“Pekerjaan” Pengertian & ( Kemampuan – Jenis – Contoh – Kesimpulan )

Posted on

“Pekerjaan” Pengertian & ( Kemampuan – Jenis – Contoh – Kesimpulan )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai pekerjaan yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, kemampuan, jenis, contoh dan kesimpulan, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Pekerjaan

Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang demi kelangsungan hidupnya atau untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Setiap orang melakukan pekerjaan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, karena kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak bisa di tunda-tunda.

Kebutuhan tersebut misalnya pokok seperti makan, minum, pakaian, pendidikan dan lain-lain. Untuk mendapat memenuhi berbagai kebutuhannya makan manusia membutuhkan uang dan umumnya uang di dapatkan dari bekerja, saat ini banyak sekali pekerjaan yang dilakukan manusia untuk menghasilkan uang.

Jadi yang dimaksud pekerjaan ialah aktivitas utama yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam arti yang sempit pekerjaan yakni suatu aktivitas yang dapat menghasilkan uang. Sedangkan dalam segi ekonomi pekerjaan yakni semua aktivitas yang dilakukan manusia, baik itu dilakukan secara individu ataupun secara organisasi, baik secara tertutup ataupun secara terbuka kemudian dari pekerjaan tersebut dapat menghasilkan suatu produk atau jasa sehingga dapat mendapatkan uang dan dijadikan sebagai mata pencarian.

Hal Yang Dibutuhkan ( Kamampuan ) Dalam Pekerjaan

Beberapa kemampuan yang di butuhkan untuk mendapatkan keberhasilan dalam bekerja, diantaranya seperti:

Skill

Skill ialah kemahiran yang di miliki setiap orang, skill umumnya bisa di peroleh melalui pelatihan dan pendidikan, Contoh keterampilan atau skill misalnya seseorang yang mampu menoprasikan komputer atau mesin produksi, seseorang yang mampu membuat program komputer dan memperbaiki komputer jika terjadi masalah atau bahkan memiliki kemampuan untuk memperbaiki mesin produksi jika terjadi masalah pada mesin tersebut.

Pengetahuan

Dapat dikatakan pengetahuan merupakan pondasi dasar yang harus di miliki dalam bekerja, karena pengetahuan dapat membangun skill seseorang dalam bekerja dan tentunya pengetahuan juga dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi.

loading...

Dapat Bekerjasama

Bisa bekerjasama dengan orang lain merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam bekerja, karena ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan sendiri jadi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut harus dilakukan dengan bekerja sama.

Kemampuan bekerjasama juga harus di iringi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan dapat menghargai pendapat orang lain dalam suatu tim. Karena dengan bekerjasama umumnya pekerjaan dapat di selesaikan dengan mudah dan lebih cepat.

Memiliki Sikap Jujur

Kejujuran sangat penting dalam bekerja kenapa? karena dengan kejujuran kita dapat dipercayai oleh banyak orang dan tentunya orang yang jujur sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan serta lebih di hormati dalam bekerja.

Sikap Sopan Santun

Sopan santun sangat perlu juga untuk mendapatkan keberhasilan kerja, karena dengan sikap ini seseorang akan selalu di hargai dalam bekerja.

Sikap Pantang Menyerah Dan Berdaya Juang

Sikap pantang menyerah atau sikap yang memiliki daya juang tinggi merupakan salah satu sikap yang perlu dimiliki dalam bekerja karena sikap ini sangat penting sekali untuk mencapai keberhasilan kerja. Selalu ada permasalahan tidak hanya dapat diselesaikan dengan skill dan pengetahuan saja, tapi dalam menyelesaikan masalah harus di dukung juga dengan sikap pantang menyerah dan berdaya juang tinggi.

Jenis Dan Contoh Pekerjaan

Secara umum pekerjaan itu ada dua macam yakni pekerjaan yang menghasilkan barang atau produk dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Contoh Pekerjaan Yang Menghasilkan Produk

Pekerjaan yang menghasilkan barang atau produk merupakan pekerjaan yang dapat menghasilkan uang dari menjual produk tersebut beberapa contohnya seperti:

  • Petani
  • Peternak
  • Tukang kayu
  • Nalayan
  • Dan lain-lain.

Contoh Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa merupakan pekerjaan yang hasilnya dapat di rasakan oleh orang lain beberapa contohnya seperti:

  • Guru
  • Dokter
  • Sopir
  • Tukang service
  • Dan lain-lain

Kesimpulan Pembahasan

Jadi dapat disimpulak pekerjaan merupakan aktivitas utama yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan uang, yang dimana hasil dari pekerjaan tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Pekerjaan dibagi menjadi dua macam diantaranya pekerjaan yang menghasilkan produk dan yang menghasilkan jasa.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pekerjaan” Pengertian & ( Kemampuan – Jenis – Contoh – Kesimpulan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: