Pengertian, 3 Tipe Dan Jenis-Jenis Warabala Beserta Contohnya terlengkap

Posted on

Pengertian, 3 Tipe Dan Jenis-Jenis Warabala Beserta Contohnya terlengkap – Mendengar kata warabala pasti sudah tidak asing lagi bagi kalangan pebisnis, tapi kebanyakan masih belum mengetahui apa itu warabala bagi orang-orang awam. tapi tenang disini akan mengulas lengkap tentang warabala. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

warabala2

 

Pengertian Warabala

Waralaba jika dalam bahasa Inggris yaitu bisa disebut dengan franchising & dalam bahasa Perancis bisa disebut dengan franchise yang artinya ialah hak atau kebebasan, merupakan suatu hak-hak menjual suatu produk, jasa, atau layanan. Jika di Indonesia sendiri waralaba ialah suatu perikatan yang dimana salah satu pihak diberi hak untuk menggunakan atau memanfaatkan suatu karakter dari sebuah usaha milik pihak lain dengan membayar suatu imbalan kepada pihak yang menjadi pemberi hak. Intinya waralaba ialah suatu penjualan sebuah paket usaha komprehensif dan siap pakai yang didalamnya mencakup sebuah merek dagang, material hingga pengolaan manajemennya.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia yang dimaksud dengan waralaba yaitu suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, yang dimana sang pemilik merek memberikan suatu haknya kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan sebuah bisnis dengan nama, merek, sistem, prosedur, manajemen dan cara-cara yang sudah ditentukan sebelumnya dalam jangka waktu dan meliputi area tertentu.

Jenis-jenis Waralaba

Waralaba dibagi menjadi dua:

loading...
  • Waralaba luar negeri/asing yaitu waralaba yang berasal dari luar negeri, jenis waralaba yang satu ini cenderung lebih banyak disukai karena sebuah sistem dan mekanismenya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi. Contohnya: pada McDonald’s, (KFC) Kentucky Fried Chicken, Bread Talk, Starbucks, Pizza Hut, dan lain sebagainya.
  • Waralaba dalam negeri yaitu waralaba yang berasal dari dalam negeri, jenis waralaba yang satu ini juga menjadi salah satu pilihan dalam investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak mempunyai pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba. Contoh waralaba lokal yaitu : Primagama, Alfamart, Martha Tilaar, Roti Buana, Edward Forrer, Bogasari Baking Center dan lain sebagainya.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya :

Tipe-tipe Waralaba

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa suatu tipe waralaba, yakni sebagai berikut :
1. Trade Name Franchising

Tipe yang satu ini franchise mendapatkan  hak untuk memproduksi, contohnya pada PT. Great River mempunyai hak untuk memproduksi pakaian dalam Triumph dengan lisensi dari jerman.

2. Product Distribution Franchising

Salah satu tipe ini, franchise mendapatkan hak untuk distribusi di wilayah tertentu, misalnya pada soft drink, cosmetics.

3. Pure Franchising / Bisiness Format

Tipe yang satu ini franchise mendapatkan hak sepenuhnya, mulai dari trademark, penjualan, peralatan, metode operasi, strategi pemasaran, bantuan manajemen dan teknik, pengendalian kualitas, dan lain sebagainya. Contohnya pada restaurant, fash food, pendidikan, dan konsultan.

Dalam terjun ke dunis bisnis pasti tidak bisa terhindar dari mendapatkan yang namanya keuntungan dan pasti akan mengalami namanya kerugian.

itulah ulasan tentang Pengertian, 3 Tipe Dan Jenis-Jenis Warabala Beserta Contohnya terlengkap . Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih


No ratings yet.

Please rate this