“Pelanggan” Pengertian & ( Jenis – Contoh )

Posted on

“Pelanggan” Pengertian & ( Jenis – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Pada sebuah bisnis atau usaha dalam hal ini pastinya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan juga menciptakan kepuasan bagi para konsumen atau pelanggan. Jika pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa perusahaan, maka perusahaan juga akan mendapatkan banyak manfaat yang diantaranya seperti hubungan perusahaan dengan para pelanggan menjadi lebih baik dan harmonis, para pelanggan akan menjadi lebih loyal terhadap produk perusahaan serta akan membentuk efek rekomendasi dari satu pelanggan ke palanggan lainnya mengenai produk yang dijual oleh perusahaan.

Hal seperti ini tentunya akan menguntungkan bari sebuah perusahaan, karena informasi yang berasal dari mulu ke mulut kebih baik dari pada menpromosikan lewat iklan. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai definisi pelanggan yang penjelasannya dapat kalian baca dalam pembahasan kali ini.

Pengertian Pelanggan

Pelanggan merupakan instansi, lembaga, organisasi ataupun orang yang membeli produk atau jasa perusahaan secara rutin atau berkesinambungan karena produk atau jasa yang dibelinya merasa sangat bermanfaat. Dapat dikatakan juga pelanggan yakni orang-orang yang memberikan perhatian penuh terhadap produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Pelanggan bukan hanya orang yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan saja, akan tetapi pelanggan juga ialah orang yang memiliki rasa ingin dihormati dan merupakan bagian terpenting dalam perusahaan. Kepuasan para pelanggan merupakan respon yang emosional dari para pelanggan pada evaluasi terhadap pengalaman saat mengkonsumsi suatu produk ataupun jasa.

Jenis-Jenis Pelanggan

Umumnya terdapat tiga jenis pelanggan yakni pelanggan internal, eksternal dan antara. Untuk lebih lengkapnya kalian dapat membaca penjelasan dibawah ini:

loading...

Pelanggan Eksternal

Merupakan kelompok ataupun orang yang berada di luar perusahaan yang menerima produk. Pelanggan eksternal pada setiap perusahaan merupakan masyarakat umum yang menerima produk atau jasa dari perusahaan. Adapun beberapa hal yang diperhatikan pelanggan eksternal diantaranya yaitu:

  • Kesesuaian dengan kebutuhan produk atau jasa.
  • Kualitas produk atau jasa.
  • Harganya yang kompetitif.
  • Pengiriman yang tepat waktu dan pelayanan.

Pelanggan Internal

Merupakan kelompok ataupun orang dalam perusahaan yang memiliki pengaruh pada performa pekerjaan. Adapun hal-hal yang diperlukan pada pelanggan internal diantaranya sepert:

  • Kerjasama.
  • Kerja kelompok.
  • Sistem dan struktur kerja yang efesien.
  • Pekerjaan yang berkualitas.
  • Pengiriman yang tepat waktu.

Pelanggan Antara

Merupakan kelompok ataupun orang yang bertindak sebagai perantara produk akan tapi bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti distributor yang bertindak dalam mendristribusikan produk-produk perusahaan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pelanggan” Pengertian & ( Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:


No ratings yet.

Please rate this