Definisi Komunikasi Bisnis Terlengkap

Posted on

Definisi Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis

Definisi Komunikasi Bisnis Terlengkap – Komunikasi bisnis iyalah pertukaran gagasan , pendapat , informasi serta instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang dapat disajikan secara personal atau impersonal  dengan melalui simbol – simbol atau sinyal.

Komunikasi Bisnis
Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:

  1. Memiliki tujuan yang berarti komunikasi bisnis juga harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan suatu tujuan organisasi.
  2. Pertukaran iyalah dalam hal  melibatkan paling tidak dua orang atau bahkan lebih yakni komunikator serta komunikan.
  3. Gagasan, opini, informasi, instruksi iyalah isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung dari tujuannya, situasi, serta kondisinya.
  4. Menggunakan saluran personal ataupun impersonal  iyalah yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media ataupun melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersama-sama.
  5. Meggunakan simbol ataupun sinyal iyalah alat atau metode yang dapat dimengerti atau[un dipahami oleh penerima untuk menyampaikan suatu pesan.
  6. Pencapaian tujuan organisasi iyalah salah satu karakteristik yang dapat membedakan organisasi ataupun lembaga formal dari informasi iyalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar pribadi maupun komunikasi lintas budaya.

  • Komunikasi antar pribadi ( interpersonal communications ) iyalah bentuk dari komunikasi yang lazim dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara dua orang ataupun lebih untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Sedangkan komunikasi lintas budaya ( intercultural / communication ) iyalah bentuk dari komunikasi yang dilakukan antara dua orang ataupun lebih, yang masing – masing memiliki suatu budaya yang berbeda.

UNSUR-UNSUR DALAM BERKOMUNIKASI

Komunikasi meliputi 5 unsur, yang dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yaitu:

loading...
  • Komunikator = who [communicator, source, sender]
  • Pesan = says what [message]
  • Media = in which channel [channel, media]
  • Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
  • Efek [effect, impact, influence]

www.gurupendidikan.com/ Hal yang pertama dilakukan iyalah untukmemahami bentuk dasar komunikasi. Karena seorang komunikator yang baik iyalah  harus memiliki beberapa alat komunikasi yang akan menunjang dalam menyampaikan suatu pesan. Seperti bagaimana cara menempatkan kata dalam suatu komunikasi sehingga memiliki arti yang baik serta bisa menarik minat dan simpati dari pendengarnya serta dapat mengajak peserta untuk ikut aktif dalam berkomunikasi seperti dalam kegiatan diskusi.

TEKNIK KOMUNIKASI

  1. Komunikasi informatif [informative communication]
  2. Komunikasi persuasif [persuasive communication]
  3. Komunikasi instruktif atau koersif [instructive/ coersive communication]
  4. Hubungan manusiawi [human relation]

TUJUAN KOMUNIKASI

  1. Perubahan sikap [attitude change]
  2. Perubahan pendapat [opinion change]
  3. Perubahan perilaku [behaviour change]
  4. Perubahan sosial [social change]

BENTUK KOMUNIKASI

Pada dasarnya terdapat dua bentuk komunikasi yang umum yang digunakan dalam dunia bisnis, iyalah :\

  1. Komunikasi verbal
    Komunikasi verbal (verbal communication) iyalah salah satu bentuk komunikasi yang dapat disampaikan kepada pihak lain dengan  melalui tulisan (written) serta lisan (oral).
    komunikasi verbal memilki tipe yang dibedakan menjadi dua iyalah :
    berdasarkan aktif atau pasifnya peserta komunikasi dalam proses suatu komunikasi. Dimana komunikasi verbal dapat bertindak sebagai komunikator ataupun pengirim pesan serta dapat bertindak sebagai audience.
    Dalam berkomunikasi secara verbal, juga dibutuhkan pengungkapan kata-kata yang disusun dalam suatu pola yang berarti sangat baik dalam bentuk tulisan ataupun lisan, seperti :
    1.Berbicara serta Menulis
    Suatu pesan yang sangat penting serta kompleks, baiknya disampaikan dengan menggunakan tulisan, seperti surat, memo serta laporan
    2.Mendengarkan serta Membaca
    Untuk mencapai komunikasi yang efektif dan baik, maka diperlukan komunikasi dua arah, dimana orang-orang yang terlibat di dalamnya harus memerlukan keterampilan mendengar (listening) serta membaca (reading).
  2. Komunikasi Nonverbal
    Komunikasi nonverbal iyalah bentuk komunikasi yang sangat mendasar dalam hal komunikasi bisnis. Walaupun pada dasarnya komunikasi nonverbal ini memiliki sifat  yang kurang terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari,contoh  seperti memahami dalam penggunaan bahasa isyarat , ekspresi wajah ,  gerakan tubuh, sandi, simbol-simbol, warna serta intonasi suara. Dalam penyampaiannya juga, komunikasi verbal serta komunikasi nonverbal memilki arti yang berbeda-beda, seperti dalamhal  komunikasi nonverbal,  pesan yang akan disampaikan biasanya hanya dilakukan secara spontan atau tanpa memiliki rencana serta dilakukan secara tidak sadar serta bersifat alami
    Adapun Komunikasi Nonverbal memilki beberapa tujuan , yaitu:

    1. Menyediakan serta memberikan informasi
    2. Mangatur alur suatu percakapan
    3. Mengekspresikan sebuah emosi
    4. Memberi sifat serta melengkapi, menentang ataupun mengembangkan pesan-pesan verbal
    5. Mengendalikan ataupun mempengaruhi orang lain
    6. Mempermudah tugas-tugas yang khusus, misalnya dalam memberikan pengajaran pada saat kuliah, Terkaadang dalam prakteknya, didalam suatu komunikasi bisnis akan terjadi penggabungan antara komunikasi verbal serta komunikasi nonverbal dalam suatu situasi ,  dikarena biasanya kata-kata yang disampaikan dalam suatu komunikasi ataupun percakapan kadang hanya membawa sebagian saja dari pesan.
    7. relevansinya dalam komunikasi bisnis, tipe komunikasi nonverbal juga dapat menentukan kredibilitas serta kepemimpinan seseorang, yang didapat secara dilihat dari karateristik suara, penampilan, sentuhan, gerakan serta posisi tubuh juga melalui ekspresi wajah serta mata.

TAHAP – TAHAP DALAM PROSES KOMUNIKASI

Tahapan Menurut Courtland L Bovee dan Jhon V. Thilt dalam Business Communication Today, proses komunikasi (Comunication Process ) terdiri atas 6 tahap, iyalah:

  • Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
  • Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
  • Pengirim menyampaikan pesan.
  •  Penerima menerima pesan
  • Penerima menafsirkan pesan
  • Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim

EMPAT (4) KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI
Untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam komunikasi secara efektif , baik itu  secara personal maupun professional paling tidak dapat harus menguasai empat jenis keterampilan dasar dalam berkomunikasi serta Persentase penggunaan saluran komunikasi adalah sebagai berikut : yaitu :

  • menulis (writing): 9%
  • membaca (listening): 45%
  • berbicara (reading) : 16%
  • mendengar(speaking) : 30%

 Demikian Penjelasan tentang Definisi Komunikasi Bisnis Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂


No ratings yet.

Please rate this