah suatu proses kseleruhan kegiatan bersama dalam dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan ,pengorganisasian ,pengarahan ,pengkoorcdinasiaan, pengawasan, pembiyaan dan pelaporan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersdia ,baik oersonal ,material maupun sepritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efesien dan efektif.

Fungsi Administrasi Pendidikan

  • Perencanaan

Tahap perencanaan administrator ialah melakukan suatu kegiatan untuk merumuskan, memilih, dan menetapkan apa saja aktifitas sumber daya yang akan dilakukan dan digunakan dimasa datang untuk mencapai tujuan tertentu.

  • Pengorganisasian

Kegiatan atau aktivitas dimana berisikan tetang membentuk atau menyusun hubugan kerja antara kelopok ataupun peribadi, sehingga terjadi suatu kesatuan usaha dalam menempuh tujaun yang suddah ditetapkan.

  • Penyusunan

Sama dengan funsinya, kepegawaian memiliki fungsi yang sangat penting, dimana kepegawaian merupakan pengisian suatu unit atau bidang dengan personal yang akan melakukan atau melaksanakan tugasnya.

Proses Adminitrasi Pendidikan
Proses Adminitrasi Pendidikan
  • Pengarahan

Pengarahan untuk suatu penjelasan, pertimbangan serta petunjuk dan bimbingan terhadap para petugas yang terlibat didalamnya, abik secara fungsional ataupun struktural agar pelaksanaan suatu tugas dapat berjalan dengan baik.

  • Pengkoordinasian

Secara global tidak efektif karena munculnya system birokrasi dan krisis ini akan terjadi bila organisasi menjadi terlalu rumit dan besar untuk dikerjakan atau dikelola.

  • Penganggaran

Merupakan asper penting dalam kebutuhan sehari-hari, dimana seorang manusia memerlukan makan untuk melakukan sebuah kegiatan, begitulah pentingnya fungsi peenganggaran ini.

  • Pergerakan

Aktivitas manager dalam pemerintahan, menugaskan dan mengarahkan karyawan atau personel organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

  • Pengawasan

Kegiatan ini dilakukan supaya perilaku personalia organisasi lebih mengarah ke tujuan oraganisasi, bukan hanya semata-mata ke tujuan individual. Agar tidak terjadi suatu penyimpangan dari rencana dan pelaksanaan.

  • Penilaian

Penilaian diperlukan untuk melakukan aktivitas meneliti dan mengetahui samapai dimana suatu pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan suatu oraganisasi untuk mencapai hasil yang sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Tujuan Administrasi Pendidikan

Agar semua kegiatan mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang digunakan dalam dunia pendidikan diusahakan untuk mencapai tujuan pendidikan dengan:

  1. Efektifitas produksi.
  2. Efisiensi.
  3. Kemampuan menyesuaikan diri.
  4. Kepuasan kerja.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Adminitrasi Pendidikan Menurut Para Ahli Beserta Fungsi Dan Tujuannya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca JelajahInternet.Com 😀