“Pasar Abstrak & Pasar Konkret” Perbedaan & ( Ciri – Contoh )

Posted on

“Pasar Abstrak & Pasar Konkret” Perbedaan & ( Ciri – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai pasar abstrak dan pasar konkret yang dimana dalam hal meliputi pengertian, ciri dan contoh untuk lebih memahami dan dimengerti simak uraian beirkut ini.

Pasar merupakan salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.

Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomia, ini ialah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.

Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak.

Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.

loading...

Perbedaan Pasar Abstrak Dan Pasar Konkret

Selain macam-macam pasar yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat jenis pasar lainnya yakni konkret dan pasar abstrak. Pengelompokan ini berdasarkan ada tidaknya atau tampak tidaknya barang yang diperjual belikan pada saat terjadi proses transaksi.

Pasar Konkret

Pasar konkret merupakan pasar dengan barang yang dijual ada ditempat dan bisa langsung dibawah pembeli. Pada umumnya pasar yang kita temui sehari-hari ialah bentuk pasar konkret dengan barang yang diperjualbelikan ada ditempat.

Ciri-Ciri Pasar Konkret

Ciri-ciri pasar konkret diantaranya yaitu:

  • Barang yang diperjualbelikan ada ditempat.
  • Penjual dan pembeli bertemu secara langsung.
  • Membutuhkan tempat untuk menyimpan barang.
  • Barang yang dibeli dapat langsung dibawa pulang.
  • Barang yang dijual biasanya berupa barang kebutuhan pokok.

Contoh pasar konkret diantaranya ialah pasar tradisional, pasar ikan, pasar elektronik, pasar swalayan, supermarket, hypermarket, mall dan supermall.

"Pasar Abstrak & Pasar Konkret" Perbedaan & ( Ciri - Contoh )

Pasar Abstrak

Pasar abstrak yaitu pasar dengan barang yang diperjualbelikan tidak ada ditempat secara langsung. Proses jual beli dalam pasar abstrak tidak mesti berhadapan langsung, namun bisa melalui telepon, surat dan internet. Contoh: pasar uang, pasar modal.

"Pasar Abstrak & Pasar Konkret" Perbedaan & ( Ciri - Contoh )

Demikianlah pembahasan mengenai “Pasar Abstrak & Pasar Konkret” Perbedaan & ( Ciri – Contoh )┬ásemoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:


No ratings yet.

Please rate this