Pancasila Sebagai Norma Bernegara

Posted on

Pancasila Sebagai Norma Bernegara

Pancasila Sebagai Norma Bernegara – Terdapat  suatu hubungannya antara nilai dengan norma didalam pancasila. untuk Pancasila Sebagai Sumber Nilai GuruPendidikanku.Com sudah membahas , Namun untuk memperkuat pengertian dari Norma tersebut ada baiknya anda membaca juga Pengertian dari Pancasila sebagai Sumber Nilai ,  kembali ketopik pembahasan , Norma adalah suatu aturan pedoman bagi manusia didalam berprilaku ialah sebagai perwujudan dari nilai.

Pancasila Sebagai Norma
Pancasila Sebagai Norma

Nilai yang abstrak serta juga normatif itu dijabarkan kedalaman wujud norma. Sebuah nilai mustahil itu bisa menjadi sebagai acuan berprilaku jikalau tidak diwujudkan kedalam  norma. Dengan demikian pada dasarnya norma merupakan suatu perwujudan dari nilai. Tanpa adanya dibuatkan norma, nilai tersebut tidak dapat praktis artinya tidak mampu untuk dapat berfungsi kongkret didalam kehidupan sehari-hari.

Tiap-tiap norma tersebut pasti mengandung suatu nilai. Nilai tersebut sekaligus juga menjadi sumber bagi norma. Jika tanpa adanya nilai , maka tidak mungkin juga terwujud suatu norma. Sebaliknya , tanpa dibuat norma tersebut , maka nilai yang hendak dijalankan tersebut mustahil terwujudkan.

Sebagai contoh ialah , Terdapat norma yang berbunyi ”Buanglah sampah pada tempatnya”atau“Dilarang membuang sampah sembarangan”

Contoh Norma diatas berusaha untuk mewujudkan nilai kebersihan. Dengan mengikuti norma itu diharapkan kebersihan tersebut ialah sebagai nilai dapat terwujudkan didalam kehidupan.

loading...

Akhirnya yang tampak didalam kehidupan serta juga melingkupi kehidupan kita adalah suatu norma. Norma yang dikenal didalam kehidupan sehari-hari ada 4 ,yakni ialah sebagai berikut :

  • 1. Norma agama
    Norma agama disebut juga norma religi/kepercayaan. Norma kepercayaan /keagamaan ini ditujukan kepada kehidupan untuk dapat beriman. Norma tersebut ditujukan terhadap kewajiban manusia kepada Tuhan serta juga dirinya sendiri. Sumber norma tersebut adalah ajaran-ajaran kepercayaan/keagamaan yang oleh pengikut-pengikutnya itu dianggap ialah sebagai perintah Tuhan.
  • 2. Norma moral (etik)
    Norma moral atau etik ini disebut juga norma kesusilaan atau etika atau juga budi perketi. Norma moral /etik adalah suatu norma yang paling dasar. Norma moral ini menentukan bagaimana sih kita dapat menilai seseorang . Norma kesusilaan tersebut berhubungan dengan manusia ialah sebagai individu dikarenakan menyangkut kehidupan pribadi. Asal atau juga sumber norma kesusilaan ialah dari manusia itu sendiri yang bersifat otonom serta juga tidak ditujukan kepada sikap lahir,namun tetapi ditujukan kepada sikap batin manusia. Sanksi atau juga pelanggaran norma moral atau etik ini berasal dari diri sendiri.
  • 3. Norma kesopanan
    Norma ini disebut juga norma sopan santun,tata karma, adat, atau juga norma fatsoen. Norma kesopanan ini didasarkan dari suatu kebiasaan, kepatuhan, atau juga kepantasan yang berlaku didalam masyarakat. Daerah yang berlakunya norma kesopanan itu sempit , serta terbatas secara local atau juga pribadi. Sopan santun disuatu daerah tersebut tidak sama dengan di daerah lainnya. Berbeda pada lapisan masyarakat, berbeda juga sopan santunnya. Sanksi atas pelanggaran norma kesopanan tersebut juga  berasal dari masyarakat setempat.
  • 4. Norma hukum
    Norma hukum tersebut berasal dari luar diri tiap manusia. Norma hukum itu berasal dari kekuasaan dari luar diri manusia yang memaksakan pada kita. Masyarakat dengan secara resmi (Negara) diberi kuasa untuk dapat memberikan sanksi atau juga menjatuhkan suatu hukuman. Dalam hal tersebut pengadilan ialah sebagai lembaga yang mewakili masyarakat resmi untuk dapat menjatuhkan suatu hukuman.

Sebagai perangkat nilai dasar, pancasila tersebut juga  harus dijabarkan kedalam norma agar praksis kedalam kehidupan bernegara. Norma yang tepat ialah sebagai penjabaran dari nilai dasar pancasila itu adalah norma etik serta juga norma hukum. Pancasila dijabarkan ialah sebagai norma etik dikarenakan pada dasarnya nilai-nilai dasar pada pancasila ialah nilai-nilai moral. Jadi, pancasila tersebut menjadi semacam etika prilaku para penyelenggara Negara serta juga masyarakat Indonesia agar dapat sejalan dengan nilai normatif pancasila itu sendiri.

Demikian Penjelasan tentang Pancasila Sebagai Norma Bernegara Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂


No ratings yet.

Please rate this