Lingkungan Sosial : Pengertian, Faktor, Dan Jenis Beserta Contohnya Lengkap No ratings yet.

Posted on

Lingkungan Sosial : Pengertian, Faktor, Dan Jenis Beserta Contohnya Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial ?? Jika belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com. Karena disini akan mengulas tentang pengertian lingkungan sosial, faktor lingkungan sosial, jenis-jenis lingkungan sosial beserta contohnya secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

lingkungan-sosial

Pengertian Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial ialah interaksi diantara masyarakat dengan lingkungan, ataupun lingkungan yang juga terdiri dari makhluk sosial atau manusia. Lingkungan sosial inilah yang kemudian membentuk suatu sistem pergaulan yang memiliki peranan besar di dalam membentuk sebuah kepribadian seseorang, dan kemudian terjadilah sebuah interaksi diantara orang atau juga masyarakat dengan lingkungannya.

Lingkungan sosial dari seseorang pertama kali dibentuk di dalam sebuah lingkungan keluarga, dan kemudian lingkungan keluarga yang menjadi media pertama yang memiliki pengaruh terhadap perilaku seseorang dan yang paling utama yaitu anak-anak. Karena di dalam lingkungan keluarga setiap anggota dari keluarga terutama anak-anak diberikan berbagai macam pendidikan supaya mampu menjadi seorang anak yang mandiri.

Selain dapat mengarahkan anak menjadi mandiri, anak jugadapat mengambil suatu keputusan untuk dirinya sendiri supaya bisa mengembangkan kemampuan dirinya seperti mental, sosial, emosional ataupun fisik yang dipunyainya. Sehingga anak tersebut bisa mengembangkan suatu kehidupan yang sehat serta produktif.

Dan untuk menciptakan suasana yang ada di dalam lingkungan keluarga, harus kita ciptakan suasana yang kondusif atau saling terbuka di dalam setiap suatu permasalahan yang ada, sehingga akan muncul rasa saling menyayangi dan juga mempercayai diantara satu sama lainnya.

Oleh sebab itulah lingkungan keluarga merupakan hal yang berpengaruh besar di dalam mendapatkan bekal untuk dapat melakukan sosialisasi di dalam sebuah lingkungan sosial yang sangat luas. Dan tidak hanya dapat dilakukan di dalam suasana rumah saja, melainkan juga bisa untuk dipakai sebagai bekal di dalam lingkungan sosial ataupun di dalam hidup bermasyarakat.

loading...

Faktor-Faktor Lingkungan Sosial

Factor-faktor lingkungan sosial di antaranya yaitu sebagai berikut ;

1.pengelompokan sosial

Pengelompokan sosial yaitu berbagai macam orang-orang yang dimana mereka membentuk persekutuan sosial yang dilandasi oleh adanya suatu hubungan kekerabatan seperti keluarga marga dan lainnya

2. Penataan sosial

Penataan sosial yang dimana hal ini sangat penting untuk bisa mengatur suatu ketertiban dalam kehidupan di masyarakat. Penataan itu berupa aturan-aturan yang dipakai sebagai pedoman untuk  kerja sama dan pergaulan untuk setiap anggotanya yang dimana setiap orang harus mempunyai kedudukan yang jelas sehingga akan lebih jelas untuk mengetahui suatu kepentingan satu dengan yang lainnya.


Jenis-Jenis Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial  dibedakan menjadi 2 yaitu sebagai berikut :

1. Lingkungan Sosial Primer
yaitu salah satu jenis lingkungan sosial yang mana terdapat sebuah hubungan yang erat diantara anggota satu dengan anggota lainnya, anggota satu yang saling mengenal baik dengan anggota yang lainnya.

2. Lingkungan Sosial Sekunder
yaitu salah satu jenis lingkungan sosial yang memiliki hubungan diantara anggota satu dengan anggota yang lainnya memiliki jarak atau kurang akrab.


Contoh Lingkungan Sosial

Ada banyak sekali contoh-contoh dari lingkungan sosial seperti lingkungan sosial di sekolah yang dimana di dalamnya terjadi interaksi sosial di antara komponen-komponen pendukung dengan status yang berbeda-beda. Sebagai contohnya yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan lainnya. Setiap dari komponen tersebut akan menjalankan sebuah tugasnya masing-masing.

selain itu contoh lingkungan sosial juga terdapat di dalam lingkungan masyarakat. Interaksi sosial di dalam lingkungan masyarakat mempunyai keanekaragaman yang sesuai dengan status dan juga perannya masing-masing. Hal ini bisa di lihat pada interaksi antara satu warga dengan warga yang lainnya seperti adanya suatu kerja sama, bahu-membahu, persaingan dan juga gotong royong.

Itulah ulasan tentang  Lingkungan Sosial : Pengertian, Faktor, Dan Jenis Beserta Contohnya Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya disini :

Please rate this