“Newsgroup” Pengertian & ( Kategori – Cara Kerja – Fungsi – Sejarah )

Posted on

“Newsgroup” Pengertian & ( Kategori – Cara Kerja – Fungsi – Sejarah )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Newsgroup yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, kategori, cara kerja, fungsi dan sejarah, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Newsgroup

Newsgroup ialah suatu tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet “sistem diskusi internet yang tersebar” untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan. Kadang istilah ini membingungkan, sebab kebanyakan orang memakai newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat lunak yang dipakai untuk membaca newsgroup yaitu Newsreader.

Atau definisi dari Newsgroup yang lain ialah suatu aplikasi di internet yang dipakai untuk saling berkomunikasi satu sama lain didalam sebuah forum. Biasanya anggota newsgroup memiliki kepentingan serta ketertarikan yang sama untuk membahas tema atau topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap juga sebagai bulletin board yang dimana setiap orang bebas memberikan pendapatnya untuk dibaca orang lain yang tergabung didalam kelompok tersebut.

Ketegori Pengelompokan Pada Newsgroup

Kategori yang paling dikenal pada news group ialah:

  • comp.* = diskusi dengan topik yang ada berhubungan dengan komputer.
  • news.* = diskusi yang digunakan speutar usenet.
  • sc i.* = diskusi yang berkaitan dengan topik ilmiah.
  • rec.* = diskusi tentang aktivitas yang berkaitan dengan rekreasi “misalnya seperti game dan hobi”.
  • soc.* = diskusi tentang topik sosial.
  • talk.* = diskusi mengenai persoalan yang dapat diperdebatkan misalnya seperti polotik.
  • misc.* = diskusi untuk topik yang beragam yang tidak termasuk kedalam kategori diatas.
  • humanities.* = digunakan untuk diskusi dengan topik yang berkaitan dengan filsafat, literatur dan sebagainya.

Di dalam newsgroup berita ini akan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Tujuan dari pengaturan pengelompokan ini yakni untuk mempermudah pengaturan serta untuk mempermudah penyimpanan berita. Terdapat banyak kategori yang ada. Tapi yang paling umumnya ada 8 kategori atau yang dikenal dengan sebutan sebagai The Big 8.

Selain The Big 8 masih terdapat banyak kategori di newsgroup yang mulai bermuculan. Tapi penggunaan kategori lain memang tak sebesar the big 8. Kategori yang lain tersebut diantaranya seperti de.* ( Newsgroup Jerman ), uk.* ( Newsgroup United Kingdom ), fr.* ( Newsgroup Perancis ), cn.* ( Newsgroup China ) dan sebagainya.

Cara Kerja Newsgroup

Memang agak mirip dengan forum diskusi, tetapi pemakaiannya ditujukan khusus untuk para anggotannya saja atau para pelanggannya. Sebuah instansi ataupun perusahaan biasanya akan memiliki sebuah server tersendiri yang dikhususkan untuk menampung newsgroup mereka. Dapat juga menyewa sebuah newsgroup yang dimiliki oleh instansi atau perusahaan lain, lalu ada juga perusahaan atau instansi yang juga menyewakan newsgroup mereka kepada pengguna yang lain.

Fungsi Newsgroup

Yaitu untuk membantu mengelompokkan berita-berita yang sangat berguna bagi kelompok berita tertentu. Mereka bisa saling berbagi pesan maupun berita dalam newsgroup. Sehingga berita maupun pesan ini dapat diakses oleh anggota ataupun pengguna newsgroup dalam satu server tersebut dengan sangat mudah.

Sejarah Newsgroup

Sejarah newsgroup khususnya mengenai pengelompokan atau kategori bermula saat awal penggunaan newsgroup ini seluruh berita masuk ke dalam sebuah kategori yang dinaman “net.*” yang isinya berbagai macam jenis berita. Lalu kemudian sekitar pada tahun 1986-1987 terjadilah sebuah penamaan/pengelompokan secara detail untuk memudahkan dalam memilih jenis berita. Dalam pengelompokan ini menciptakan 7 “tujuh” kategori yang diberinama “The Big 7” ( diantaranya: comp.* news.*, sci.*, soc.*, rec.*, talk.* dan misc.* ).

The Big 7 ini dijalankan oleh sebuah kelompok ataupun komunitas yang diberi bernama “Usenet”. Lalu dalam perkembangannya ada berbagai topik semacam resep, obat-obatan dan juga seks yang ternyata tidak diperbolehkan masukkan kedalam kelompok The Big 7, maka sebagai jalan pemecahan masalahnya dibuatlah sebuah kategori baru yang diberi nama “alt.*”.

Dan pada tahun 1995 dibuatlah sebuah pengelompokan baru yang diberi nama “humanities.*” yang berisi berita ataupun bahasan mengenai literatur, humaniora, filsafat dan lain-lain. Dan seiring perkembangnya “humanities.*” semakin populer serta banyak digunakan. Lalu pada akhirnya “humanities.*” masuk dalam kategori The Big 7 lalu disebut dengan “The Big 8”.

Demikianlah pembahasan mengenai “Newsgroup” Pengertian & ( Kategori – Cara Kerja – Fungsi – Sejarah ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: