Definisi Demokrasi Beserta Prinsip, Bentuk Secara Langung Dan Perwakilan

Posted on

Demokrasi

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana seluruh warga negaranya mempunyai hak yang sama dalam keputusan yang bisa mengubah hidup warga negaranya. Demokrasi memperbolehkan warga negara berpartisipasi-baik dengan cara langsung ataupun melalui perwakilan-dalam perumusan, pengembangan, serta pembuatan hukum. Demokrasi meliputi kondisi ekonomi, sosial, serta budaya yang mungkin ada praktik kebebasan politik secara bebas dan juga setara.

Suatu pemerintahan yang dekokratis berbeda dengan bentuk pemerintahan yang kekuasaannya di pegang oleh satu orang, seperti monarki, atau kelompok kecil, seperti oligarki. Apapun itu, semua perbedaan yang berasal dari filosofi Yunani ini sekarang tampak ambigu sebab pada pemerintahan konteporer mencampur aduk elemen-elemen dekokrasi, monarki dan oligarki.

Karl Popper mengartikan demokrasi sebagai suatu yang berbeda dengan kediktarotan atau tirani, sehingga berfokus pada kesempatan untuk rakyat mengendalikan para pemimpinnya serta menggulingkan tanpa perlu melakukan sebuah revolusi.

Domokrasi Langsung
Domokrasi Langsung

Bentuk-Bentuk demokrasi

Secara umum terdapat dua bentuk demokrasi yaitu demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.

  • Demokrasi langsung

Demikrasi langsung adalah bentuk dari demokrasi dimana setiap rakyat memberikan pendapat atau suara dalam menentukan sebuah keputusan. Dalam sistem tersebut, setiap rakyat mewakili dirinya sendiri dalam memilih kebijakan sehingga rakyat mempunyai pengaruh langsung kepada keadaan politik yang terjadi. Sistem demokrasi langsung dipakai pada masa awal terbentuknya demokrasi di Athena dimana saat ada suatu permasalahan yang harus diselesaikan, seluruh rakyat berkumpul untuk membahasnya.

Pada era modern sistem ini menjadi tidak praktis sebab umumya populasi suatu negara cukup besar serta mengumpulkan seluruh rakyat dalam satu forum merupakan hal yang sulit. Selain itu, sistem ini menuntut partispasi yang tinggi dari rakyat sedangkan rakyat modern cendrung tidak mempunyai waktu untuk mempelajari seluruh permasalahan politik negara.

  • Demokrasi perwakilan

Dalam demokrasi perwakilan, seluruh rakyat memilih perwakilan lewat pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan untuk mereka.

Prinsip-prinsip demokrasi

Prinsip demokrasi serta persyaratan dari berdirinya negara demokrasi sudah terakomodasi dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Prinsip-prinsip demokrasi, bisa dilihat dari pendapat Almadudi yang dikenal dengan guru demokrasi. Menurutnya prinsip demokarasi yaitu:

  1. Kedaulatan rakyat
  2. Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah
  3. Kekuasaan mayoritas
  4. Hak-hak minoritas
  5. Jaminan hak asasi manusia
  6. Pemilihan yang bebas, adil dan jujur
  7. Persamaan di depan hukum
  8. Proses hukum yang wajar
  9. Pembatasan pemerintah secara konstitusional
  10. Pluralisme sosial, ekonomi, dan politik
  11. Nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerja sama, dan mufakat.

Demikian Penjelasan Tetang Definisi Demokrasi Beserta Prinsip, Bentuk Secara Langung Dan Perwakilan Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Setia GuruPendidikan.Com 😀