Campuran : Pengertian, Ciri, Dan Macam Beserta Contohnya Dalam Ilmu Kimia Lengkap

Posted on

Campuran : Pengertian, Ciri, Dan Macam Beserta Contohnya Dalam Ilmu Kimia Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan campuran dalam ilmu kimia ??? Jika anda belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com. karena disini akan mengulas tentang pengertian campuran, ciri campuran, macam-macam campuran beserta contohnya dalam ilmu kimia secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

contoh-campuran

Pengertian Campuran

Campuran adalah suatu materi-materi yang disusun oleh beberapa suatu zat tunggal baik berupa unsur atau senyawa dengan komposisi yang tidak tetap. Dalam campuran sebuah sifat dari materi penyusunnya tidak dapat berubah karena gabungan beberapa zat tanpa melakukan reaksi kimia.


Macam-Macam Campuran

1. Campuran Homogen
Campuran homogen tersusun oleh dua bagian atau bisa lebih senyawa yang seluruh bagiannya mempunyai sifat dan susunan lama. Larutan teridiri atas yang pertama pelarut (solvent) dan yang kedua zat terlarut (solute). Pada suatu campuran homogen seluruh bagiannya serbasama sehingga komponen-komponen penyusunnya tidak dapat dibedakan.

Contoh Campuran Homogen Yaitu :

  • Larutan garam (Campuran garam dengan air)
  • Larutan gula (campuran gula dengan air)
  • Air aki (larutan asam sulfat)
  • Cuka dapur
  • Udara
  • Alkohol 70%

2. Campuran Heterogen
Campuran Heterogen adalah suatu campuran serbaneka, dimana materi penyusunnya tidak berinteraksi, sehingga kita bisa mengamati dengan jelas dari materi penyusun campuran tersebut. Campuran heterogen tidak memerlukan kompisis yang tetap seperti halnya senyawa, bila kita mencampurkan dua materi atau lebih maka akan terjadi suatu campuran.

Campuran heterogen memiliki ciri-ciri, yaitu

loading...

1) ukuran partikel yang bercampur lebih besar dari molekul;

2) pencampuran partikelnya tidak merata;

3) larutan akan mengendap (partikel zat pelarut dan terlarutnya berpisah) jika didiamkan;

4) keruh dan tidak tembus cahaya.

Contoh Campuran Heterogen
Antara campuran minyak dan air, kita dapat melihat yang mana bagian minyak dan yang mana bagian air dengan indera matakita.
Perhatikan pula susu yang sering kita konsumsi, terdiri dari atas berbagai macam zat seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin C dan E, dan mineral.

Itulah ulasan tentang Campuran : Pengertian, Ciri, Dan Macam Beserta Contohnya Dalam Ilmu Kimia Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :